Mahasura 2022, Sarana Anak Muda Mendobrak Kesetaraan Gender

0
159

Kesetaraan gender dalam keragaman sosial budaya  tampaknya menjadi salah satu jargon yang terus digemakan di Indonesia. Semangat kesetaraan gender dalam jiwa anak muda dituangkan di berbagai macam kegiatan. Mahasura 2022 menjadi fasilitator untuk melatih anak-anak muda merealisasikan bentuk sederhana dari kesetaraan gender.

Mahasura merupakan program kerja dari Obscura Universitas Multimedia Nusantara (UMN), sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang fotografi yang  melaksanakan empat rangkaian acara yakni donasi, lomba fotografi, pameran hasil karya, dan malam penghargaan. Acara itu terbuka untuk umum dan seluruh rangkaian tersebut sudah dilaksanakan 14 Februari–1 April 2022 lalu.

Pameran virtual Mahasura 2022 melalui Zoom pada Sabtu (1/4/2022). Dokumentasi: Tangkapan layar Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara.

Pada lomba fotografi yang diadakan Mahasura, para peserta bebas berkreasi menampilkan foto terbaik pada pameran virtual dengan tema kesetaraan sosial dan budaya dalam ranah kesetaraan gender. Hasil karya-karya peserta ditampilkan dalam pameran virtual yang dapat dikunjungi pada laman website Obscura. Para panitia Mahasura 2022 memberi ruang berkreasi pada anak-anak muda yang mempunyai keprihatinan yang sama mengenai situasi kesetaraan gender di Indonesia. 

“Di Indonesia budaya patriarki masih mendominasi terutama di beberapa daerah sehingga kami merasa masalah ini penting untuk diangkat,” ujar Cindy Octavia, Ketua Pelaksana Mahasura 2022 melalui Zoom Meeting pada Sabtu, (26/03/2022).

Kemeriahan malam puncak Mahasura 2022 melalui zoom pada Sabtu, (1/4/2022). Foto: Dokumentasi Panitia Mahasura 2022.

Pemenang kedua lomba fotografi Obscura Exhibition, Axel Tito Wesiang  menceritakan makna pada foto yang ia angkat berjudul Kutatap Perempuan Itu Sebelah Mata. Terlihat seorang pria dengan mata tertutup dengan perempuan di sebelah kanannya yang menunjukkan guratan stres pada wajahnya.

Foto itu menjadi penggambaran bagaimana budaya patriarki menyebabkan adanya ketidaksetaraan gender di Indonesia. Axel menambahkan, foto tersebut menjadi perwakilan suara-suara anak muda untuk ikut mendobrak ketidaksetaraan gender. 

“Secara garis besar foto ini menceritakan perempuan yang masih dianggap sebelah mata karena budaya patriarki dan kesetaraan gender masih kental di negara ini,” tambah Axel. 

Selain di laman website, Mahasura 2022 mempersembahkan wisata virtual pada malam puncak melalui Zoom. Para penonton diajak melihat pameran virtual berdurasi kurang lebih selama tiga menit. Pandemi tak menghalangi semangat Mahasura 2022 untuk mewujudkan keseteraan gender dengan  beberapa rangkaian kegiatan bersama anak-anak muda seluruh Indonesia.

“Aku banyak belajar dari hasil-hasil foto teman-teman di pameran kemarin yang ada di website Obsura,” ujar Tiara Febriani, salah satu peserta rangkaian acara Mahasura 2022 melalui Zoom Meeting pada Minggu, (27/03/2022).

Mahasura 2022 mengajak peserta untuk memahami pentingnya merealisasikan kesetaraan gender dengan berdonasi. Donasi yang terkumpul akan diberikan pada Lembaga Bantuan Hukum Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK). Lembaga ini merupakan lembaga bantuan hukum bagi perempuan-perempuan di Indonesia terkhusus dalam bidang pendidikan dan pemberdayaannya anak dan perempuan korban kekerasan.

LBH APIK memberi beragam layanan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, seperti layanan konsultasi, bantuan hukum secara sukarela bagi individu dan komunitas. Ada juga advokasi kebijakan untuk memperjuangkan hak-hak komunitas perempuan. 

“Donasi ini untuk merealisasikan tema kesetaraan gender. Kami melihat lembaga APIK memiliki visi dan misi yang sama dengan tema kami. Membantu para perempuan yang tidak mendapatkan haknya,” kata Cindy.

Martha Suherman (berada di tengah), fotografer profesional menjadi narasumber pada malam penghargaan membagikan pengalaman melalui Zoom pada (1/4/2022). Foto: Dokumentasi Panitia Mahasura 2022.

Rangkaian acara Mahasura ditutup oleh malam penghargaan. Malam puncak tersebut diisi oleh pengumuman pemenang karya terbaik dari lomba fotografi. Selain itu, Mahasura pun memberikan hadiah kepada peserta-peserta terbaik sebagai bentuk apresiasi.

Seluruh rangkaian acara Mahasura meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta. Isu kesetaraan gender dikemas dengan begitu menarik bagi kawula muda. Beragam hal baru yang peserta dapatkan dalam merealisasikan kesetaraan gender. 

“Setelah mengikuti acara Mahasura, ini jadi langkah awal dan kesadaran bahwa kesetaraan gender sangat penting untuk ditanamkan terutama anak-anak muda seperti kita,” ujar Ester Grace, salah satu peserta rangkaian acara Mahasura 2022  pada Selasa, (29/03/2022).

Reporter: Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara/Pathrichia Putriani Syamsury.

Editor: Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara/Galuh Anisya Fitrananda.