Liburan Murah di Ibu Kota Priangan

0
51
Destinasi wisata alam murah meriah di Bandung.

Libur telah tiba! Apa Komcorian sudah punya rencana untuk mengisi liburan yang hampir selesai ini? Kalau belum, Kompas Corner punya tips liburan hemat yang tidak menguras kantong, nih!

Buat kamu yang suka dengan wisata alam dan fotografi alam, tips liburan ini akan menjadi sangat tepat buat kamu. Destinasinya yang akan kita tuju tidak jauh-jauh, yaitu di kota Bandung. Tempat wisatanya pun murah meriah dan sangat memanjakan mata. Penasaran? Yuk, kita lihat seperti apa sih, wisata alam yang terdapat di Ibu Kota Priangan ini!

 

1. Wisata Hutan Pinus Cikole

 

Hutan Pinus Cikole, tempat kamu bisa menikmati pemandangan hutan yang masih asri.

Ingin mendapat foto bagus ala-ala Instagrammers di tengah hutan? Atau ingin sekadar menikmati suasana hutan yang hijau dengan banyak pepohonan rindang? Kamu bisa berkunjung ke Cikole. Hutan pinus yang terletak di Lembang, Bandung Barat, ini sangatlah indah. Terlebih lagi dengan bukit-bukit hijau yang dipenuhi pepohonan pinus. Untuk menikmati indahnya hutan pinus Cikole, kamu hanya cukup membayar Rp 5.000 per orangnya. Terjangkau bukan?

2. Tebing Keraton

 

Inspirasi foto di Tebing Keraton, Bandung.

Bagi kamu yang suka mendaki gunung dan mengabadikan momen yang anti-mainstream, Tebing Keraton bisa jadi pilihan kamu. Tebing Keraton berlokasi di Taman Hutan Raya Ir H Djuanda. Saat yang paling pas untuk kamu datang ke Tebing Keraton adalah pada pagi hari; di mana saat matahari sedang mulai terbit. Kamu dapat melihat pemandangan pagi kota Bandung yang terselimuti kabut.

Untuk dapat sampai ke Tebing Keraton, kamu harus melakukan pendakian kira-kira sejauh tiga kilometer. Sesampainya di atas, pemandangan yang memukai akan membayar segala lelah setelah mendaki. Bagi yang tidak kuat mendaki, kamu juga bisa menyewa jasa ojek dengan membayar tarif Rp 30.000. Tarif untuk masuk ke Tebing Keraton juga murah; kamu cukup membayar Rp12.000 per orangnya. Bagaimana, tertarik?

 

3. Bukit Moko

 

Pemandangan malam kota Bandung dari Puncak Bukit Moko.

Ingin punya foto di atas bukit sambil memandangi langit ala film Meteor Garden? Atau sekedar memandangi kota Bandung dari atas bukit? Bukit Moko terletak di daerah Cimenyan, Bandung. Ketinggiannya yang mencapai 1.500 meter di atas permukaan air laut membuat hawa dingin dan kabut akan selalu menemani pengunjung. Waktu paling tepat untuk pergi ke Bukit Moko adalah pada pagi hari menjelang matahari terbit dan juga pada sore hari menjelang matahari terbenam. Untuk menikmati keindahan Bukit Moko, kamu hanya perlu membayar Rp 15.000 per orang saja.

Tidak hanya menikmati pemandangan kota Bandung, Bukit Moko kamu juga memberikan kamu kesempatan untuk masuk ke dalam belantara hutan pinus dan melihat Patahan Lembang. Pokoknya, pas sekali untuk kamu yang suka wisata alam dan fotografi.

 

4. Situ Patenggang

 

Menikmati tenangnya air di Situ Patenggang.

Tidak cuma berkunjung ke gunung dan bukit-bukit. Di Bandung, kita juga bisa menikmati pemandangan danau yang tenang dan damai. Adalah Situ Patenggang, danau yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan ini adalah danau yang terletak di kaki Gunung Patuha. Situ Patenggang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, jadi tetap siapkan baju hangat ya, Komcorian! Untuk biaya masuk, kamu boleh menyiapkan uang sejumlah Rp 20.000 untuk tiap orangnya.

Dibalik danau yang legendaris itu, Situ Patenggang mempunyai cerita nih, Komcorian. Mitosnya, seorang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis yang saling mencintai namun terpisah sangat lama dan saling mencari satu sama lain akhirnya bertemu di Situ Patenggang. Dalam Bahasa Sunda, Situ berarti “danau” dan Patenggan berarti “mencari”.

Di Situ Patenggang, terdapat batu berbentuk hati yang bernama Batu Cinta. Kabarnya, jika kita berkunjung ke Batu Cinta dan pergi berkeliling Pulau Asmara dengan pasangan kita, maka kita akan mempunyai cinta yang abadi. Wah, bagaimana, tertarik untuk kesini bersama pasanganmu?

 

5. Kampung Cai Ranca Upas

 

Jalan-jalan di hamparan rumput hijau Kampung Cai Ranca Upas

Habis dari Situ Patenggang, kurang pas rasanya kalau kamu tidak sekalian berkunjung ke Kampung Cai Ranca Upas yang juga berada di Ciwidey, Bandung Selatan. Lokasi dua tempat wisata ini memang berdekatan, jadi pastikan kamu mampir.

Kampung Cai Ranca Upas, atau yang lebih populer disebut dengan Ranca Upas saja merupakan kawasan bumi perkemahan yang populer bagi wisatawan. Di sini, kamu akan melihat banyak tenda-tenda kemah, penangkaran rusa, kolam pemandian air panas, dan area-area permainan di alam terbuka seperti outbond dan masih banyak lagi. Harga tiket masuknya pun murah, cukup membayar Rp 10.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di Ranca Upas.

 

Nah, bagaimana Komcorian? Tertarik untuk berkunjung dan mengeksplorasi wisata alam di Bumi Priangan ini?

 

Reporter: Patricia Felita
Fotografer: Dokumentasi Kompas Corner
Editor: Edwin