Jenis dan Penyebab Sakit Jantung

1
1276

Jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang fungsinya sangat vital bagi manusia. Jantung disebut sebagai salah satu organ vital manusia karena jantung merupakan organ yang menjadi kunci dalam sistem peredaran darah. Jantung berfungsi memompa darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Meskipun kita sedang tertidur dengan nyenyak, tanpa disadari jantung ini terus memompa darah ke seluruh tubuh kita sehingga tubuh kita dapat bergerak. Namun apakah kita tidak memperhatikan jantung bisa berubah menjadi mesin, yang bila tidak dirawat dengan baik bahkan tidak ada waktu istirahat bagi jantung maka bisa berakibat kerusakan pada jantung sehingga lambat laun akan menjadi kerusakan pada organ tubuh lainnya. jantung dapat mengalami gangguan. Penyebab sakit jantung bisa bermacam-macam mulai dari faktor genetik, kebiasaan yang buruk hingga faktor makanan.

penyebab serangan atau sakit jantung

Penyakit jantung dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Penyakit jantung bisa terjadi karena faktor bawaan seperti lemah jantung atau konstruksi jantung yang tidak sempurna. Namun, penyakit jantung yang umum dan sering menyebabkan kematian adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan suatu kondisi penyakit di mana aliran darah ke jantung terhenti atau terhambat akibat adanya endapan lemak, kolesterol atau zat lain seperti nikotin pada pembuluh darah. Dalam penyakit jantung koroner ini terdapat istilah serangan jantung di mana jantung tidak berfungsi sama sekali pada suatu waktu yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit jantung koroner ini tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dicegah agar tidak semakin memburuk. Penyebab sakit jantung koroner diantaranya adalah konsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan merokok, stres, pola hidup yang tidak sehat, adanya riwayat penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi.

Penyakit jantung koroner bisa dicegah agar tidak semakin parah. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin berolahraga, menghindari stres, menghentikan kebiasaan merokok, menerapkan pola makan sehat dan mengonsumsi antioksidan. Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung koroner adalah makanan yang rendah lemak dan kolesterol agar makanan tidak menjadi penyebab sakit jantung. Perubahan pola makan dari pola makan yang kurang sehat ke pola makan sehat bukan hal yang mudah. Namun, penggunaan produk-produk yang rendah lemak seperti Tropicana dapat dijadikan pilihan bagi Anda. Dengan mengonsumsi produk Tropicana, Anda bisa menjaga kesehatan jantung dan menghindari penyakit jantung yang dapat mengancam jiwa.