Chlorofeel “Peduli Diri, Peduli Bumi”

0
1138

JAKARTA, KOMPAS CORNER  –  Sebanyak 39 mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) mengadakan acara bertajuk Chlorofeel dengan senam bersama dan penukaran botol kemasan dengan bibit tanaman secara gratis pada Sabtu (29/05) di Dukuh Atas 1 area Car Free Day Sudirman, Jakarta. Adanya rasa kekhawatiran dan keprihatinan mereka terhadap kondisi bumi yang kian menua membuat mereka mengusung kegiatan Chlorofeel. Esensi utama dari kegiatan ini ialah mengajak anak muda untuk kembali peduli terhadap diri dan lingkungan.

Antusiasme para pengunjung Car Free Day terpancar jelas melalui kontribusi yang diberikan. Anak kecil hingga orang tua menukarkan botol kemasan mereka, yang secara tidak langsung merupakan tanda bahwa mereka peduli dengan lingkungan. Tak hanya aksi menukar botol kemasan yang mendapat antusiasme tinggi, senam bersama pun tak kalah saing ramainya.

“Kita bisa melakukan hal kecil untuk menjaga lingkungan seperti menggunakan botol minum tumblr daripada menggunakan botol kemasan yang bisa terurai dalam jangka waktu ribuan tahun,” ujar Afdhal, salah satu pengunjung Car Free Day. Ia juga mengatakan bahwa revolusi mental juga dapat dilakukan dengan hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Panitia Chlorofeel sendiri telah menyediakan sebanyak 20 tanaman untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat sekitar yang peduli terhadap bumi. Tidak hanya tanaman, botol minum dan handuk kecil juga menjadi hadiah bagi para penukar botol kemasan.

Masyarakat dapat menukarkan botol plastik dengan tanaman sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi bumi.
Masyarakat dapat menukarkan botol plastik dengan tanaman sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi bumi.

“Kami sudah menyerahkan 20 tanaman kepada mereka yang tertarik untuk melestarikan lingkungan. 5 tanaman juga kami serahkan dengan undian melalui senam bersama,” ujar Miko selaku Ketua Acara Chlorofeel.

Menurunnya tingkat kepedulian anak muda terhadap diri dan bumi menjadi alasan utama Chlorofeel untuk merangkai dua tema tersebut ke dalam satu acara. Chlorofeel pada dasarnya ingin menyadarkan masyarakat, terutama anak muda, bahwa sejatinya bumi dan manusia saling membutuhkan satu sama lain.

Chlorofeel sendiri merupakan salah satu kegiatan dari mata kuliah Corporate Social Responsibility di UMN. Pengangkatan isu sosial yang kerap terjadi dewasa ini tak lain bertujuan untuk mengingatkan sesama akan pentingnya lingkungan serta kesehatan diri.

 

Penulis : Panitia Chlorofeel

Editor : Editorial Kompas Corner UMN