Kopi, Salah Satu Minuman Sehat

0
157

Kopi telah menjadi salah satu minuman terpopuler di dunia. Banyak orang minum kopi karena merasa kopi membuat mereka lebih bersemangat dan menjadikan kopi sebagai salah satu bagian dari hidup mereka. Akan tetapi, ada juga orang-orang yang menghindari kopi karena menganggap kopi tidak baik untuk kesehatan. Padahal, kopi sebenarnya merupakan minuman yang sehat karena mengandung banyak antioksidan dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko yang lebih rendah dalam menderita beberapa penyakit serius.

Berikut adalah 5 bukti kopi sebagai salah satu minuman sehat:

  • Menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang disebabkan karena insulin yang diproduksi dalam tubuh tidak dapat digunakan dengan baik. Penyakit ini telah menjadi salah satu penyakit serius yang telah menimpa lebih dari tiga ratus juta orang di dunia. Sebuah laporan pada Januari 2012 dalam ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 karena mengandung efek senyawa yang menghalangi rangkaian protein abnormal yang membuat insulin tidak dapat digunakan dengan baik oleh tubuh.

  • Mencegah depresi dan membuat peminumnya merasa senang

Menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine”, perempuan yang minum kopi dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 15% lebih kecil untuk mengalami depresi. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi juga dapat meningkatkan rasa senang bagi peminumnya.

  • Membantu membakar lemak

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 3-11 persen. Hal ini mempengaruhi pembakaran lemak. Penelitian lain menunjukkan bahwa kafein secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang mengalami obesitas dan 29 persen pada orang normal.

  • Meningkatkan memori

Dalam acara Radiological Society of North America, sebuah studi tahun 2005 membuktikan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Di tahun 2007, sebuah penelitian kembali menunjukkan adanya performa yang lebih baik dalam tes memori yang dilakukan oleh peminum kopi dibanding performa orang yang tidak meminum kopi.

  • Menurunkan resiko kanker

Kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak terkontrol. Meminum kopi dapat menurunkan resiko kanker, terutama kanker payudara dan kanker hati. Sebuah studi di Swedia pada tahun 2008 menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi resiko kanker payudara dan menurunkan sebanyak 40 persen resiko terkena kanker hati.

Terbukti, bahwa kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan cocok dikategorikan sebagai salah satu minuman tersehat. Akan tetapi, hal ini hanya berlaku apabila kopi dikonsumsi dengan pembatasan krim dan gula serta dalam batas wajar yaitu maksimal dua sampai tiga kali sehari, seperti yang dikutip dalam jurnal PLOS ONE, NCBI, Nature, dan NRC Research.

Penulis: Kompas Corner/Verren Christy

Editor: Kompas Corner/Verren Christy

Fotografer: Kompas Corner/Verren Christy