A Quiet Place: Film Horror Penuh Keheningan yang Menegangkan

0
38

Sejak tayangnya mulai 3 April 2018 di Indonesia, film A Quiet Place garapan sutradara John Krasinski sukses meraih rating yang tinggi dan diminati banyak orang, khususnya pecinta film dengan genre horror-thriller.

Film ini mengisahkan kehidupan manusia pascaapokaliptik yang didatangi oleh entitas asing yang akan muncul untuk memangsa mereka jika mendengar suara, sekecil apapun itu. Oleh karena itu, mereka harus hidup dalam sunyi. Hampir seluruh percakapan dalam film ini menggunakan bahasa isyarat. Karena begitu heningnya, kalian sampai-sampai bisa mendengar suara kalian ketika mengunyah popcorn di bioskop, lho!

Tidak hanya kuat dari sisi horror yang memberikan suasana keheningan yang mencekam, film ini juga kuat dari sisi drama yang menonjolkan perjuangan satu keluarga yang saling menjaga satu sama lain dan menampilkan emosi-emosi seperti saling menyayangi, percaya, dan rela berkorban.

Menariknya, A Quiet Place hanya terdiri dari tujuh pemain, termasuk figuran. Bisa MuDaers bayangkan, bukan, bagaimana sepi dan heningnya film ini? John Krasinski sebagai sutradara juga sekaligus memerankan Lee Abbott sebagai sosok ayah dalam keluarga tersebut dan Emily Blunt sebagai ibu. Mereka tentu saja berhasil membangun chemistry yang kuat karena mereka adalah pasangan suami-istri di kehidupan nyata.

Berbeda dari kebanyakan film horror biasanya, A Quiet Place tidak berfokus pada hantu ataupun makhluk asing yang menyeramkan. Krasinski lebih memfokuskan film ini pada keluarga yang harus bertahan dari serangan entitas asing tersebut. Namun, ia berhasil membungkus hal itu dengan suasana horror dengan keheningan menegangkan dan beberapa adegan jump-scare. Tak heran, film ini dikatakan sebagai film horror yang cerdas, tidak hanya menceritakan kisah hantu-hantu seperti film horror pada umumnya.

Penasaran dengan film A Quiet Place ini, MuDaers? Kalian masih dapat menontonnya di bioskop terdekat dan rasakan sensasi keheningan yang menegangkan.

 

Penulis: Kompas Corner /  Verren Christy

Photographer: Kompas Corner / Verren Christy