Kenali Lebih Jauh 4 Jenis Alat Bantu Jalan Ini!

0
3955

Bisa bergerak dengan bebas menggunakan kaki sendiri adalah suatu berkah yang kadang kala dilupakan oleh banyak orang. Baru ketika terjadi sesuatu pada kaki sehingga tidak bisa berjalan, barulah orang-orang mengerti betapa pentingnya kaki bagi diri. Itulah sebabnya ketika terjadi kecelakaan atau penyakit yang menyerang kaki dan membuat mobilitas terhambat, alat bantu jalan diperlukan. Anda bisa menemukan tempat jual alat kesehatan ini di Medtek.

Alat bantu jalan merupakan digunakan demi meringankan resiko cedera lebih parah ketika kaki mengalami gangguan. Selain itu, alat ini juga berguna untuk membantu lansia yang fungsi ototnya telah menurun, sehingga tak lagi bisa berjalan dengan normal. Karena banyaknya penyebab dan variasi inilah, maka ketika Anda melihat di Medtek atau tempat-tempat lain yang jual alat medis, Anda akan menemukan banyak variasi.

Berbagai alat bantu jalan yang ada sekarang dan biasa dipakai adalah:

  1. Tongkat

Alat ringan dari logam atau kayu yang biasa dipakai untuk membantu keseimbangan dan menyokong kaki. Ada tongkat standar yang lurus dengan panjang 91 cm, ada yang berkaki tiga, dan ada juga yang empat.

  1. Kruk

Alat bantu yang bisa digunakan individu atau secara pasangan. Bisa dipakai sementara ataupun ataupun permanen. Kruk terdiri dari kruk lengan (Lofstrand) yang memiliki pembalut logam di lengan bawah, dan kruk aksila yang disandarkan di bawah ketiak.

  1. Walker

Alat ringan berkaki empat yang kokoh dan memiliki tempat pegangan tangan yang juga berfungsi memindahkannya. Biasa dipakai oleh para lansia karena sangat stabil, namun besar dan sulit lewat tempat sempit.

  1. Kursi roda

Untuk yang kakinya benar-benar sudah tak bisa digerakkan lagi, inilah cara untuk tetap bisa bergerak. Kursi roda ada yang manual dan listrik.

Anda bisa menemukan semua alat ini di tempat jual alat kesehatan semacam Medtek. Anda bisa mencari sendiri yang paling cocok dengan situasi, dan yang paling nyaman untuk kondisi Anda maupun keluarga Anda yang membutuhkannya. Kenyamanan dalam memakai inilah yang paling penting, dan menjadi salah satu poin penting mengambil keputusan untuk tipe alat bantu yang paling baik.