Taman Doa Our Lady of Akita di Pantai Indah Kapuk 2

0
64

Taman Doa bernama Our Lady of Akita merupakan rumah ibadah umat Katolik, serta tempat wisata religi yang berada di Pantai Indah Kapuk 2, di Salembaran, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten.

Saya mengunjungi Taman Doa Our Lady of Akita pada 20 Januari 2023 lalu. Pengunjung tempat tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis.

Kini, umat Katolik tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk melihat patung Bunda Maria yang meneteskan air mata 101x karena sudah ada replika patung tersebut di Taman Doa Our Lady of Akita. Patung tersebut merupakan replika pertama di dunia yang dipahat oleh ahli kayu, Ichiro Urano San.

Kini, umat Katolik tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk melihat patung Bunda Maria yang meneteskan air mata 101x karena sudah ada replika patung tersebut di Taman Doa Our Lady of Akita. Patung tersebut merupakan replika pertama di dunia yang dipahat oleh ahli kayu, Ichiro Urano San.

Dokumentasi kapas bersejarah penyeka air mata dan gereja Seitai Hoshikai, Jepang.

Bunda dari Akita merupakan nama dari penampakan Maria yang dikabarkan pada tahun 1973 oleh Suster Agnes Katsuko Sasagawa di daerah Yuzawadai, dekat kota Akita, Jepang. Pembangunan Taman Doa Our Lady of Akita terinspirasi dari Taman Doa Seitai Hoshikai yang berada di Akita, Jepang.

Jason Lim, salah satu pengunjung taman yang merupakan mahasiswa angkatan 2020 datang ke taman itu karena ingin melihat replika patung Bunda Maria Akita yang meneteskan air mata.

Menurut Jason, Taman Doa Our Lady of Akita sangat membawa suasana Jepang ke Indonesia. Ia juga berpendapat wisata religi di tempat tersebutyang sangat indah dan edukatif.

Replika patung Bunda Maria Akita yang meneteskan air mata dan kapel yang terdapat di Taman Doa Our Lady of Akita dalam kawasan Pantai Indah Kapuk 2.

Selain patung Bunda Maria Akita yang meneteskan air mata, dokumentasi kapas penyeka air mata Bunda Maria Akita, patung Santo Yosef, ada juga kapel kecil. Pengunjung yang ingin memasuki kapel tersebut wajib melepas alas kaki. Kapel Our Lady of Akita buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00. Sedangkan kawasan Taman Doa terbuka untuk umum 24 jam.

Pengelola juga melengkapi kawasan taman doa dengan toko pernak-pernik yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 20.00. Toko itu menjual patung, alkitab, kalung dan gelang rosario, makanan ringan dan sebagainya.

Patung Santo Yosef Tidur.

Di depan toko pernak pernik terdapat patung Santo Yosef Tidur. Berdoa kepada patung Santo Yosef Tidur bisa menjadi pilihan doa saat mengalami masalah dan kesulitan. Tuhan menunjukan jalan keluar dan menyatakan kehendak-Nya kepada Santo Yosef.

Selain itu, di Taman Doa Our Lady of Akita, pengunjung dapat melihat patung kisah Tuhan Yesus dijatuhkan hukuman mati hingga Tuhan Yesus bangkit dari kematian.

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Taman Doa Our Lady of Akita, pengelola meminta agar mereka selalu menjaga ketertiban dan menaati peraturan saat karena di sana ada umat Katolik yang sedang beribadah.

Oleh karena siang hari matahari bersinar terik, saya sarankan para pengunjung yang datang pada siang hari membawa payung atau menggunakan topi.

Christelle Dione, mahasiswa Institut Pariwisata Trisakti Jakarta, Jurusan Usaha Perjalanan Wisata.