NMC 2018 : Kembangkan Jiwa Investor dan Entrepreneur Muda

0
60
Bapak Bryan David Emil Tilaar (Presiden Direktur PT Martina Berto Tbk) selaku pembicara dari Creation sedang membagikan ilmunya tentang kondisi bisnis di Indonesia

TANGERANG, KOMPAS CORNER—Di zaman yang semakin maju dan berkembang, pendongkrak dan penyokong ekonomi nasional bukan hanya mereka yang duduk dibalik meja kantor perusahaan besar. Ekonomi dapat dikembangkan mulai dari mereka yang masih duduk di bangku kuliah,lho MuDaers.

Dilansir dari artikel di Kompas.com, “UNCTAD: Dari Posisi 8, Indonesia Kini Posisi 4 Negara Tujuan Investasi”, oleh Yoga Sukmana, berdasarkan hasil survei United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), Indonesia menempati urutan ke-4 negara tujuan investasi.

Maka, sebagai masyarakat Indonesia, tidak ada salahnya belajar mengembangkan diri untuk berinvestasi, bukan?

National Management Competition, acara tahunan yang diadakan oleh Himpuan Mahasiswa Manajemen (HIMMA) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali hadir untuk membantu jiwa muda dalam mengembangkan diri dalam bidang investasi dan entrepreneur.

“Acara ini adalah acara tahunan himpunan manajemen yang diadakan setiap tahunnya. Kami ingin membekali dan mengembangkan jiwa bisnis generasi muda, terutama dalam 2 poin penting yang ingin kami tanamkan yaitu investor dan entrepreneur,” ujar Ketua Panitia acara National Management Competition 2018,Kelvin Gunadi.

Rangkaian acara NMC 2018 kali ini berupa perlombaan, bazaar, dan talkshow. “Station”, The Start of Innovation, merupakan lomba perencanan bisnis kreatif yang diadakan secara online, maksimal beranggotakan 5 orang. Dinilai dan dijurikan oleh Drs. Erie Riza Nugraha, M.M. sebagai Dosen  Entrepreneurship Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Trisakti, Jakarta. Selain itu, ada juga bazaar “Utopia” yang diadakan di Lobby B, Universitas Multimedia Nusantara mulai dari 14-17 Mei 2018.

Acara kemudian ditutup dengan acara Creation—Creative Entrepreneurial Talkshow for Youth Generation. Pembicara talkshow ini adalah Bryan David Emil Tilaar (Presiden Direktur PT Martina Berto Tbk) dan Dr. Ir. Hari Santosa Sungkari, M.H. (Deputi Infrastuktur Badan Ekonomi Kreatif RI). Materi yang disampaikan berkaitan dengan kondisi bisnis di era digital di Indonesia.

Suasana saat malam puncak acara NMC 2018, Creation, yang bertemakan gala dinner

Konsep malam puncak yang mengusung gala dinner terasa kian unik dan berbeda dari tahun sebelumnya yang mengusung konsep festival. Hal ini terlihat dari peserta dan tamu undangan yang hadir mengenakan pakaian formal. Acara juga diselingi oleh penampilan Band Bluenotes, yang menghibur dengan iringan musik selama makan malam berlangsung.Tapi MuDaers, malam puncak ini bukan hanya sekadar talkshow dan gala dinner saja, lho. Pada malam Creation ini, diumumkan juga pemenang lomba Station—The Start of Innovation.

Pemenang Juara I dengan ide bisnis “Internet bebas hambatan, konekin aja!” memenangkan Rp5.000.000,00 , Juara II “Kredibel.co.id’ memenangkan Rp3.000.000,00, dan Juara III “Salon—Salon on Reserve” memenangkan Rp2.000.000,00. Pengumuman pemenang ini sekaligus menutup rangkaian acara NMC 2018.

Penulis           : KOMPASCORNER/Winda Paramita

Dokumentasi  : KOMPASCORNER/Nathanael Pribady