Pecah! Rock n Roll Mafia Gemparkan Joyland Festival 2023

0
177
Penampilan Pembuka dari Eky Darmawan vokalis Rock n Roll Mafia di Plainsong Live Stage, Minggu (26/11/2023) (Dok. Nadya Adhiska)

Rock n Roll Mafia sukses menggemparkan pengunjung Joyland Festival Jakarta 2023 pada Minggu, (26/11/2023). Penampilan mereka berhasil membuat pengunjung yang rata-rata dewasa bernostalgia dengan masa mudanya sembari bernyanyi bersama.

Antusiasme itu tidak hanya dirasakan oleh para pengunjung, tetapi juga dirasakan para personel Rock n Roll Mafia. Tim jurnalis Kompas Muda berhasil mendapatkan wawancara eksklusif dengan Rock n Roll Mafia.

Wawancara eksklusif Tim Jurnalis Kompas Muda dengan Rock n Roll Mafia, Minggu (26/11/2023) (Dok.Nadya Adhiska)

Dalam wawancara, mereka mengatakan sangat senang bisa mendapat kesempatan tampil di Joyland Festival Jakarta 2023. Personel Rock n Roll Mafia di antaranya  Eky Darmawan, Ujang Rahmat, Bueno Jurnalis, Hendra Jaya Putra, diperkuat Kafin Sulthan, Ykha Amelz, dan Dea Dalila.

“Energi dari penonton itu sangat terasa,”ujar Kafin. Di panggung, band bergenre electronic, pop, dan rock asal Bandung ini berhasil membawakan lagu-lagu yang memanaskan suasana. Di antaranya “Zsa Zsa Zsu”, “Translove”, “Batu Karas”, dan “Body Won’t Stop”.

Selain excited memberikan penampilan terbaik kepada pengunjung Joyland, Rock n Roll Mafia juga excited menyaksikan penampilan band-band internasional. “Mew, Bloc Party, Fleet Floxes, Interpol. Banyak juga penampil-penampil baru yang belum pernah kita lihat, dan ternyata surprisingly bagus-bagus banget,” ujar Bueno.

Para personel Rock n Roll Mafia pun antusias memberikan komentar tentang penyelenggaraan Joyland. Mereka misalnya, sangat mengapresiasi komitmen Joyland yang menghimbau para pengunjung agar membawa tumbler sendiri serta family friendly. Menurut mereka, kedua hal tersebut menjadi keunikan yang belum pernah ada di festival lain selama mereka tampil sebelumnya.

“Tersedia air minum di beberapa titik itu, jarang sih (ada di festival lain). Smoking area-nya juga jelas”, ujar Eky. Tersedianya water refill station mendorong pengunjung membawa tumbler sehingga lebih ramah lingkungan.  

Sementara Amel memberikan komentarnya soal konsep family friendly. Family friendly-nya, nyaman banget, go green juga terlalu gila sih,” ujar Amel.

Kafin juga turut memberikan komentarnya terkait kemudahan akses ke setiap tempat di Joyland Festival Jakarta 2023. Petunjuk arah yang sangat jelas tersedia di berbagai titik. Way finding-nya juga gak basa-basi, jadi kita tuh gak mudah tersesat di sini,” ujar Kafin.

Komentar yang sama ditambahkan Amel. “Salut banget, sih sama ini (Joyland). Ya, kan banyak ya (di luar sana) bilangnya go green, tapi ini (Joyland) beneran semuanya dilakuin,” ujar Amel.

Rock n Roll Mafia nggak salah. Di luar semua itu, Joyland Festival Jakarta 2023 memang dirancang sebagai festival multisensori yang merangkul berbagai genre musik baik lokal maupun internasional. Selain konser musik, Joyland Festival juga mencakup penampilan komedi stand-up, pemutaran film pendek di bioskop luar ruangan, serta workshop untuk dewasa maupun anak-anak. Seruu..!

Penulis:

Tengku Caesar Akbar, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023

Fotografer:

Nadya Adhiska, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Depok/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023