Wayang Kulit berdasarkan pola mata Implies dan peran karakter

0
3771
Wayang Kullit Pattern – Salah satu warisan budaya yang masih tetap dipertahankan oleh masyarakat Indonesia adalah Wayang Kulit. Wayang tradisional ini memiliki bentuk tipis dan terbuat dari kulit sapi. Wayang Kulit memiliki berbagai bentuk dan pola. Pola Wayang Kulit juga menunjukkan keanehan yang membuat wayang tradisional ini terlihat lebih artistik dan indah. Wayang Kulit pola juga dapat dilihat dari bentuk mata. Di sini, Indonesia.travel Filipina akan membahas asli Wayang Kulit Yogyakarta yang memiliki berbagai mata.
Wayang Kulit berdasarkan pola mata Implies dan peran karakter
Wayang Kulit berdasarkan pola mata Implies dan peran karakter
Yang pertama adalah mata Liyepan yang memiliki bentuk seperti benih padi dan iniumumnya digunakan dalam merancang Wayang Kulit yang memiliki postur tubuh yang kecil. Mata ini menunjukkan kebijaksanaan dan kebaikan.
Yang kedua adalah mata Kedelen yang menunjukkan karakter seorang perwira, keberanian dan tangkas. Mata dirancang untuk tubuh-sedang wayang dan mata memiliki bentuk seperti benih kedelai.
Pola Wayang Kulit ketiga memiliki mata Peten di mana mata ini memiliki bentuk seperti Pete kacang dan desain wayang tubuh sedang. Mata peten ini menunjukkan sikap buruk, licik dan curang.
Yang keempat adalah Thelengan mata yang telah bulat berbentuk mata yang menunjukkan sikap yang baik, gesit, ulet, selalu membela kebenaran. Wayang kulit peranini memiliki sikap keras dan kuat atau juga dikenal sebagai “Singset”
Pola Wayang Kulit kelima dilihat dari mata Plelengan nya. Mata ini memiliki penuh bulat bentuk mata yang mirip dengan mata Thelengan tetapi lebih besar dan disesuaikan dengan wajah boneka. Mata ini berwarna dengan aksen hitam seolaholah itumulai sesuatu. Peran wayang dengan mata yang besar memiliki postur yang besar dan memiliki wajah yang serakah, kejam dan marah.
Keenam adalah mata Kiyer yang berbentuk seperti sebuah sabit, dan ia juga menunjukkan sikap yang buruk di mana peran wayang ini tidak dapat dipercaya dan licik.
Mereka adalah enam jenis Wayang Kulit yang dilihat dari bentuk mata. Setiap matamenunjukkan karakter tertentu dan postur. Entah bagaimana, Anda tidak bisa membedakan Wayang kulit dari pola-pola yang karena Wayang Kulit tampak seperti yang sama jika hal ini terlihat dalam sekilas. Apakah Anda ingin melihat semua orang jenis Wayang Kulit? Jika Anda ingin melihat begitu banyak berbagai Wayang Kulit, maka Anda dapat datang ke Yogyakarta sebagai salah satu kota yang menghasilkan banyak Wayang. Anda juga dapat membeli beberapa boneka tradisional sebagai souvenir.