Perlombaan Unik Menyambut 17 Agustus

0
94
Jalanan yang telah dihiasi umbul-umbul merah putih untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Tak terasa, sebentar lagi Indonesia akan berulang tahun yang ke-73. Perubahan suasana menjelang 17 Agustus-an pun mulai terasa. Penjual umbul-umbul dan bendera merah putih mulai ramai memenuhi tepian jalan. Sebagian bahkan berdagang keliling dari kompleks ke kompleks. Warga sekitar juga mulai mendekorasi rumah dan lingkungan sekelilingnya dengan hiasan berbau merah-putih.

Salah satu hal yang selalu ada menjelang 17 Agustus adalah perayaan berupa lomba-lomba yang dimainkan, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Perlombaan yang paling sering dimainkan biasanya adalah lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang, lomba balap karung, dan lain-lain. Namun, ada beberapa daerah yang memiliki perlombaan unik dalam memeriahkan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Lomba Tangkap Bebek

Menangkap bebek di air bukanlah hal yang mudah, lho, MuDaers. Hal ini membuat lomba tangkap bebek menjadi unik dan cukup menantang. Lomba tangkap bebek adalah perlombaan yang umumnya diikuti oleh bapak-bapak pada saat 17-an. Biasanya, lomba ini digelar di Bali dan beberapa kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Ngampang, dan Ngawi.

2. Lomba Merangkak Sambil Ngedot

Perlombaan unik ini biasanya digelar di Sulawesi. Kali ini, bukan bayi dan anak kecil yang merangkak dan ngedot seperti pada umumnya, melainkan orang tua. Melihat perlombaan ini saja sepertinya sudah sangat menghibur warga sekitar.

3. Lomba Sampan Layar

Setiap 17 Agustus, Batam selalu mengadakan lomba sampan layar. Lomba ini dapat dikatakan menarik perhatian dan antusias warga, dilihat dari banyaknya penonton, baik dari tepi laut sampai pelataran pelabuhan yang menyoraki sampan dengan layar warna-warni yang sedang beradu kecepatan di atas laut.

4. Lomba Pacu Kude

Lomba pacu kude adalah salah satu lomba khas 17an yang paling dinanti-nanti oleh warga Takengon, Aceh Tengah. Lomba pacu kude tidak seperti lomba pacuan kuda pada umumnya yang memerlukan peralatan seperti pelana dan pelindung tubuh khusus. Hal ini bermaksud agar lomba pacu kude terkesan lebih tradisional.

Nah, MuDaers, bagaimana dengan daerah kalian? Apakah kalian memiliki perlombaan khas 17 Agustus yang unik?