Resolusi Terpopuler Di Kalangan Gen Z Di Tahun 2021

0
124
Perayaan Tahun baru merupakan kegiatan yang akan selalu menjadi agenda tahunan seluruh masyarakat di dunia dalam menyambut pergantian tahun. Perayaan tahun baru yang biasanya identik dengan pesta kembang api bersama keluarga, saudara, atau bahkan pasangan ini ternyata tak lepas dengan berbagai harapan yang ingin mereka wujudkan di tahun yang akan datang.
Meski tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi seluruh masyarakat di belahan dunia manapun karena kondisi gawat Covid-19 yang mengerikan. tetapi ternyata masih banyak harapan untuk bisa mewujudkan keinginan di tahun baru 2021. Melalui beberapa kanal media sosial banyak warga menyampaikan harapannya berupa catatan resolusi tahun 2021. Tak kalah bersemangat ternyata Gen Z memiliki beberapa resolusi terpopuler untuk memulai tahun 2021. Mari simak 3 resolusi paling populer di kalangan Gen Z yang penulis catat. Mereka meyakini resolusi tersebut tak akan gagal terwujud!
 
Olahraga dan makan sehat
Kondisi pandemi yang berkepanjangan  ternyata memberikan banyak dampak negatif yang  dirasakan oleh berbagai pihak salah satunya adalah para Gen Z. Dapat dilihat perbedaan yang sangat signifikan terjadi karena pembatasan kegiatan yang dilakukan di luar rumah seperti berolahraga harus terpaksa dibatasi untuk mempercepat penanganan Covid-19 dengan membatasi pertemuan antar individu.
Hal tersebut menyebabkan kaum Gen Z merasa malas untuk melakukan olahraga karena lebih banyak waktu tidak produktif seperti di masa normal. Rebahan menjadi salah satu musuh terbesar yang menyebabkan kemalasan muncul. Selain itu terbatasnya kegiatan yang hanya dapat dilakukan di rumah saja juga menyebabkan pola makan tidak teratur dan tidak sehat.
Banyak memakan makanan cepat saji, makanan dengan MSG yang tinggi, dan makanan dengan kadar gula tinggi sehingga menyebabkan kondisi tubuh semakin tidak prima bahkan menaikan berat badan. Kondisi tersebut membuat generasi Z sadar. lalu ingin di tahun 2021 berubah. Mereka ingin lebih baik dalam menggunakan waktu luang, ingin lebih produktif dalam menjaga pola kesehatan yang baik walaupun tetap di dalam rumah saja.
Pola olahraga yang diimbangi dengan pola makan baik diyakini oleh para Gen Z dapat memberikan stamina yang baik bagi tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan kemudahan internet saat ini para kaum Gen Z  yakin dapat mewujudkan resolusinya  di tahun 2021.
 
Menjaga pola tidur
Banyak kaum Gen Z yang merasa pola tidurnya semakin tak terjaga saat berada di rumah saja. Banyak tugas dan juga pekerjaan yang harus diselesaikan menjadi salah satu alasan yang paling sering mereka keluhkan. Pola tidur yang tidak terjaga ini juga disebabkan karena penggunaan media sosial atau platform digital lainnya seperti platform nonton film online menjadikan kaum Gen Z sering begadang demi menyelesaikan serial film favorit mereka.
Hal tersebut ternyata tidak baik bagi kesehatan, mengingat istirahat sangat diperlukan untuk memiliki stamina yang baik dalam menjalani hari. Kaum Gen Z merasa dengan menjaga pola tidur yang baik mereka dapat melakukan pekerjaan dan kegiatan setiap hari dengan lebih produktif dengan stamina yang baik. Seperti diketahui jam tidur yang baik bagi para remaja adalah 8-10 jam per hari. Dengan mengatur jam tidur secara baik, berarti mereka juga akan menjaga imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19.
 
Relasi yang baik
Terbatasnya kegiatan sosial di luar rumah ternyata sering menimbulkan kejenuhan antar individu. Dalam menjalin hubungan bersama saudara, sahabat atau bahkan pasangan sering sekali terdapat perdebatan yang muncul akibat rasa rindu yang berlebih akibat pembatasan sosial untuk bisa bertemu secara tatap muka. Memulai tahun 2021 ini banyak kaum Gen Z yang memiliki resolusi tersebut mengingat sekarang teknologi semakin canggih akan membantu mereka untuk dapat melakukan hubungan antar saudara, sahabat atau pasangan dengan teknologi seperti dengan menggunakan platform digital video call.
Di tahun 2021 mereka harapkan dapat membantu keinginan untuk menjalin hubungan yang baik dengan menggunakan bantuan teknologi yang ada agar bisa tetap “keep in touch” antar individu satu dan lainnya. Dengan kondisi pandemi ini Gen Z juga merasa dapat membangun hubungan baru dengan individu lain yang sebelumnya tidak dikenal untuk memperluas relasi yang mereka miliki dalam dunia sosial atau bahkan memperbaiki hubungan lama yang pernah ada.
 
Dari ketiga resolusi tersebut, apakah ada yang masuk dalam catatan resolusimu dalam menyambut tahun 2021? Tentu banyak resolusi-resolusi lain yang dimiliki Gen Z dalam menyambut 2021. Semoga segala bentuk resolusi yang dimiliki dapat terwujud dalam memulai tahun yang baru ini dan segala cita-cita serta hal baik yang diinginkan dapat terjadi di tahun 2021.
 
Valeri Adelia P.U, mahasiswi Mass Communication Universitas Bina Nusantara