SBMPTN? Siapa Takut!

0
213
Arsip Kompas

UN sudah lewat. SNMPTN juga sudah lewat. Untuk yang mungkin belum lolos SNMPTN jangan kecewa, karena ada SBMPTN. Yang tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2017. Dan sekarang H-5 menuju SBMPTN. Wah ternyata sebentar lagi yaa! Gimana nih? Udah pada siap belum?

Ada banyak banget orang yang bertanya-tanya “Gimana ya cara mereka belajar sampe bisa lolos SBMPTN? Mereka yang lolos anak pinter deh pasti. Apa persiapan mereka lebih matang?”

Buat kalian yang masih berfikiran kalau yang lolos itu pasti anak pintar, kalian salah besar! Gak semua anak pintar udah pasti lolos. Banyak kok cerita-cerita kalau anak pintar gagal SBMPTN. Jadi jangan takut buat mencoba.

Kalian sendiri kira-kira mau masuk Universitas apa dengan jurusan apa nih? Tentunya setiap orang mengharapkan masuk Universitas ternama dengan jurusan keren yang sudah diidam-idamkan. Kalau begitu perlu ada usahanya dong, yaitu belajar. Menurutmu cara belajar kamu untuk mempersiapkan SBMPTN udah tepat belum? Nih ada beberapa tips untuk kamu yang akan mengikuti SBMPTN :
1. Mulai mengerjakan Latihan Soal
Seperti yang kita ketahui kalau soal-soal seleksi untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri itu gak mudah. Soal yang banyak dan bermacam-macam itu yang akhirnya mengharuskan kita untuk lebih sering mengerjakan soal dan mulai terbiasa dengan macam-macamnya

2. Cari sumber lain untuk belajar
Belajar gak hanya bisa dari buku kok. Banyak sumber-sumber lain, seperti Google, Wikipedia, atau bahkan sistem belajar online lainnya seperti Zenius, Quipper dan sebagainya. Terkadang belajar online atau melihat dari video lebih mudah dipahami dibangdingkan membaca buku. Karna kita seperti belajar secara langsung, ada yang menjelaskan.

3. Jangan malas untuk mengulang-ulang apa yang sudah dipelajari
Terkadang mengulang apa yang sudah dipelajari merupakan hal yang sangat sulit. Karena malas untuk mengulangnya dan merasa sudah paham. Ini yang tidak disarankan, sebaiknya kita sering mengulang-ulang agar semakin familiar dengan apa yang sudah kita pelajari. Manfaatkan juga waktu yang ada untuk mengulang. Ketika kamu sedang mengulang apa yang kamu pelajari, secara tidak langsung kamu juga sedang belajar loh. Waktu kamu jadi gak terbuang sia-sia kan?

4. Motivasi Diri
Adanya motivasi diri itu penting loh. Kamu harus bisa memotivasi diri kamu sendiri agar kamu bisa lolos seleksi. Karena kalau dari diri kamu sendiri aja gak ada motivasinya, gimana mau berhasil ya? hehehe dan kalau kamu mau, kamu juga bisa minta motivasi dari orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, teman, pacar juga bisa.

5. Berdoa
Ini juga tentunya gak kalah penting. Berdoa dan membangun hubungan yang baik dengan Sang Pencipta tentu menjadi hal utama dan penting. Agar kamu bisa dimudahkan dalam belajar dan juga mengerjakan ujiannya nanti.

Itu dia beberapa tips. Semoga memberikan pencerahan kepada kalian semua dan kalian bisa lebih semangat lagi untuk belajar SBMPTN. Dan ingat saingan kalian bukan hanya teman-teman satu sekolah doang loh, melainkan teman-teman se-Indonesia. Banyak banget yang daftar, sementara kuotanya tidak sebanyak yang daftar. Ayo Semangat!! 5 Hari itu gak lama loh. Jangan buang-buang waktu 5 hari kalian dengan sia-sia ya. Singkat banget loh.

“Lebih baik belajar sampai gila, daripada menyesal sampai gila.”

Gak mau nyesel sampe gila hanya karena kamu gak belajar serius kan?