Hukum Archimedes dalam Pandemi Covid-19

0
1537

Bunyi dalam hukum Archimedes mengatakan bahwa “Suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya apung yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkan oleh benda tersebut”.

Berdasarkan hukum Archimedes, benda yang dimasukkan kedalam cairan sebagian atau seluruhnya akan mendapatkan gaya angkat setara dengan berat cairan yang dipindahkan maka, gaya angkat akan semakin besar bila volume cairan semakin besar pula. Dengan memiliki besar yang seimbang antara gaya angkat dan volume cairan benda akan mengapung.

Keseimbangan sangat diperlukan untuk membuat benda menjadi mengapung. Sama dengan pentingnya keseimbangan dalam kehidupan. Keseimbangan dalam menjalankan hak dan kewajiban sebagai manusia.

Apa keseimbangan pada masyarakat ditengah pandemi?

Saat ini berbagai negara sedang sibuk menangani virus Covid-19 yang memakan banyak korban jiwa. Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berjuang melawan virus ini. Dengan melawan virus saat ini, pemerintah membutuhkan dukungan dari masyarakat untuk patuh #dirumahaja.

Selain dengan #dirumahaja masyarakat juga harus mematuhi peraturan PSBB yang sudah dibuat. Dengan seperti itu kita dapat membantu pemerintah dalam menangani virus yang sedang melanda. Hak masyarakat dalam kondisi saat ini adalah mendapatkan perlindungan yang layak dari pemerintah dan kewajiban masyarakat dalam kondisi ini adalah mematuhi apa yang sudah diberitahu.

Menurut hukum Archimedes keseimbangan sangat penting dalam melakukan suatu percobaan, tentu dalam kehidupan keseimbangan juga sangat berperan penting. Contoh keseimbangan dalam hukum Archimedes adalah kapal laut yang dapat mengapung saat berlayar yang karena keseimbangan massa jenis kapal lebih kecil daripada massa jenis air laut. Keseimbangan pada kapal laut sangat penting dalam melakukan perjalanannya. Sama dengannya keseimbangan hak dan kewajiban manusia pada saat ini.

Pasti udah pada bosan kan #dirumahaja ?
Mari kita bantu pemerintah dengan menjalankan Kewajiban kita sebagai masyarakat yang baik. Dengan melakukan Kewajiban, kita akan mendapatkan hak kita sebagai masyarakat.

Tetap #dirumahaja !! Semoga Indonesia cepat pulih 🙂🙂🙂

Foto Dokumentasi Oleh Efata kristiani putri

Efata Kristiani Putri, mahasiswi  Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta