POLISI YANG RELA BERKORBAN

0
201
Seorang polisi bersukacita bertemu dengan keluarganya setelah pulang dari tugas. (Arsip Febriantah)

Polisi adalah sahabat kita, yang merupakan penegak hukum bagi negara. Mereka bertugas mengayomi dan mengamankan masyarakat. Dalam bertugas, tidak  membedakan masyarakat, baik itu kaya maupun masyarakat yang miskin. Polisi sangat bijaksana terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran hukum seperti melanggar lalu lintas, pengedaran narkoba dan lain-lain. Polisi bukan hanya mengamankan di lingkungan masyarakat saja, bahkan polisi juga mengamankan negara. Contohnya, membasmi terorisme.

Polisi adalah sahabat masyarakat, polisi harus dijadikan motivasi untuk masyarakat karena polisi dilingkungan masyarakat sangat bekerja keras, kita selamanya harus menjadikan polisi sebagai motivasi karena polisi mempunyai semangat juang yang tinggi. Khususnya untuk para remaja karena polisi mempunyai semangat juang yang tinggi itu sangat cocok dengan jiwa para pemuda sekarang. Jiwa seorang pemuda sama dengan jiwa seorang polisi. Polisi juga sangat berjasa bagi seluruh masyarakat setempat.

Polisi merupakan aparat negara yang mempunyai tugas utama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Indonesia. Keberadaan kepolisian secara konstitusi diatur dalam pasal 30 ayat (4) UUD 1945 didalamnya dinyatakan “ Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta menegakkan hukum”.

Polisi sangat terlihat berwibawa dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya baik dengan menggunakan seragam kebanggaan ataupun tidak karena pada dasarnya mereka mempunyai peranan dalam negara dan juga masyarakat sebagai penegak hukum yang adil kepada semua orang. Oleh karena itu, dalam suatu negara sangat memerlukan adanya polisi untuk dapat mewujudkan keamanan dan keadilan terhadap masyarakat sebagaimana tugas dan kewajiban mereka sebagai aparat negara untuk melindungi bangsa dan masyarakat dari berbagai ancaman yang dapat membahayakan jiwa.

Polisi selalu ada apabila masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Dan sesuai dengan tugas pokok polisi mengayomi dan melayani masyarakat yang dituntut selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Polisi melaksanakan patroli ke toko untuk mengecek minuman atau bahan makanan yang sudah kadaluarsa karena sangat membahayakan bagi para pembeli jangan sampai keracunan. Masyarakat berterima kasih kepada pihak polisi karena mereka sudah mengamankan minuman dan makanan yang membahayakan. Polisi selalu ada bila masyarakat mengalami kesusahan atau masalah.

Polisi selalu ada apabila masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Polisi memiliki sifat manusiawi, rela mengorbankan kehidupan pribadi demi masyarakat. Mereka rela tidak melihat langkah pertama anaknya demi melaksanakan tugasnya. Bahkan, ada polisi yang rela tidak melihat proses kelahiran anaknya demi mengayomi masyarakat dengan baik. Selama 24 jam, mereka harus siap menerima setiap panggilan tugas dalam situasi apapun, bahkan di malam hari.

Polisi dan masyarakat saling membutuhkan, karena polisi dan masyarakat adalah satu kesatuan. Polisi membutuhkan masyarakat untuk melaksanakan tugas polisi dengan baik dan benar. Masyarakat juga sangat membutuhkan adanya polisi karena polisi dapat membantu masalah di lingkungan masyarakat. Misalnya saja, ancaman pengeboman dilingkungan sekitar masyarakat, polisi selalu membantu masyarakat dan terutama polisi akan menolong dan mengutamakan keselamatan seluruh masyarakat sekitar. Oleh karena itu, polisi dan masyarakat saling membutuhkan untuk menjadi satu kesatuan.

Jadi, polisi sebenarnya adalah sahabat masyarakat, yang sangat memotivasi seluruh masyarakat. Ayo kita bersahabat dengan polisi dan polisi adalah sahabat masyarakat. Ayo, kita adalah sahabat polisi. Saya pun membayangkan suatu saat bisa memakai seragam polisi dan bertugas sebagai aparat negara.

Penulis:
Febriantah
SMA Yayasan Kemala Bhayangkari, Lampung Utara