Alternatif Tempat Tinggal Mahasiswa

0
729

Hai para mahasiswa baru yang siap untuk menyambut bangku perkuliahan. Tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap orang. Wajar, karena tempat tinggal membuat seseorang hidup dan tak dianggap mati secara sosial. Bayangkan saja, jika seseorang tak mempunyai tempat tinggal, tidur di mana saja, mungkin ia akan dianggap sebagai gelandangan.

Bagi kalian mahasiswa baru perantauan, mungkin masih bingung mencari tempat tinggal untuk tempat memejamkan mata. Tempat yang baru biasanya kalian enggan mengambil risiko besar sehingga cukup sulit bagi kalian untuk menentukannya. Berikut beberapa tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk tempat tinggal bagi kalian nanti selama mengikuti masa studi.

1. Rumah saudara atau sahabat
Suatu keberuntungan jika kalian mempunyai saudara atau teman akrab di tempat kalian kuliah. Karena kita bisa memanfaatkannya sebagai tempat meminta tolong termasuk untuk numpang nginap selama masa studi. Mahasiswa baru, lingkungan baru, keadaan serba baru tentunya kalian masih buta dengan keadaan dan berimbas pada ketakutan diri. Namun ketidaktahuan ketakutan itu bisa diatasi apabila kita mempunyai kenalan yang bisa diajak diskusi bukan.

2. Sekretariat organisasi alumni almamater
Kesamaan dan kedekatan dapat dijadikan alasan utama bagi mahasiswa yang menjadikan sekretariat organisasi almamternya tempat tinggal. Bagi kalian mahasiswa baru cobalah mencari informasi tentang organisasi alumni almamater kalian.

Biasanya, kampus yang kalian pilih sudah menerima kakak kelas kalian terlebih dahulu. Karena banyak, terjadi terus menerus, mempunyai kedekatan maka kakak kelas kalian membuat kumpulan alumni almamater yang sama dengan kalian. Hal ini merupakan peluang untuk numpang nginap—bahkan bisa lebih dari itu—bagi kalian yang masih bingung di tempat baru.

3. Sekretariat primordial
Mencari kumpulan alumni alamamter mungkin cukup susah, terlebih jika kampus yang kalian pilih tak cukup dikenal di almamater kalian. Maka coba berpikir lebih luas dengan mencari kumpulan mahasiswa primordial tempat kalian berasal. Kesamaan daerah asal menjadi alasan landasan utama organisasi in sehingga hal tersebut dapat dijadikan alasan bagi kalian untuk numpang tinggal juga di sekretariatnya. Mungkin dikenakan tarif per bulan, tapi harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan jika kalian indekos.

4. Masjid
Kedengarannya mungkin absurd. Tapi percayalah masjid bisa dijadikan pilihan terakhir untuk dijadikan tempat tinggal. Caranya kalian mengabdi di masjid tersebut dengan menjadi marbut. Yakinlah ini kegiatan yang mulia, karena secara tak langsung kalian mengabdi juga kepada yang kuasa.

Marbut tak hanya soal bersih-bersih masjid. Bagi kalian yang mempunyai bacaan qur’an fasih juga dapat memimpin solat atau memberikan pengajian jika kalian mempunyai keluasan pengetahuan ilmu agama.

Mungkin beberapa tempat tersebut dikenai biaya. tapi tarifnya tak semahal indekos atau ngontrak sebuat rumah. Maklum, biasanya kan mahasiswa rantau minim anggaran dan kudu pintar mengelolanya.