Membangun Personal Branding di Instagram

0
51
Agus Hartomo memberi materi tentang personal branding lewat Instagram.
Agus Hartomo memberi materi tentang personal branding lewat Instagram di Kompas Corner SCU, Jumat (2/11/2018).

SEMARANG – Kompas Corner Universitas Katolik Soegijapranata menyelenggarakan workshop Content Creator dengan tema Personal Branding. Acara diadakan 2 November 2018 dengan pembicara seorang content creator terkenal di Semarang bernama Agus Hartomo Prakoso yang akrab di panggil Tomo.

Agus adalah contoh anak muda yang aktif dan kreatif mengolah media sosial Instagram. Yang dia lakukan misalnya, menuangkan keindahan sebuah bangunan dalam foto.

Pemuda yang juga pemilik kafe Folkafe yang sedang naik daun di kalangan anak muda, memberi materi tentang Instagram dan konten-konten menarik di sosial media jenis itu.

Kalau zaman dulu portofolio bentuknya manual lalu diunggah ke website. Sekarang personal branding di media sosial itu akan menjadi portofolio kamu

Dalam workshop ini, ia membagi pengalaman, tips, dan trik bagaimana mengelola konten Instagram agar terlihat lebih menarik. Peserta diberi kesempatan untuk mencoba beberapa aplikasi pendukung untuk mengolah foto menjadi menarik.

“Sekarang kita mulai masa edukasi bahwa personal branding adalah sesuatu yang diperlukan, terutama personal branding di media sosial. Pasti dalam beberapa tahun ke depan, zaman akan masuk ke zaman digital marketing. Kalau zaman dulu mungkin portofolio bentuknya manual lalu diunggah ke website, sekarang personal branding di media sosial itu akan menjadi portofolio kamu,” ucap Agus Hartomo.

Menurut ketua panitia workshop tersebut, Gregorius Nobel, acara tersebut bertujuan untuk mengembangkan personal branding serta melatih kreativitas agar bisa mengelola kemampuan peserta menjadi nilai jual individu.

“Aku ikut acara ini karena menurutku sudah selayaknya mahasiswa tahu tentang media sosial, terutama Instagram untuk personal branding. Siapa tahu dengan ikut acara ini konten Instagramku bisa lebih menarik,” ucap Hadi, salah satu peserta workshop.

Usai ikut workshop, panitia mengajak peserta berlomba membuat Instagram magazine yang menarik. Juara pertama dimenangkan oleh kelompok tiga dan mendapatkan hadiah voucher Gramedia sebesar Rp 300.000,-. Sedangkan kelompok empat sebagai juara dua berhasil mendapatkan voucher Gramedia sebesar Rp 150.000,-.

Sebagian peserta workshop dan pengurus Kompas Corner SCU bersama Agus Hartomo.

Penulis: Kompas Corner Universitas Katolik Soegijapranata Semarang / Agatha Belva Marciana Edo

Penyunting: Kompas Corner Universitas Katolik Soegijapranata Semarang / Frisca Vyolietta Sunjoto

Fotografer: Kompas Corner Universitas Katolik Soegijapranata Semarang / Daniel Ariyanto, Gregorius Nobel