5 Tren Kuliner Kekinian di Indonesia Tahun 2017

0
34
Ilustrasi salah satu makanan kekinian di tahun 2017.

Setiap tahun selalu ada saja sesuatu yang tak disangka-sangka akan menjadi suatu tren di masyarakat tak terkecuali di bidang kuliner. Tahun 2017 ini kita disuguhkan dengan berbagai jenis makanan dan minuman yang beragam jenis dan bentuknya dan terkadang bahkan kelihatan nyleneh. Padahal, mungkin saja bahkan pelopornya tak punya niat untuk menciptakan tren karena sekedar bereksperimen menambahkan hal baru pada hal yang sudah ada atau ingin membedakan diri dengan para pesaingnya dalam berbisnis. Tapi yang terjadi kemudian, mereka mungkin menggeleng tak percaya kalau kreasi mereka suatu saat akan menjadi suatu demam di masyarakat.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut disajikan 5 tren kuliner kekinian ala ‘kids jaman now’ yang populer di tahun 2017 :

  1. Oleh-Oleh Kue ‘Artis’

Kue artis sebenarnya merupakan istilah yang dipakai pengguna sosial media yang merujuk pada kue yang dijual oleh para artis dengan menggunakan popularitasnya sebagai alat utama untuk menarik konsumen. Kesan eksklusif juga sengaja dihadirkan dengan pemasaran yang terpusat di satu kota selain untuk memicu orang-orang datang untuk membelinya juga untuk menciptakan kesan bahwa produk mereka adalah oleh-oleh ‘khas’ dan yang wajib dibeli meskipun makanan tersebut bukan makanan asal khas daerah tersebut.

  1. Es Kopi Susu

Minuman sederhana berbasis kopi yang ditambahkan susu ini sebenarnya merupakan minuman yang umum ditemukan di warung kopi pinggir jalan dan harganya juga ramah kantong. Namun berkat kunjungan Presiden Joko Widodo di sebuah kedai kopi di Jakarta dan ia mengabadikannya di media sosial, es kopi susu ‘naik kelas’ menjadi minuman kekinian di tahun 2017. Hal ini memunculkan fenomena banyaknya kedai kopi yang menjual minuman serupa.

  1. Makanan dengan topping keju.

Salah satu tren yang paling hits di tahun 2017 di jagat kuliner Indonesia, makanan dengan topping menggunakan keju. Dari makanan hingga minuman tak luput dari siraman susu sapi yang difermentasikan ini seperti ayam geprek dengan keju, kue dengan bahan dasar keju hingga minuman teh dengan krim keju.

  1. Minuman Mangga Kekinian.

Minuman yang ditempatkan di gelas plastik besar yang kemudian diisi dengan jus mangga, whipped cream, potongan buah mangga dan es serut rasa mangga ini sukses membuat orang rela untuk mengantri selama berjam-jam. Apakah kamu salah satu dari orang tersebut?

  1. Banana Nugget

Pisang yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai nugget, dibalur tepung roti, dan kemudian digoreng. Setelah itu tak luput dihias dengan berbagai macam topping dan selai ini merupakan makanan yang paling populer di akhir tahun 2017 ini.

Bagaimana, MuDAers? Apakah kalian sudah pernah mencicipi semua makanan diatas atau bahkan mungkin kalian merupakan penciptanya?

Penulis : Kompas Corner/Nico Wiranito

Ilustrasi : Kompas Corner/Vanessa Ardelia