Joyland Festival Jakarta 2023 Bukan Festival Musik Biasa

0
367

Joyland Festival Jakarta 2023 resmi berakhir pada Minggu (26/11/2023) malam. Festival musik yang digelar selama tiga hari tersebut berhasil menghadirkan pengalaman yang menggembirakan untuk semua kalangan umur, bahkan disebut-sebut sebagai festival musik yang ramah keluarga.

Hujan deras yang sempat mengguyur di hari pertama dan kedua festival tidak menurunkan minat penikmat festival yang digarap Plainsong Live tersebut. Mengenakan jas hujan warna-warni, yang dibawa dari rumah atau dibeli di area festival, para pengunjung dengan antusias menikmati festival musik yang diadakan di lapangan baseball, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta itu.

Pengunjung Joyland Festival berada di sekitar Joyland Stage, menjelang penampilan Maliq & D’Essentials pada hari kedua gelaran Joyland Festival Jakarta 2023. (Foto: Akhlis Al Majid)

Tak Sekadar Konser Musik

Selain suguhan penampilan dari musisi-musisi lokal dan internasional di tiga panggung musik, Joyland Festival Jakarta 2023 juga menghadirkan berbagai macam hiburan lain.  Seperti penampilan lawakan tunggal yang bertempat di Shrooms Garden, kegiatan lokakarya dan aktivitas keluarga di area White Peacock, sampai pemutaran film di panggung Cinerillaz.

Penampilan lawakan tunggal oleh Rais Marabessy di panggung Shrooms Garden (25/11/2023). (Foto: Akhlis Al Majid)

Ragam lokakarya dan aktivitas keluarga yang berlangsung di area indoor White Peacock menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh orang tua dan anak selama Joyland Festival berlangsung. Di area ini, pengunjung diajak untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti membuat mahkota dari bunga, mewarnai, mendaur ulang, bahkan melukis dengan kopi.

Selain itu, terdapat pula ragam hiburan yang ditampilkan di panggung White Peacock.  Di antaranya pagelaran parade, karaoke bersama, sampai kegiatan mendongeng. Area White Peacock juga menyediakan arena bermain outdoor dengan ragam alat permainan.  Tidak mengherankan jika antusiasme pada area ini begitu tinggi, terlihat dari ramainya intensitas pengunjung.

Pengunjung Wihte Peacock mengikuti lokakarya pembuatan mahkota bunga. (Foto: Akhlis Al Majid)

Pengunjung juga tidak perlu khawatir akan kelaparan selama berada di arena Joyland Festival. Terdapat Joyland Village yang berisi puluhan tenan makanan dengan beragam pilihan menu yang siap memanjakan lidah pengunjung Joyland Festival Jakarta 2023. Ada pizza, mie titi khas Makassar, aneka kudapan Haji Didik dan masih banyak lagi.

Kampanye Ramah Lingkungan

Tidak hanya ragam aktivitas yang menarik untuk diikuti, Joyland Festival Jakarta 2023 juga mengusung konsep ramah lingkungan dalam pergelaran festivalnya. Pemandangan menarik terlihat dari dekorasi panggung dan instalasi foto di seluruh area yang terbuat dari bahan ramah lingkungan dengan mengusung bentuk desain yang menarik. Sangat  instagramable.

Penampilan The Brandals di panggung Lily Pad yang menggunakan botol plastik sebagai dekorasi panggung. (Foto: Akhlis Al Majid)

Larangan membawa botol plastik sekali pakai ke dalam area festival juga diterapkan, sehingga pengunjung nampak membawa tumbler-nya masing-masing dan mengisi air yang disediakan secara gratis selama festival berlangsung. Bukan hanya itu, sebagian besar area Joyland merupakan wilayah dilarang merokok, sehingga lingkungan festival tetap terjaga dari polusi asap rokok.

Sebuah instalasi artistik raksasa bernama Throwie Monsta juga cukup menarik perhatian. Instalasi yang tersusun dari potongan-potongan limbah tekstil tersebut seakan-akan memberikan pesan tentang bahaya sampah bagi lingkungan dan umat manusia.

Instalasi raksasa bernama Throwie Monsta yang membawa pesan peduli lingkungan kepada pengunjung Joyland Festival 2023. (Foto: Akhlis Al Majid)

Selama tiga hari penyelenggaraannya, Joyland Festival 2023 di Jakarta telah membuktikan bahwa festival musik juga layak menjadi arena berlibur dan melepas lelah dari keseharian bekerja. Dengan beragam fasilitas dan kegiatan yang ditawarkan, Joyland Festival telah menjadi wajah baru festival musik di Indonesia yang menggembirakan. Ditambah  adanya kampanye ramah keluarga dan lingkungan, semakin menambah daya tarik untuk menghadiri Joyland Festival di tahun yang akan datang.

Fotografer : Akhlis Al Majid, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023