Penjelasan Terlengkap Tentang Jenis Asuransi Mobil

0
1996
jenis asuransi mobil

[quote_center]Penjelasan tentang jenis asuransi mobil yang wajib diketahui oleh setiap pemilik kendaraan, agar dapat menentukan jaminan yang tepat dan mengetahui cara perhitungan preminya.[/quote_center]

Pada umumnya asuransi ada bermacam-macam jenis. Ada asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan dan sebagainya. Tiap jenis asuransi itu pun dibagi menjadi beberapa jenis pula, seperti asuransi mobil TLO, All Risk + Comprehensive yang masing-masing jaminannya memiliki biaya/premi yang berbeda. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Asuransi TLO (Total Loss Only), asuransi All Risk dan Kombinasi (Comprehensive)

Asuransi mobil dibagi menjadi dua, yaitu asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi All Risk. Asuransi mobil TLO adalah asuransi yang hanya memberikan biaya pertanggungan jika mobil Anda benar-benar hilang atau rusak. Rusak di sini adalah rusak yang benar-benar parah atau tingkat kerusakannya mencapai 75 %. Jika kerusakannya kurang dari itu, maka dengan sangat disayangkan, Anda tidak akan bisa mengajukan klaim atau mendapatkan biaya pergantian asuransi. Hal inilah yang menyebabkan asuransi TLO lebih murah dibanding asuransi All Risk. Sesuai dengan namanya, asuransi All Risk akan menjamin semua resiko atau melakukan biaya pergantian pada apapun yang terjadi pada mobil Anda. Bahkan, untuk asuransi All Risk, Anda bisa mengajukan klaim asuransi jika mobil Anda mengalami baret dan mau diperbaiki. Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi biaya perbaikannya. Selain kedua jenis asuransi tersebut, sebenarnya ada juga yang namanya asuransi comprehensive yaitu penggabungan atau kombinasi antara kedua jenis asuransi tersebut di atas. Misalnya saja Anda menggunakan asuransi mobil All Risk di dua atau tiga tahun pertama, lalu untuk selanjutnya Anda menggunakan asuransi berjenis Total Loss Only saja karena usia kendaraan Anda sudah tidak muda lagi. Anda bebas menyesuaikan jenis asuransi apapun yang cocok dengan diri Anda, sesuai dengan kondisi keuangan dan kondisi kendaraan Anda saat itu.

Premi asuransi tahunan atau bulanan

Anda juga bisa memilih apakah Anda ingin membayar premi setiap bulan atau setiap tahun. Bagi Anda yang tidak ingin repot, Anda bisa memilih pembayaran asuransi per tahun dimana Anda hanya harus membayar premi asuransi setahun sekali. Harganya memang lebih mahal dari pada pembayaran premi per bulan, namun jumlahnya sama saja jika asuransi perbulan itu dihitung full satu tahun. Bahkan, harga premi tahunan tersebut bisa saja lebih murah dibanding dengan jumlah premi perbulan selama satu tahun.

Begitulah jenis-jenis dari asuransi mobil yang bisa Anda pilih dan pertimbangkan. Pastikan Anda sudah mengetahui atau memahami semua informasi di atas sebelum Anda mendaftar asuransi agar Anda bisa menentukan asuransi mana yang paling cocok dengan Anda dan tidak terkecoh dengan asuransi premi murah (namun pelayanannya tidak bagus) atau premi yang terlalu mahal. Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan pelayanan dan kebijakan asuransi yang pastinya berbeda satu sama lain. Meskipun demikian, jenis-jenis untuk asuransi tidaklah terlalu atau berbeda dengan yang dijelaskan di atas.

Source: