Hari Pertama sebagai Magangers Kompas Muda

0
73
Magangers Batch X berfoto bersama setelah mengikuti team building di lapangan futsal Kompas, Senin (2/7/2018). Dok. Harian Kompas

Halo, Mudaers! Kalian tahu enggak, sih Magangers Kompas Muda? Pasti tahu, kan? Nah, buat kalian yang enggak tahu atau lupa apa itu Magangers Kompas Muda. Nih, aku kasih tahu.

Magangers Kompas Muda adalah program rutin dari Kompas setiap tahunnya untuk memberikan pelatihan di bidang jurnalistik kepada anak SMA/SMK/MA selama 6 hari. Magangers Kompas muda terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian reporter, fotografer, dan desainer grafis.

Menjadi Magangers Kompas Muda itu susah-susah gampang karena kami harus melalui beberapa seleksi terlebih dahulu. Ada 2 tahap seleksi. Pertama, kami harus mengirimkan hasil karya kami berupa karya tulis, foto, desain kepada Kompas Muda dengan beberapa syarat. Tahap kedua, kami melakukan tahap wawancara sebelum akhirnya resmi terpilih menjadi Magangers Kompas Muda.

Pada hari pertama, Magangers Batch X ini memulai kegiatan dengan team building yang dilaksanakan di lapangan futsal Kompas. Kami semua berkenalan dan main games sampai basah-basahan. Kami juga memilih Ketua Kelas dan wakil Ketua Kelas Magangers Batch X. Setelah musyawarah yang cukup panjang, terpilihlah Aldrich Williams sebagai ketua kelas dan Zefanya Lintang Litani Prasetya sebagai wakil ketua kelas Magangers Batch X.

Setelah basah-basahan di lapangan, akhirnya kami semua mengganti baju dan masuk ke dalam ruangan yang bernama “Diklat Kompas“ di lantai 5 untuk mendengarkan beberapa materi yang disampaikan. Materi pertama disampaikan oleh Mas M. Bakir selaku Redaktur Pelaksana Harian Kompas. Aku ingat banget, nih. Mas Bakir ini memberitahu, kalau menjadi seorang wartawan, kami harus mempunyai pedoman “menghibur yang papa, mengingatkan yang mapan“.

Setelah itu, kami mendengarkan materi tentang kompas.id, Litbang Kompas, sampai penjelasan tentang Kompas Muda. Penjelasan materi tentang Kompas Muda ini disampaikan oleh Mas Budi Suwarna selaku Kepala Desk Kompas Muda. Mas Budi memberitahukan tentang Kompas Muda.

Menurut Mas Budi, Kompas Muda itu adalah rubrik yang didedikasikan untuk anak SMA/SMK dan mahasiswa yang umurnya di bawah 24 tahun. Dengan kata lain, Kompas Muda ini adalah temannya anak muda.

Kompas muda sudah berdiri sejak 11 tahun yang lalu. Mas Budi juga memberitahukan bahwa setelah program magang, kami bisa dilibatkan menjadi panitia, volunter, dan lain-lain.

Ya, begitulah hari pertama kami mengawali magang di Kompas Muda ini. Seruuu abis!

Evira Dwi Anyelia
Magangers Batch X – Kelompok Cakrawala