POLISI SAHABAT KITA

0
149
Polisi mengenalkan tugas-tugasnya kepada pelajar. (Arsip Kurniyati)

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang mengatur yaitu tata tertib dan hukum. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung dibawah kepemimpinan Presiden. Polri mengemban tugas-tugas diseluruh wilayah di Indonesia. Sebagaimana tugasnya yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dan lingkungannya, menegakan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat. Polri dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Tugas utama seorang Polisi adalah melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. Kepolisian Republik Indonesia bergabung dengan TNI menjaga kemanan masyarakat, mereka bersatu demi tujuan agar masyarakat merasa aman dan nyaman di dalam negaranya sendiri. Banyak kasus- kasus yang dihadapi Polisi dan terkadang harus diselesaikan dan dijalankan dengan hati nurani seorang polisi.

Polisi juga mempunyai keluarga yang harus mereka lindungi dan bahagiakan. Terutama bagi seorang polisi laki-laki yang tugasnya menjadi kepala rumah tangga. Contohnya pada saat kasus pemboman di Sarinah yang mengharuskan banyak Polisi bertugas siaga satu membuat Polisi harus rela meninggalkan keluarga di rumah. Selain itu jika ada kasus demo warga, mereka harus meninggalkan keluarga dengan terpaksa, mau tidak mau itu harus dilaksanakan demi melindungi masyarakat dan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, polisi selalu berusaha memberikan yang terbaik serta tauladan yang terbaik serta tauladan yang baik terhadap masyarakat. Jika apa yang dilakukan polisi semaksimal mungkin namun kalau dari kemauan masyarakat itu sendiri kurang maka percuma saja. Masyarakat akan terus berpikir bahwa polisi tidak dapat mengayomi atau menjalankan tugas Polisi dengan baik.

Polisi juga bertugas melayani masyarakat. Seorang polisi akan mengerahkan seluruh tenaga, memberikan contoh kepada masyarakat, dan memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pelayanan yang baik dan ramah sudah diterapkan oleh Polisi jika kita dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan polisi setempat pasti akan mendapatkan pelayanan yang baik.

Keberadaan Polisi tentu membuat masyarakat menjadi semakin terlindungi. Dimulai dari keberadaan sosok Polisi Sahabat Anak (PSA). Siswa siswi pendidikan usia dini (Paud), Taman Kanak-kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD) sudah mulai mengenal keberadaan polisi ini atau yang lebih dikenal dnegan sebutan Polisi Sahabat Anak ini bertujuan tidak jauh dari tujuan Polri. Kegiatan yang diselanggarakan ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap Polisi. Selain itu dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan para siswa ini kelak bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan lalu lintas.

Bukan itu saja diharapkan anak-anak tidak takut lagi melihat Polisi Sahabat Anak maupun Polisi diluar sana, karena banyak sekali siswa siswi usia dini yang mengaku dan bernggapan bahwa Polisi menakutkan. Kapolsek Ciawi Kompol Sugianto mengatakan, dalam rangka ulang tahun Polisi Sahabat Anak, hal ini dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak pada Polisi. Jika kegiatan ini sudah diterapkan dibanyak sekolah otomatis semakin banyak orangtua yang percaya bahwa kegiatan Polisi Sahabat Anak sangat memberikan dampak yang baik.

Adapun materi yang diajarkan dalam kegiatan Polisi Sahabat Anak kepada anak-anak yaitu misalnya tentang pengenalan rambu lalu lintas, menjelaskan fungsi helm dan kegunaannya, serta mengerjakan keterampilan yang berhubungan dengan Polisi tidak lupa mengajarkan menyebrang jalan supaya aman, Pelopor keselamatan berlalu lintas dan bermain di Bus Cendekia belajar tentang lalu lintas dengan peralatan laptop untuk menambah wawasan pengetahuan si anak. Acara ini sudah rutin diadakan setiap tahun sekali, dan memberikan dampak positif yang dapat dipetik

Nah, di sekolahku, SMA Kemala Bhayangkari 1 Jakarta yang berada dibawah naungan istri-istri dari Polisi sendiri mempunyai banyak kegiatan yang berhubungan dengan Polisi. Di bawah yayasan, sekolah ini sudah menunjukan akreditasi A, sekolah ini mengadakan kegiatan pramuka setiap hari Sabtu, kegiatan pramuka ini merupakan kegiatan positif yang sudah mempunyai nama gudep yaitu “Kembang 1”.

Di dalam kegiatan ini banyak yang dilakukan salah satunya adalah saka, saka yaitu wadah bagi pramuka penegak untuk menyalurkan kegemarannya. Salah satunya adalah Saka Bhayangkara siswa siswi SMA Kemala Bhayangkari 1 biasanya diadakan di Polsek Pasar Minggu dengan bimbingan pamong dan Polisi setempat. Banyak sekali diajarkan disana salah satunya.

Keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional. Dalam pelatihan saka umumnya Gerakan Pramuka bekerja sana dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia dan kadang-kadang memperbantukan pihak Dinas Pemadam Kebakaran. Biasanya Saka Bhayangkara berada dibawah pembinaan Kepolisian Republik Indonesia.

Selain itu, pramuka di SMA Kemala Bhayangkari 1 Jakarta membuat yang namanya Polisi Siswa. Polisi Siswa berjaga di depan komplek kepolisian setiap hari dengan giliran yang sudah ditetapkan. Anggota Pramuka di sekolah wajib menjadi Polisi Siswa. Yang bertugas membantu siswa dari sekolah yayasan dan masyarakat sekitar untuk menyebrang jalan, keluar ataupun memasuki area komplek.

Diharapkan, dengan adanya Polisi Siswa agar tidak ada kemacetan di depan komplek. Mereka bertugas dari pukul enam sampai dengan enam lebih tiga puluh menit. Biasanya pada saat berjaga, Polisi membantu yang berjaga dengan member tahu bagaimana caranya menjadi pengatur lalu lintas yang baik.

Selain itu Polisi bersikap sangat ramah terhadap siswa yang berjaga dengan memberitahu yang baik. Polisi memberikan arahan dengan sangat baik, membina siswa yang bekerja, dan menceritakan banyak pengalaman yang sudah dialami oleh Polisi pada masa bertugas dilapangan. Jika ada yang tidak memakai helm, seorang Polisi tidak hanya menegur dijalan saja, tetapi langsung menghampiri ke sekolah anak tersebut.

Pada saat pesantren kilat di sekolah, ada polisi yang memberikan penyuluhan tentang narkoba. Penyuluhan narkoba ini bertujuan agar remaja dapat mngetahui bahaya narkoba dan dapat menghindari barang haram tersebut. Saat ulang tahun Yayasan ke tiga puluh enam di Cipinang Jakarta Timur. Disana dikumandangi yel-yel, yaitu “Narkoba, Musuhku”, Prestasi Sahabatku di seminar tersebut banyak pelajaran yang dapat diambil, karena banyaknya figure masyarakat yang dahulunya pernah terjerat kasus narkoba.

Polisi sudah banyak menangkap orang-orang yang terjerat narkoba, baik dari kalangan menengah bawah maupun kalangan menengah keatas, baik pengedar maupun pemakai. Polisi berjuang keras mengurangi kasus-kasus tersebut, banyak upaya yang dilakukan oleh Polisi demi memberantas pengeda narkoba. Dalam perjuangannya, polisi mempunyai tim khusus untuk melacak keberadaan anjing pelacak yaitu anjing pelacak dengan jenis golden retriever dan labrador retriever.

Saat ini, polisi sudah banyak membantu masyarakat, membantu negara Indonesia untuk mencapai tujuan keamanan Bangsa Indonesia. Polisi mempunyai hak yang sama seperti masyarakat sipil lainya. Oleh karena itu masyarakat seharusnya mendukung semua program yang sudah diatur oleh kepolisian, karena pihak kepolisian juga membuat aturan yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Agar tujuan dapat terwujud jadilah masyarakat yang membantu meringankan tugas TNI dan Polri agar Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap aman dan nyaman.

Penulis:
Laelatun Tri Rahayu
SMA Kemala Bhayangkari 1, Ragunan, Jakarta