Namanya Joyland, Ya Harus Joyful

0
140
Penampilan Sore Ze band atau Sore di Joyland Stage pada Minggu, (26/11/2023) (Dok. Nadya Adhiska)

Sore Ze band atau lebih dikenal sebagai Sore, band indie asal Jakarta, turut  memeriahkan hari terakhir Joyland Festival Jakarta 2023, Minggu (26/11/2023). Dalam penampilannya, Sore mengungkapkan, “Namanya juga Joyland, ya semuanya harus joyful”. Betul!

Berbeda dengan dua hari sebelumnya, Joyland Festival Jakarta 2023 hari ketiga ‘aman’ dari guyuran hujan. Langit di atas kawasan Lapangan Baseball, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta tempat digelarnya Joyland, begitu cerah.

Semesta, seolah turut mendukung Joyland memberikan pengalaman joyful (penuh kegembiraan) untuk para pengunjung. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pengunjung yang menikmati penampilan para musisi dan band sembari duduk di atas rumput hijau dan bernyanyi bersama.

Suasana keramaian pengunjung Joyland Festival 2023 yang menikmati penampilan Sore sambil duduk di hijaunya rumput lapangan baseball Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, (26/11/2023) (Dok.Tengku Caesar Akbar)

Tidak seperti festival musik pada umumnya, Joyland dirancang sebagai festival yang menawarkan atmosfer nyaman, tidak terlalu bejubel, termasuk hamparan rumput hijau di area festival yang nyaman untuk bersantai sehingga tidak membuat pengunjung lelah berdiri terlalu lama. Penampilan band dari berbagai negara dengan beragam genre juga menambah kesan joyful di hari ketiga Joyland Festival Jakarta 2023. 

Tim jurnalis Kompas Muda mewawancari pengunjung Joyland Festival 2023 yang menanti penampilan dari Dongker, Minggu, (26/11/2023) (Dok. Nadya Adhiska)

Semakin malam, pengunjung yang datang bahkan semakin ramai. Ada yang bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Di antaranya seperti Kak Aqi, Kak Ima, dan Kak Ihsan, pengunjung dari Tangerang Selatan yang datang bersama-sama untuk menyaksikan penampilan Dongker, band punk rock dari Bandung. 

Mereka mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka datang ke Joyland. Tapi sudah langsung happy. “Happy, happy abis, parah, gokil”, tutur Kak Aqi saat diwawancarai tim jurnalis Kompas Muda di pintu masuk panggung Joyland, Minggu (26/11).

Selain Dongker, di hari ketiga juga tampil band-band dari Indonesia lainnya seperti Sore, Mocca, Reality Club, dan Rock n Roll Mafia. Dari luar negeri, ada Otoboke Beaver dari Jepang, The Beths dari Selandia Baru, Alvvays dari Kanada, serta bintang tamu utama Joyland Festival Jakarta 2023, Interpol dari Amerika Serikat.

Penampilan Daniel Kessler vokalis Interpol yang memainkan gitarnya membuat penonton teriak histeris sambil bernyanyi bersama, Minggu (26/11/2023) (Dok. Nadya Adhsika)

Interpol menjadi penampilan yang paling dinanti pengunjung dan menjadi yang paling spesial. Tidak mengherankan sebab ini adalah pertama kalinya Interpol tampil di panggung negara Asia, khususnya Indonesia.

Interpol sebagai salah satu band indie yang terkenal di kalangan milenial membawakan 17 lagu antara lain “C’mere” hingga “Slow Hands”. Di sepanjang lagu yang mereka bawakan, selalu terdengar teriakan kencang dari para pengunjung yang begitu antusias menyambut kedatangan Paul Banks dan kawan-kawan itu. 

Penampilan penutup dari Reality Club yang membuat para pengunjung tergerak untuk bernyanyi bersama, Minggu (26/11/2023) (Dok. Nadya Adhiska)

Tapi tak hanya Interpol. Band-band dari Indonesia juga tidak kalah menarik dan ditunggu-tunggu penonton. Salah satunya adalah Reality Club yang juga banyak digemari kalangan muda.

Reality Club yang tampil di panggung Plainsong Live, membawakan 9 lagu. Di antaranya “Alexandra”, “Is It The Answer”, “Am I Bothering You?”, dan “Anything You Want.” Mereka menutup penampilan mereka dengan lagu “Love Epiphany”.

Di tengah penampilan, Fathia Izzati, vokalis Reality Club yang memiliki sapaan karib Cia, mengatakan, “We love baby friendly festival!”. Hal tersebut, sesuai komitmen Joyland yang juga ramah untuk anak-anak. Selain orang dewasa, banyak orangtua muda yang membawa anak-anak mereka ke Joyland. 

Dengan segala suguhan, Joyland Festival Jakarta 2023 sukses digelar selama tiga hari berturut-turut pada 24-26 November 2023. Dan tidak hanya berkomitmen memberikan kesenangan maksimal bagi semua kalangan penonton, Joyland juga berkomitmen untuk menyelamatkan lingkungan. Salah satunya dengan cara melarang penggunaan botol plastik di dalam venue Joyland. 

Penulis:

Tengku Caesar Akbar, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023.

Fotografer:

Nadya Adhiska, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Depok/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023.