Mahasiswa? Hindari 3 Hal Ini Pada Awal Bulan!

0
800

Awal bulan adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh para mahasiswa karena ‘gaji’ mereka alias uang bulanan telah ditransfer oleh para orangtua mereka. Uang bulanan yang telah sampai di rekening ATM adalah sebuah kebahagiaan untuk diri sendiri, namun nampaknya kebahagian itu tidak bisa berangsur lama karena ada saja masalah yang membuat kita tidak bisa mengatur keuangan pada awal bulan.

Percayalah, setiap kalian memegang uang bulanan tiap bulan, kalian harus benar-benar pintar bagaimana mengatur uang transferan dan uang tersebut cukup untuk kehidupan kalian selama 1 bulan kedepan. Boleh sih senang-senang pas awal bulan karena uang bulanan udah turun, tapi coba deh hindari 5 masalah pada awal bulan seperti ini:

Bayar Sewa Kostan / Apartemen Jangan Dibikin Ngaret!

Awal bulan biasa nyapara orangtua mengirimkan uang jajan bulanan dan dijadikan satu dengan uang bayaran sewa kostan ataupun sewa apartemen untuk para anaknya. Bagi kalian yang memang tiap bulan menerima uang bayaran untuk tempat hunian kalian dan selama masih tinggal ditempat tersebut sampai lulus, jangan pernah untuk memakai atau menunda  pembayarannya.

Bila kalian memakai uang bayaran tersebut dan ternyata nunggak, siap-siap ditendang aja oleh yang punya tempat tersebut atau bisa aja ternyata kalian nggak nunggak tapi bulan depannya kalian malah bingung untuk menutupi biaya bayar sewa kostan ataupun sewa apartemen tersebut karena uang kalian tidak mencukupi.  Bahaya deh pokoknya!

Makan-Makan di Tempat Mewah Pas Awal Bulan? Jangan Keseringan!

Tanpa kita sadari, pas awal bulan ini memberikan kesan tersendiri pada diri kita sendiri bahwa kita itu “like a boss”, padahal mah kita cuman mahasiswa yang tiap bulan senang-senang diawal lalu tersiksa diakhir. Hiks.

Pada awal bulan ini biasanya banyak teman yang ngajakin ke tempat makan yang mewah, nge-hits, gaul dan trendy dan kita ikut aja karena bisikan teman yang seperti ini, “Yaelah, awal bulan nih! Uang bulanan lo udah turun kan? Nyantai aja!”. Hati-hati aja sih, terkadang sekali kalian makan di tempat makan mewah tersebut  sama aja kayak beli makanan selama 1-2 hari untuk kedepannya.

Beli Apa yang Dibutuhkan

Terkadang pada saat awal bulan tuh membuat kita ingin beli apa saja yang kita inginkan, ntah itu sesuatu yang kita butuhkan ataupun tidak dan tanpa kita sadari juga kita membeli hal tersebut karena wishlist yang belum tercapai ataupun sudah direncakan sebelumnya.

Bukan menjadi masalah bila kalian membelikan sesuatu yang sudah direncanakan dan menjadi wishlist, namun berpikirlah lebih matang lagi. Apakah ada keperluan yang sangat penting dan sangat mendesak untuk dibeli atau tidak, uang kalian akan tersisa untuk beberapa hari kedepan atau tidak, serta apakah yang kalian beli itu ternyata harus membuat kalian sampai melakukan program diet, ngutang sana-sini ataupun tidak bisa membeli kebutuhan  mahasiswa pada umumnya.

Hindari 3 hal diatas demi kebaikan kalian para mahasiwa yang menerima uang bulanan, jangan sampai uang yang kalian terima dari transferan orangtua kalian tidak mencukupi karena ulah kalian sendiri ya!