Komunitas Sekolah Penerus Bangsa Adakan Kegiatan Literasi

0
86
Siswa SDN Bekonang 03 Sukoharjo, Jawa Tengah yang menjadi peserta kegiatan literasi
Mereka adalah kalangan masyarakat terpelajar yang diharapkan mampu berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, Komunitas Sekolah Penerus Bangsa yang anggotanya terdiri dari mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta tergerak melakukan usaha itu lewat cara mengadakan kegiatan “SPB 2018 Mengajar”. Upaya itu diadakan pada hari Sabtu (10/11/2018) di SD N Bekonang 03,Kabupaten Sukoharjo- Jawa Tengah.

 

Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November tersebut diawali dengan upacara bendera yang diikuti seluruh siswa,guru,dan juga anggota Komunitas Sekolah Penerus Bangsa. Upacara dilanjutkan dengan pembukaan acara dan sambutan dari Kepala Sekolah SDN Bekonang 03, Sugiatno.

“Bertepatan dengan Hari Pahlawan ini mari bersama-sama kita lanjutkan perjuangan para pahlawan salah satunya dengan menuntut ilmu dan membiasakan rajin membaca” , ujar Sugiono.

Setelah itu kegiatan inti mulai dilaksanakan yaitu “Gerakan Literasi” yang mengarahkan para siswa untuk memilih buku bacaan yang tersedia di dalam mobil Perpustakaan Keliling milik Dinas Kepustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sukoharjo. Setelah membaca buku pilihannya, para siswa diminta menceritakan kembali isi buku bacaan yang dipilih.

Pohon harapan

Agar anak-anak tidak bosan, panitia memberi selingan permainan. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan menulis cita-cita setiap siswa di ‘pohon harapan’ yang kemudian ditempelkan di dinding kelas. Dengan menuliskan cita-cita, panitian berharap mereka akan termotivasi untuk rajin belajar agar dapat meraih cita-cita masing-masing.

Di akhir acara, diadakan pemilihan Duta Literasi dari setiap kelas yang dipilih berdasarkan keaktifan dan antusiasme siswa dalam kegiatan membaca. Seluruh siswa SD N Bekonang 03 antusias dengan kegiatan tersebut. Hal itu terlihat dari raut wajah mereka yang ceria dan mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

Pada kesempatan itu, Rofiq, ketua pelaksana SPB 2018 Mengajar menyatakan,  kegiatan tersebut adalah wujud kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia dan kurangnya kebiasaan literasi bagi siswa. “Kami berharap kegiatan ini bisa menularkan kebiasaan literasi bagi siswa SDN Bekonang 03 dan juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain supaya mereka ikut peduli terhadap pendidikan” ujar Rofiq.

Noumi Campbel