Perbedaan Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN

0
18556
Perbedaan Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN

Apa saja perbedaan bidik misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN? Apakah ada perbedaan dari seleksi tersebut? Nah, untuk mengetahui informasi ini, dapatkan selengkapnya dibawah ini.

Untuk siswa kelas 12 SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tentu akan sangat familiar dengan SNMPTN, Bidik Misi, PMDK, dan SMBPTN. Keempat hal tersebut adalah jalur masuk ke perguruan tinggi tujuan serta beasiswa yang bisa diambil selama menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tertentu. Meskipun demikian, bagi sebagian siswa, mungkin masih bertanya-tanya apa perbedaan dari jalur-jalur masuk perguruan tinggi tersebut. Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, smbptn.

Inilah Perbedaan Bidik Misi, SNMPTN, PMDK, dan SMBPTN

Bidik misi merupakan bantuan berupa biaya pendidikan dari pemerintah. Beasiswa pendidikan yang satu ini berfokus untuk siswa berprestasi ataupun siswa yang kurang mampu namun memiliki prestasi dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini karena tujuan beasiswa Bidik Misi adalah memutus rantai kemiskinan yang menjadi penghalang siswa untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi. Biasanya penyelenggaraan beasiswa Bidik Misi lebih dahulu dibandingkan dengan ujian penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, beasiswa Bidik Misi memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa yakni mahasiswa tersebut berkemauan untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi pilihan.

Adapun SNMPTN atau Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri merupakan kegiatan seleksi mahasiswa baru yang diselenggarakan secara serempak oleh perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Meskipun demikian, program SNMPTN ditujukan untuk mereka yang memiliki prestasi di bidang akademik selama SMA sederajat.

Untuk PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan adalah jalur masuk yang diselenggarakan oleh masing-masing universitas ataupun institute tertentu untuk menyaring mahasiswa yang memiliki bakat serta kemampuan akademik unggul dibandingkan calon mahasiswa biasa. Jalur masuk PMDK tidak hanya memandang variable nilai akademik yang dimiliki calon mahasiswa, namun bakat yang dimilikinya. Adapun waktu penyelenggaraan PMDK tergantung jadwal yang disusun oleh universitas atau institute. Hal yang harus diketahui dari PMDK adalah bahwa tidak semua universitas menggunakan PMDK sebagai jalur masuk ke perguruan tinggi tersebut. Jadi untuk calon mahasiswa yang ingin masuk dengan jalur PMDK, sangat disarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai apakah universitas atau institute yang dituju menawarkan jalur masuk PMDK.

Sedangkan untuk SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi masuk universitas yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi negeri secara serempak yang dikoordinasi oleh Panitia Pusat. Adapun hal yang membedakan antara SNMPTN dan SBMPTN adalah bahwa kelulusan calon mahasiswa jalur SBMPTN ditentukan oleh hasil ujian tertulis selama proses SBMPTN berlangsung. Dengan kata lain, nilai-nilai yang didapatkan ketika SMA sederajat bukan menjadi acuan kelulusan. Itulah informasi yang harus diketahui mengenai perbedaan bidik misi, snmptn, pmdk, smbptn. SNMPTN, PMDK, dan SBMPTN adalah jalur masuknya sedangkan Bidik Misi merupakan jenis beasiswa yang bisa didapatkan ketika calon mahasiswa berhasil lulus dari ketiga jalur tersebut.

Jangan ketinggilan mengetahui dan mendapatkan informasi dari pengumuman sbmptn.