Radio Kampus Yang Wajib Kamu Dengarkan

0
154

Radio pertama di Indonesia yaitu Radio Republik Indonesia (RRI) diresmikan pada tanggal 11 September 1945. Pendirian RRI diprakarsai oleh beberapa tokoh yang sebelumnya mengoperasikan Radio Pemerintah Jepang di enam kota.

Ketua RRI yang pertama adalah dr. Abdulrahman Saleh yang dikenal sebagai “Bapak Radio Indonesia”. Seiring berjalannya waktu, radio semakin berkembang. Mulai muncul beberapa nama radio swasta yang turut mewarnai dunia broadcasting di Indonesia. Contoh nya seperti: Prambors, Jak FM, Gen FM dan masih banyak lagi.

Tidak hanya radio dengan modulasi frekuensi (FM) saja yang muncul, semakin modern jaman, mulai bermunculan juga radio berbasis streaming yang menggunakan internet untuk melakukan penyiaran. Radio streaming mulai ‘eksis’ ketika banyak muncul radio kampus yang menggunakan metode streaming untuk melakukan aktivitas penyiaran mereka.

Berikut ini adalah lima radio kampus berbasis streaming yang namanya sudah dikenal atau eksisdi kalangan mahasiswa dan umum.

  1. BVOICE RADIO

Radio kampus dari Binus University ini berdiri sejak 10 Mei 1997. Awalnya BVOICE berada di Sky Rink Mall Taman Anggrek. Lalu pada 2001, BVOICE pindah lokasi ke lantai basement Kampus Anggrek Binus University. Setelah itu, BVOICE kembali melakukan relokasi di Lantai 1 Kampus Anggrek Binus University sejak tahun 2013 hingga sekarang.

BVOICE Radio memiliki enam divisi “On Air”, diantaranya: announcer, reporter, creative, operator, music lister, dan marketing. BVOICE Radio juga memiliki lima program siaran prime time yang bisa didengarkan setiap hari Senin-Jum’at dari jam 5 sore hingga 8 malam, yaitu: “Comet”, “Mighty Love”, “Oldies”, “Weekend Lounge”, dan “ROFTL”.

BVOICE Radio dapat didengarkan secara streaming melalui: www.bvoiceradio.com

2. UMN RADIO

Universitas Multimedia Nusantara Radio atau biasa disebut UMN Radio diresmikan pada 18 Juli 2011, dan merupakan organisasi berbasis kegiatan mahasiswa dibawah naungan Yayasan Multimedia Nusantara. UMN Radio berlokasi di lantai 6 gedung B, Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Banten.

UMN Radio memiliki beberapa program siaran yang mengudara setiap hari Senin-Jumat (08.00-21.00) dan Sabtu (08.00-13.00), diantaranya: “Sersan”, “What’s On Campus”, “Nostalgila”, “Bilang Cinta”, “Travelogy”, “The All New”, dan masih banyak lagi.

UMN Radio dapat didengarkan secara streaming melalui: radio.umn.ac.id

3. RTC UI 

RTC merupakan Radio Mahasiswa Universitas Indonesia yang pengelolaannya dilakukan langsung oleh mahasiswa UI yang tergabung didalamnya. RTC mempunyai target pendengar yang berkisar dari umur 17-25 tahun dan dapat dinikmati oleh pria maupun wanita. Lokasi studio RTC UI terletak di Gedung Pusgiwa Fakultas Teknik UI Lantai 2, Kampus Baru UI, Depok.

Untuk program prime time RTC UI ada setiap hari Senin-Jum’at, dari jam (21.00-23.00). Berikut ini adalah lima nama program prime time di RTC UI: “Monday Muse”, “All About Life”, “Malebox”, “Mars Vs Venus”, dan yang terakhir adalah “Chart”.

RTC UI dapat didengarkan melalui streaming di: rtc.ui.ac.id

4. Radio UNTAR

Radio Universitas Tarumanegara atau biasa disingkat menjadi Radio UNTAR berdiri tanggal 18 Maret 1971. Radio UNTAR beranggotakan seluruh mahasiswa/i dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Tarumanegara, dan berlokasi di Kampus II Universitas Tarumanegara, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Radio UNTAR memiliki banyak program siaran, dan salah satu nya adalah “K-WAVE” dimana didalam program tersebut penyiar “K-WAVE” akan membahas seputar K-POP, K-DRAMA, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan dunia industri Korea Selatan.

Radio UNTAR dapat didengarkan secara streaming di: streaming.radiountar.com

5. Radio Mercubuana

Radio Mercubuana diresmikan pada 23 Oktober 1993. Awalnya Radio Mercubuana dibuat oleh mahasiswa dari jurusan Teknik Elektro sebagai tugas akhir, tetapi karena ketertarikan dari banyak mahasiswa/i Universitas Mercubuana terhadap dunia radio, akhirnya Radio Mercubuana berdiri dan tetap eksis hingga sekarang.

Radio Mercubuana memiliki enam divisi, diantaranya: divisi penyiaran, operator, music director, research and development, public relation, dan media content. Radio Mercubuana berlokasi di kampus Mercubuana, Kembangan, Jakarta Barat.

Beberapa program siaran yang ada di Radio Mercubuana adalah: “Coconight”, “Happy Morning”, “Info Kampus”, “Kepo Ya ?”, dan masih banyak lagi.

Radio Mercubuana dapat didengarkan melalui streaming di: radio.mercubuana.ac.id atau rmb.myl2mr.com

Sukma Gayatri Putri