Merayakan Hari Jadi dengan Berbagi

0
257

Sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri bahwa ulang tahun adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap insan untuk mendapatkan hadiah istimewa di hari spesialnya. Namun, tidak bagi Kompas Muda.

Untuk mewarnai hari jadi yang ke-11, Minggu (28/01), Tim Kompas Muda bersama para Magangers dan volunter terpilih berkunjung ke Sahabat Anak Grogol yang terletak di Grogol Petamburan, Jakarta Barat, untuk mengantarkan “hadiah kecil” yang diberikan oleh MuDAers melalui unggahan #MudaBerbagiBuku, #MudaBerbagiSeragam, dan #MudaBerbagiAlatTulis di Instagram.

Sahabat Anak Grogol adalah salah satu cabang bimbingan belajar dari Yayasan Sahabat Anak yang digerakan oleh keteguhan sanubari para volunternya dalam memperjuangkan hak anak, khususnya anak-anak marginal, melalui pendidikan gratis, pemeriksaan kesehatan, beasiswa, dan lain-lain.

Walaupun hujan mewarnai siang di Ibu Kota, tetapi senyum simpul dan tingkah laku menggemaskan dari adik-adik Sahabat Anak Grogol yang menyambut kedatangan Tim Kompas Muda dan rombongan. Ini menjadi pemantik semangat untuk memulai perjalanan hari itu.

Acara diawali dengan menemani adik-adik pendidikan anak usia dini (PAUD) dan SD dalam kegiatan belajarnya. Mulai dari kelas Matematika yang memicu raut wajah serius hingga kelas mewarnai yang menciptakan gelak tawa.

Selanjutnya, untuk semakin memeriahkan acara, Tim Kompas Muda mengajak adik-adik PAUD untuk mendengarkan penuturan dongeng. Suasana semakin menghangat seiring dengan pertanyaan-pertanyaan imajinatif mengenai cerita yang mereka dengar. Sedangkan, adik-adik SD disibukkan dengan membuat topeng kertas. Dengan bangganya, mereka mengenakan karyanya sendiri sembari kejar-kejaran dan menirukan suara hewan pilihannya.

DOK Putu Agus

Frisca selaku Ketua Pelaksanan Harian Sahabat Anak berkata, “Saya sangat berterima kasih kepada Kompas Muda yang telah tergerak untuk berbagi dan menjadi bagian dari proses belajar adik-adik di Sahabat Anak Grogol ini. Apalagi, Kompas Muda memilih untuk memberikan hadiah ketimbang menerima hadiah dalam ulang tahunnya.” Frisca juga berharap agar Kompas Muda bisa semakin inovatif dan melahirkan agent of change yang akan menginspirasi MuDAers lainnya.

Tidak hanya Frisca, salah seorang volunter terpilih, Nia, juga ikut berkomentar. “Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari acara ini. Secara tidak langsung, saya mendapat insight yang namanya rasa syukur.”

Keseruan hari itu diakhiri dengan penyerahan hadiah dari MuDAers berupa seragam, alat tulis, buku persiapan UN, dan buku bacaan kepada Sahabat Anak Grogol. Entah kenapa, senyum yang sedari awal selalu menghiasi wajah Tim Kompas Muda dan teman-teman berubah menjadi ekspresi haru. Spontanitas ini mewakili sejuta kata terima kasih dan syukur yang tak mampu dilontarkan.

Terima kasih Sahabat Anak Grogol yang telah memberikan ukiran sejarah manis di 11 tahun perjalanan Kompas Muda!

DOK Putu Agus