Kiat Magang Selama Pandemi Covid-19

0
245

Magang atau praktik kerja lapangan (PKL) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa atau siswa SMK. Salah satu tujuan magang atau PKL yaitu untuk memberikan pengalaman kerja yang diharapkan menjadi bekal menghadapi dunia kerja nanti setelah lulus sekolah. Meskipun pelaksanaan magang ataupun PKL setiap tahunnya sama. Namun pada tahun 2021 ini pelaksanaan magang bagi saya berbeda karena berada pada situasi pandemi Covid-19.

Seperti yang kita tahu kebijakan Work From Home (WFH) sudah banyak diterapkan sebagai salah satu upaya memberantas penyebaran virus Covid-19. Tapi nyatanya tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah atau menerapkan WFH, salah satunya seperti pekerjaan dibidang jasa.  Saya saat ini sedang melakukan magang kuliah atau PKL sebagai juru masak di salah satu hotel bintang 4 di Jakarta yang tentu pekerjaan ini tidak bisa dilakukan dari rumah. Berikut saya akan memberikan kiat magang atau PKL selama pandemi Covid -19.

Mematuhi prokes

Yang pertama, kita wajib mematuhi protokol kesehatan (prokes). Menjalani magang di tengah pandemi Covid-19 tentu kita harus memenuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Mulai dari kebijakan pemerintah hingga kebijakan ditempat kerja. Tujuannya tentu untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama bekerja.

Contoh sederhananya saya mengikuti prosedur yang berlaku, seperti saat hendak masuk ke area kerja harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dahulu, mengecek suhu tubuh, mengganti pakaian dengan pakaian kerja yang bersih, ataupun seperti selalu menggunakan masker di area kerja.

Selain itu selama melakukan pekerjaan kita harus menjaga jarak, selalu menggunakan masker, mengganti sarung tangan, dan tentunya menjaga kebersihan diri serta kebersihan area kerja. Selain itu ada beberapa hal yang harus diterapkan secara pribadi, seperti membawa tempat makan dan alat makan sendiri, tidak berbagi perlengkapan alat makan yang sama dengan orang lain. Dan setiap bulannya kita wajib mengikuti test Covid-19, biasanya untuk hal ini sesuai dengan kebijakan tempat magang masing – masing.

Menjaga kesehatan

Meskipun sudah melakukan protokol kesehatan sebaik mungkin. Bekerja di dunia jasa mengharuskan kita bertemu dengan orang – orang yang berbeda setiap harinya. Seperti di hotel tentunya mau tidak mau kita harus melakukan interaksi dengan tamu – tamu hotel yang berbeda – beda. Meskipun tamu juga wajib mengikuti protokol kesehatan yang ada, tentu rasa khawatir terkadang muncul. Maka dari itu kita wajib untuk menjaga kesehatan diri untuk mengurangi rasa khawatir dan menambah keamanan tubuh.

Menjaga kesehatan diri sendiri bisa dari hal yang mudah seperti makan – makanan yang bergizi secara teratur, banyak minum air putih, mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh kita jika diperlukan, berolahraga, dan juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan mental agar kita sehat dan bugar selalu.

Menjaga kebersihan

Selalu menjaga kebersihan dan kerapihan

Menjaga kebersihan juga harus sudah menjadi kebiasaan baik yang melekat dari diri kita. Dengan menjaga kebersihan kita turut menjaga kesehatan. Contoh kegiatan menjaga kebersihan yang harus kita jadikan kebiasaan baik seperti rajin mencuci tangan, mengganti masker setiap 4 jam sekali, menjaga kebersihan pakaian kita, menjaga kebersihan dan kerapihan peralatan kerja dan area sekitar kita. Bahkan bisa sekedar selalu menjaga kebersihan toilet dan diri kita pribadi setelah menggunakan toilet.

Menjalani magang kuliah ataupun pratik kerja lapangan memang tidak mudah, apalagi menjalannya saat pandemi Covid-19. Kita harus mengikuti setiap protokol kesehatan dan tidak boleh meganggap mudah masalah penyebaran Covid-19. Selain tetap berdoa, harus selalu semangat dan tetap berusaha sebaik mungkin agar kesehatan, keamanan, serta magang kuliah atau praktek kerja lapangan yang kita jalani lancar hingga dapat memberikan hasil yang baik untuk masa depan.

Ainayya, mahasiswi Jurusan Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta.