Memandang Ide dari Perspektif yang Berbeda

0
40
Berfoto bersama sebelum acara usai.

TANGERANG, KOMPAS CORNER – Hari kedua perayaan HUT 5 Kompas Corner yang diselenggarakan pada 3 Mei 2018 dilanjutkan dengan rangkaian acara masterclass dengan masing-masing topik yang berbeda. Dian Maya Puspitasari selaku Marketing Ideation Consultant dari Big Change Agency berkesempatan menjadi narasumber di dalam salah satu masterclass dengan judul “Ideation: How to Generate and Pitch Your Ideas”.

Di masterclass ini, Dian akan mengajarkan peserta tentang bagaimana menggali dan mempresentasikan ide serta tips dan trik saat mempresentasikan ide ke pihak lain.

Dian memulai acara dengan perkenalan yang santai, yaitu dengan menanyakan identitas singkat ke para peserta dan beberapa ice breaking.

Para peserta mengakui bahwa memunculkan sebuah ide merupakan hal yang sangat sulit, untuk dilakukan. Ada juga beberapa peserta yang mengakui bahwa ide kerap kali muncul ketika berada pada kondisi yang sulit atau di bawah tekanan sekalipun. Untuk membuktikan bahwa ide kerap muncul pada situasi sulit, lantas  Dian memberikan tantangan bagi para peserta untuk menulis apa saja di selembar kertas dalam waktu 3 detik dan kertas tersebut digilir berputar ke semua peserta. Hasilnya pun sangat beragam. Selanjutnya ia pun meminta kepada para peserta untuk mengembangkan apa yang tertulis di kertas tersebut menjadi sebuah ide.

 

Dian sedang menyampaikan materi.

“Menurut saya semua hal (ide) tidak ada yang baru karena memang faktanya sudah ada, yang terpenting adalah cara kita berinovasi,” ungkap Dian.

Memasuki penghujung acara, beliau juga mengingatkan bahwa kreatif dan inovatif sebenarnya berbeda. Kreatif adalah sesuatu yang sudah ada, tetapi dilakukan modifikasi. Sementara itu, inovatif merupakan sesuatu yang belum ada sehingga bisa disimpulkan bahwa kreatif belum tentu inovatif. Namun, ketika sesuatu hal inovatif, hal tersebut sudah pasti kreatif juga.

 

Penulis: Kompas Corner/ Agung Destian Putra

Editor: Kompas Corner/ Verren Christy

Dokumentasi: Tim Dokumentasi Kompas Corner