3 Bahaya Kebakaran yang Harus Anda Ketahui

0
1959
Bencana Kebakaran dan 3 Bahaya yang Perlu Diketahui
Bencana Kebakaran

Kebakaran merupakan musibah yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Apalagi, kebakaran itu sendiri bisa memberikan banyak kerugian entah itu bagi masyarakat atau bahkan kerugian bagi pemerintah. Maka wajar saja jika pemerintah berusaha untuk mensosialisasikan pada masyarakat agar bekerja sama dalam menanggulangi kebakaran. Salah satunya dengan mengenalkan hal apa saja yang bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran, serta bagaimana cara mencegahnya.

Alat pendeteksi kebakaran juga dihadirkan sebagai salah satu solusi kebakaran. Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang acuh dalam bekerja sama mencegah kebakaran. Dengan demikian, coba kenali 3 bahaya kebakaran di bawah ini:

 

Bahaya Kebakaran Bagi Masyarakat

Kerugian materi jelas menjadi dampak nyata bagi masyarakat jika terjadi kebakaran dirumah atau dilingkungannya. Lebih dari itu, kehilangan orang terkasih akibat meregang nyawa ditelan si jago merah juga bahaya lain yang perlu Anda resapi agar semaksimal mungkin mencegah kebakaran.

Terlebih jika yang meregang nyawa adalah tulang punggung keluarga, tentu akan menjadi lebih sulit lagi untuk menerima kenyataan.

 

Bahaya Kebakaran Bagi Lingkungan

Berkurangnya jumlah flora dan fauna alam menjadi bukti nyata akibat kebakaran. Contohnya ketika kebakaran tersebut membakar habis hutan yang bahkan merupakan jantung kehidupan. masyarakat tahu betul akan hal ini, namun tidak sedikit pula yang tidak menerapkan pemahamannya dalam bukti nyata menjaga kelestarian alam.

(Baca: Cegah Kebakaran Hutan dengan Tips Mudah Berikut)

 

Bahaya Kebakaran Bagi Pemerintah

Pemerintah juga bisa menjadi imbas dari bahaya kebakaran. Apalagi jika kebakaran yang terjadi memang menimbulkan banyak kerugian perekonomian masyarakat. Secara tidak langsung ini juga bisa mengurangi perekonomian negara yang harus langsung memberikan bantuan pada rakyatnya.

Terlebih, jika kebakaran yang terjadi membakar habis hutan Indonesia, yang juga secara tidak langsung akan mengurangi jumlah kekayaan alam Indonesia.

 

Pada hakikinya, setiap orang memahami akan bahaya kebakaran. Namun lebih dari itu, kita perlu menerapkan pemahaman tersebut dalam bukti nyata dengan sama-sama bekerja sama menanggulangi kebakaran.

Cegahlah kebakaran semaksimal mungkin untuk diri Anda, keluarga, masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara. Selalu siapkan alat-alat pemadam kebakaran seperti fire hydrant atau selang pemadam kebakaran yang berkualitas di tempat-tempat yang mudah di jangkau.