Enam Pekerjaan yang Hanya Ditemukan di Indonesia

0
25
Kompas/Ingki Rinaldi

Pekerjaan merupakan hal wajib yang harus dimiliki setiap orang saat mencapai umur layak kerja atau yang biasanya disebut “usia produktif”. Profesi seperti dokter, arsitek, guru, atau polisi pun sudah menjadi pilihan favorit kebanyakan orang. Namun di tengah persaingan ekonomi yang semakin hari kian sengit, muncul beberapa pekerjaan unik dari ide-ide kreatif masyarakat Indonesia untuk dapat terus menyambung hidupnya. Berikut ini adalah enam pekerjaan yang hanya bisa kita temukan di Indonesia.

  1. Penjual Jamu gendong

Jamu adalah minuman otentik tradisional Indonesia. Maka dari itu, pastinya penjual jamu keliling hanya ada di Indonesia. Baju tradisional yang khas, ditambah botol-botol berisikan ramuan rempah asli yang mereka pikul menjadikan ‘Mpok’ penjual jamu gendong sangat mendefinisikan ‘Indonesia’.

  1. Tukang tambal ban

Di Indonesia, ban kendaraan yang bocor bukanlah sekadar sebuah masalah besar. Mungkin iya bagi pengedaranya, tetapi bagi beberapa orang hal ini merupakan sebuah ladang rezeki. Tidak perlu repot-repot ke bengkel, cukup tambal ban anda yang bocor di tukang tambal ban terdekat! Beres deh!

  1. Manusia Patung

Jika anda sering jalan-jalan ke Kota Tua, pastinya tidak asing lagi dengan yang satu ini. Pura-pura menjadi patung memang bukan hal yang mudah, hal tersebut menjadikan pekerjaan ini memiliki nilai jual dan estetikanya sendiri.

  1. Ojek Payung

Ojek payung datang bak pahlawan saat kita tidak “sedia payung sebelum hujan”. Tidak sama seperti ojek-ojek lainnya, ojek payung tidak memasang tarif tetap untuk jasanya tersebut. Dengan bayaran seikhlasnya, mereka siap untuk menjaga kita tetap kering dan terlindungi dari guyuran hujan. Kita masih dapat menemukan mereka di pusat-pusat perbelanjaan atau di sekitar kawasan wisata yang ramai pengunjung, terlebih lagi ketika musim penghujan.

  1. Jasa “Permak” Pakaian Keliling

Beginilah mudahnya jika anda ingin menjahit yang robek, mengubah ukuran pinggang, atau mengganti ritsleting celana anda. Sesuai namanya, jasa “permak” pakaian keliling atau yang kerap dikenal dengan sebutan ‘Permak Levis’  ini akan berkeliling menggunakan sepeda untuk menawarkan jasanya terbebut. Kita hanya tinggal duduk manis dan melakukan aktivitas seperti biasanya, sembari menunggu Permak Levis menyulap pakaian kita sehingga berubah menjadi sesuai dengan keinginan.

  1. Tukang Parkir

Mungkin dari semua profesi unik yang ada di Indonesia, tukang parkir merupakan sosok yang paling sering kita temui. Walaupun tukang parkir hanya mendapat ribuan Rupiah dari setiap kendaraan, namun jumlah kendaraan bermotor yang sudah menembus angka jutaan di Indonesia membuat pekerjaan ini menjadi lahan subur untuk merogoh keuntungan.

Itu tadi ulasan enam dari banyak pekerjaan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Pekerjaan mana yang paling sering anda temui?

 

 

Penulis: Clara Tania

Editor: Edwin