“Girl Talk 2023”, Ekspresi Masa Muda Versi SMA Tarakanita 1 Jakarta

0
356

SMA Tarakanita 1 Jakarta mengadakan acara pentas seni “Girl Talk 2023” di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta pada Jumat, 17 November 2023. Acara dimulai pukul 17.00 hingga 21.30. Girl Talk tahun ini mengusung tema “Ekspresi Masa Muda”. 

Salah satu tujuan SMA Tarakanita 1 mengadakan acara pentas seni, ingin memberi wadah untuk mengekspresikan diri bagi siswinya yang unggul di bidang non-akademis melalui Girl Talk.

2
Para siswi-siswi SMA 1 Tarakanita dalam sesi latihan gladiresik “Girl Talk 2023” di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta pada Jumat, 17 November 2023. Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Sejenak mengenang ke pentas seni Girl Talk tahun 2020, penampilan seni suara yang mendominasi Girl Talk kala itu terdengar menggema merdu di ruang pertunjukan Usmar Ismail. Girl Talk 2023 memberi semangat para guru dan siswi untuk membangkitkan kembali acara ini dengan konsep yang berbeda.

Tak hanya penampilan seni suara, penampilan gamelan Jawa dan orkestra seni musik, tarian daerah yang indah melengkapi acara tersebut. Lukisan-lukisan siswi dari kelas seni rupa pun dipamerkan di depan ruang pertunjukan. Siswi seni rupa turut berperan di balik layar dengan merangkai berbagai dekorasi dan properti penampilan seni lainnya.

Melalui penampilan dan kreativitas seni yang ditunjukkan para siswi SMA Tarakanita 1 ini menyadarkan bahwa mereka sudah melaksanakan dan menerapkan karakter Tarakanita, yaitu Cc5+ yang meliputi : compassion, celebration, competence, conviction, creativity, community, KPKC, kedisiplinan, kejujuran.

Bisa dikata, acara itu menjadi tempat eksplorasi bakat dan potensi para siswi. Ajang tersebut membuat mereka jauh lebih kreatif, berdaya juang, mampu bekerja sama, mempunyai rasa kebhinekaan, mandiri, gotong royong, serta bernalar kritis untuk menjadi pribadi yang kuat serta wanita yang tangguh dalam menghadapi berbagai cobaan. 

Reaksi positif pun berdatangan setelah rangkaian acara Girl Talk 2023 sukses. Salah satu tanggapan datang dari Kepala Sekolah SMA Tarakanita 1, Suster Paulleta, CB. “Girl Talk 2023 merupakan salah satu sarana mewujudkan generasi cerdas berintegritas, generasi yang memiliki kecerdasan akal budi dan kepribadian utuh,” ujar Suster.  ia menambahkan, selain wadah untuk mengekspresikan diri, kegiatan itu juga merupakan ungkapan syukur atas berbagai talenta yang Tuhan anugerahkan pada tiap pribadi siswi.

Komentar positif juga datang dari salah satu orang tua siswi yang hadir menyaksikan acara “Girl Talk 2023”.

“Konsernya bagus banget, apa ya.. semua terlibat dan tertata dengan baik. Kegiatan ini kekinian dan masuk di semua usia. Anak saya sangat terkesan dengan pendampingan para guru, terutama guru seni dalam mempersiapkan acara ini. Bangga bisa tampil dan bersama teman-temannya bisa menghibur para penonton,” kata Agnes Tristi Wulandari, salah satu orangtua siswi SMA Tarakanita 1 Jakarta.

Ia berharap acara seperti itu berkelanjutan agar bakat-bakat tiap anakbisa dikembangkan, dan tentu kepercayaan diri mereka bisa terbangun.

3
AG Dwiharso B guru musik di SMA 1 Tarakanita Jakarta ikut mengiringi siswi SMA 1 Tarakanita dalam pertunjukan gamelan dan tarian tradisional dari seluruh penjuru di Indonesia. Pertunjukan diadakan Jumat (17/11/2023) . Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Siswi-siswi SMA Tarakanita 1 yang terbagi menjadi berbagai kelas seni, yakni seni suara, seni tari, dan seni suara, berkolaborasi menyalurkan minat dan bakatnya dengan menampilkan berbagai lagu yang diiringi gamelan didampingi guru seni musik SMA Tarakanita 1, AG Dwiharso. Suguhan aneka tarian tradisional dari seluruh penjuru di Indonesia ikut meramaikan pertunjukan. 

Tidak hanya itu, ada berbagai lagu pop tahun 80-an ikonik asal Indonesia yang dikemas dalam konser ini untuk membawa kembali rasa nostalgia dan haru para penonton. Lagu-lagu tersebut dipilih berdasarkan tema acara Girl Talk 2023 “Ekspresi Masa Muda”.

Setiap lagu sangat bermakna dan memberikan banyak kesan dan pesan. Seluruh performa yang dipertunjukkan oleh para siswi mengikat hati penonton dan membawanya dalam sebuah perjalanan yang gemilang.

4
Beberapa hasil karya seni lukis siswi SMA 1 Tarakanita yang ditampilkan didepan pintu masuk acara “Girl Talk 2023”. (17/11/2023) . Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Pada bagian lain siswi-siswi kelas seni rupa pun ikut serta dalam pembuatan berbagai desain seperti booklet, spanduk, merchandise, stage background hingga menunjukkan berbagai hasil karya lukisan di Usmar Ismail Hall dan masih ada banyak lagi. Siswi-siswi seni rupa berkontribusi agar acara Girl Talk 2023  menarik perhatian melalui hasil karyanya yang orisinil dan ilustrasi-ilustrasi dengan komposisi yang indah.

5
Siswi-siswi SMA 1 Tarakanita dalam pertunjukan seni suara berpadu dengan tarian tradisional dari Jakarta. (17/11/2023) . Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

 Acara yang menampilkan spirit anak muda itu disutradarai oleh guru seni suara Christine Tambunan, dengan Ibu Juliana Pramesti sebagai asisten sutradara. Sementara itu, seluruh guru dan karyawan SMA Tarakanita 1 memiliki perannya masing-masing sebagai panitia. Sebanyak 29 siswi dari kelas 10 hingga kelas 12 juga turut menyalurkan tenaganya demi melancarkan prosesi Girl Talk 2023.

Untuk menghangatkan suasana konser tampil paduan suara tamu Elisabeth Gruyters Choir dari SMP Tarakanita 1 dan SD Tarakanita 2, Tartig’s Melody dari SMP Tarakanita 3, serta T5 Voice dari SMP Tarakanita 5. Kelompok paduan suara yang pernah meraih berbagai prestasi itu menciptakan momen yang spesial di acara tersebut.

Tidak hanya siswa-siswi yang tampil. Christine Tambunan dan guru seni musik Elsonie ikut menampilkan duet nyanyian yang diiringi dengan saxophone. Juga ada beberapa penampilan seni suara yang dibawakan siswi secara solo, duet, trio, dan quartet, yang meninggalkan kesan bagi penonton. 

Para penampil dan pendukung “Girl Talk 2023” yang diadakan di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Jakarta pada Jumat, 17 November 2023. Foto : Dok. SMA Tarakanita 1

Tim Penulis :

– Mary Gabrielle Witajana, Siswi SMA Tarakanita 1 Pulo Raya

– Prilly Mariagrace Adinugroho, Siswi SMA Tarakanita 1 Pulo Raya

– Emily Stephanie Putri, Siswi SMA Tarakanita 1 Pulo Raya