Belajar Dari Tahun 2020

0
165

Halo sobat Muda! Di tahun 2020 ini banyak sekali ya hal yang terjadi, mulai dari banjir yang menerjang di awal tahun sampai dengan pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih terus berdampingan dengan kita. Banyak yang mengira tahun ini adalah tahun yang sangat buruk dan merupakan tahun musibah untuk setiap orang, angka kematian yang meningkat, ekonomi setiap orang menurun drastis, dan banyak hal yang tidak kita sangka terjadi.

Tetapi ini bukan berarti akhir dari segala sesuatu hal yang kita lakukan selama ini. Ini juga bukan menjadi faktor utama untuk kita menyerah dan tidak melanjutkan apa yang kita impikan. Banyak juga kabar baik yang terjadi di tahun 2020 ini, tidak semua hal di tahun 2020 ini buruk. Mungkin untuk beberapa orang tahun ini adalah tahun yang sangat berkesan walaupun harus berhadapan dengan pandemi ini.

Banyak penantian yang gagal untuk datang, rencana-rencana yang juga gagal untuk dilaksanakan membuat banyak orang kecewa di tahun ini. Tetapi walaupun semua yang kita nanti dan semua yang kita rencanakan itu gagal di tahun 2020 ini, kita tidak boleh menyerah ya sobat Muda! Karena setiap kejadian pasti ada nilai yang akan kita dapat dan kita pelajari.

Penuh kejutan

Yap! 2020 ini adalah tahun yang penuh dengan kejutan, penulis belajar banyak tentang hal ini bahwa semua yang kita tidak duga merupakan suatu kejutan yang bisa kita ambil dan kita pelajari untuk kehidupan kita kedepannya. Banyak yang datang dan juga banyak yang pergi, membuat kita belajar tentang bagaimana kita harus merelakan setiap orang yang pergi meninggalkan kita dan anggap itu sebuah pelajaran.

Tahun 2020 ini adalah tahun dimana kita banyak belajar tentang bagaimana kita harus mencintai diri kita sendiri, yap! Cintai diri kita sendiri adalah hal yang penting dan berguna untuk kita di sekarang ini dan di masa depan nanti, karena mencintai diri sendiri adalah sebuah kunci juga untuk kita bisa lebih menghargai orang lain.

Mungkin bagi sebagian orang kejutan sangatlah menyenangkan dan sangat berkesan, namun bagi kebanyakan orang kejutan 2020 ini sangat mengecewakan. Banyak air mata yang berjatuhan dan kesedihan yang melanda sebagian orang membuat banyak orang tidak bisa menikmati indahnya tahun 2020.

Walaupun tahun 2020 tidak seperti tahun sebelumnya, penulis yakin dan percaya masih banyak hal baik yang menanti di hidup kalian.

Tahun perubahan

Banyak yang berubah di tahun 2020, sangat jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Perekonomian yang sangat jatuh membuat orang yang boros menjadi hemat. Resiko bila tidak menjaga kebersihan membuat orang yang tidak suka dengan kebersihan belajar menjadi orang yang bersih dan sehat. Orang yang tidak dekat dengan keluarganya menjadi lebih dekat dengan keluarga mereka, dan masih banyak hal yang lainnya.

Hal diatas adalah contoh bahwa banyak orang yang berubah menjadi lebih baik dan belajar akan suatu hal baru yang belum pernah mereka lakukan. Banyak orang yang sebelumnya tidak menghargai orang di sekitarnya berubah menjadi orang yang lebih bisa menghargai orang di sekitar mereka.

Hidup hanya sekali, kita harus mengerti lebih lagi tentang waktu yang Tuhan berikan untuk kita dan bagaimana caranya untuk menghargai waktu. Perubahan yang tidak kita duga akan terus datang, bukan hanya di tahun 2020 saja, tetapi di tahun berikutnya yang akan kita hadapi nantinya.

Penulis belajar banyak hal dari tahun 2020 ini, bukan hanya tentang bagaimana produktif walaupun dirumah saja, tetapi belajar juga bahwa kita harus terus bersyukur dan menghargai waktu dan bersyukur. Penulis belajar bahwa setiap proses yang pahit maka hasilnya akan manis, karena tidak ada proses yang instant dan cepat.

Di beberapa hari menuju tahun 2021 ini kita harus belajar bersyukur akan segala hal yang terjadi di tahun 2020 ini. Yap! Bersyukur adalah kunci untuk terus menjalani tahun 2020 ini. Penulis percaya bahwa “hal indah butuh waktu untuk datang”seperti lirik lagu dari Idgitaf yang sangat indah dan membuat penulis belajar bahwa tahun ini bukanlah tahun seperti mimpi buruk, tetapi tahun ini adalah sebuah proses untuk kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Semoga di hari menuju akhir tahun 2020 ini kalian bisa belajar banyak dan mengetahui bagaimana caranya untuk lebih menghargai hidup dan semua yang ada ya sobat Muda! Tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya sobat Muda!

Aldeitra Tanu Putri, mahasiswi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jurusan Hospitality Pariwisata