Cara Mengatasi Stres Belajar Saat Belajar Secara Daring

0
140

Halo sobat Muda! apa kabar? semoga sehat selalu ya! Seperti yang kita ketahui pandemi ini sangat berdampak pada beberapa aspek, salah satunya yaitu pendidikan. Dengan kondisi pandemi seperti ini, proses belajar mengajar menjadi sangat berbeda dari biasanya yang mengharuskan siswa-siswi dan mahasiswa  melakukan pembelajaran secara jarak jauh.

Hal tersebut mengharuskan pelajar untuk beradapatsi dengan kondisi tersebut. Namun proses adaptasi tersebut tergolong tidak mudah. Kadang-kadang kita akan merasakan bosan, jenuh, dan stres karena tidak melakukan sesuatu seperti biasanya.

Untuk mengatasi hal tersebut saya punya beberapa tips nih untuk sobat Muda! Tips-tips ini juga sering saya lakukan selama pandemi ini. Mau tahu apa saja? yuk kita bahas.

Manajemen waktu  

Dengan melakukan manajemen waktu belajar dan kegiatan akan sangat berpengaruh pada ke-efektivitasan belajar kita. Seperti hal-nya yang saya lakukan setiap hari. Sebelum memulai kuliah secara daring atau online pukul 08.00 WIB, saya harus bangun pagi jam 06.00 WIB lalu bergegas mandi dan merapikan diri. Setelah mandi sekitar jam 06.30 WIB saya sudah harus sarapan pagi, setelah menghabiskan waktu sarapan sekitar 15 menit akan ada banyak waktu tersisa sebelum pukul 08.00.

Kamu bisa menghabiskan sisa waktu tersebut untuk melakukan hal lain seperti bersantai, olahraga ringan, membersihkan kamar. Kalau saya  lebih suka menghabiskan sisa waktu untuk bersantai, dan menikmati udara sejuk di pagi hari. Hasilnya kita cenderung akan lebih fokus dalam segala hal. Gimana sobat Muda? tertarik untuk memanajemen waktumu? Cobalah.

Suasana belajar nyaman

Kenyamanan tentu sangat penting saat belajar, karena dengan membuat suasana belajar yang nyaman kita akan lebih fokus menerima materi yang diberikan. Contoh yang saya lakukan untuk membuat suasana belajar lebih nyaman yaitu saya lebih suka belajar di dalam kamar agar tidak terganggu oleh keluarga di rumah.

Untuk mendukung kenyamanan yang lebih baik lagi biasanya saya menyalakan kipas angin agar suasana kamar tidak panas tetapi tetap sejuk. Saya juga selalu menyiapkan sebotol air minum untuk berjaga-jaga bilamana haus. Seperti itulah suasana belajar yang nyaman yang saya ciptakan, sederhana tapi memuaskan. Nah, bagaimana dengan suasana belajarmu sobat Muda?

Makanan bernutrisi 

Makanan dan minuman yang bernutrisi menjaga tubuh kita agar selalu fit dalam menjalankan aktivitas, tak terkecuali aktivitas belajar daring. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi akan membantu kita agar lebih fokus saat belajar dan tidak stres saat belajar. Nah, sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga saya yang tidak terlalu kaya akan materi, saya tidak bisa sepenuhnya mendapatkan banyak macam-macam makanan dan minuman yang bernutrisi.

Akan tetapi, ibu saya selalu menyediakan setidaknya jeruk dan pisang di dalam kulkas. Jeruk dan pisang juga kaya akan vitamin yang bisa juga melancarkan saluran pencernaan, membuat kita lebih fokus dan mencegah stres berlebih. Untuk minuman biasanya saya hanya minum segelas susu, itu sudah lebih dari cukup. Di luar sana masih banyak macam-macam makanan dan minuman yang bernutrisi, tunggu apalagi sobat Muda?

Menonton film

Setelah belajar dalam jangka waktu yang lama,  kita membutuhkan refreshing. Salah satu yang saya lakukan, menonton film atau anime. Banyak film,anime yang bisa menghibur diri kita saat mengalami stres dan jenuh. Selain itu, didalam film, anime juga memiliki pesan moral tersendiri. Kita bisa banyak belajar sesuatu dari tontonan tersebut.

Biasanya saya akan menonton film atau anime setelah saya merasa lelah dan penat karena duduk dan fokus selama berjam-jam. Saya sendiri lebih suka menonton film dengan genre romansa, action. Dan anime dengan genre romansa, action, komedi. Tenang saja, banyak macam-macam film dan anime yang bisa saya rekomendasikan kepada kalian.

Film yang saya rekomendasikan diantaranya yaitu Spider-man Far From Home, Deadpool 2, Shanghai Fortress, Lets Be Cops, Game Night, Avengers: End Game, Harry Potter, Hitman, 2012, Suckseed, dan lain-lain.

Anime yang saya rekomendasikan diantaranya yaitu Boku No Hero Academia, Attack On Titan, Haikyuu, Hyouka, Kimi No Nawa, Kimetsu No Yaiba, Weathering With You, Naruto Shipuden, Assasination Classroom, Sword Art Online, dan masih banyak lagi.

Nah, kalian lebih suka film atau anime yang mana sobat Muda ?

Bermain gim 

Bermain gim juga sangat membantu untuk menghilangkan stres. Banyak gim-gim menarik untuk dimainkan. Selain itu, dalam bermain gim harus secukupnya saja dan tidak berlebihan. Kamu harus pintar-pintar mengatur waktu saat bermain gim. Biasanya setelah kuliah online saya hanya akan bermain game PS 2 yang ringan dan menghibur seperti Mario Bros, Mortal kombat, Bassara Heroes, Nascar Rumble.

Saya tidak merekomendasikan untuk bermain gim online setelah melakukan belajar online, karena menurut saya gim online seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile bisa memicu emosi para pemainnya seperti kesal dan marah saat memainkannya. Maka dari itu saya merekomendasikan sobat Muda untuk bermain game yang ringan dan menghibur.

Bagaimana jika sobat Muda yang tidak memiliki PS 2? tenang saya bisa merekomendasikan beberapa gim ringan yang bisa dimainkan di gadget kalian seperti, Stick War: Legacy, Bus Simulator, The Wolf, Evo Pop, Cut The Rope, dan masih lainnya. Tertarik untuk bermain salah satu game tersebut?

Komunikasi dengan keluarga 

Komunikasi dengan keluarga sangat membantu dalam mengatasi stres karena belajar. Kamu bisa sharing masalah-masalah yang kamu alami selama pembelajaran online selama pandemi. Dan kamu juga bisa meminta beberapa saran dari mereka. Sebenarnya saya kadang -kadang bingung atau malu untuk memulai percakapan dengan keluarga di rumah apalagi dengan orang tua.

Tapi tidak apa, kita coba langkah perlahan seperti yang biasa saya lakukan, sebelum memulai percakapan dengan ibu yang sedang menyapu lantai biasanya saya akan membantu Ibu dengan membersihkan meja rumah. Nah, dari situ awal percakapan akan dimulai. Saya bisa melakukan komunikasi dengan menanyakan beberapa pertanyaan atau saya bisa berbagi pengalaman saya saat belajar online kepada ibu.

Percayalah hal itu sangat membantu sekali meringankan beban yang ada di dalam diri dan dengan melakukan komunikasi seperti ini tentu saja semakin mempererat ikatan dengan Ibu. Bagaimana dengan sobat Muda, sudah terbiasa melakukan hal seperti ini belum?

Perbaiki pola tidur

Kurang tidur membuat lebih sulit untuk menghadapi apa pun, termasuk stres. Terlalu banyak tidur juga membuatmu menjadi malas. Maka dari itu kamu harus mengatur pola tidurmu dengan baik. Dengan kondisi belajar daring yang seperti ini, akhir-akhir ini saya lebih sering begadang. Bahkan saya sanggup begadang sampai pukul 02.00 pagi setiap harinya.

Setelah melakukan itu berulang kali saya menyadari dampak buruknya. Saya menjadi mengantuk dan malas saat melakukan kuliah online, tentu saja itu adalah salah satu dampak yang sangat fatal. Sadar sudah melakukan kekeliruan, saya berniat untuk memperbaiki pola tidur yang sehat.

Pola tidur sehat yang saya ciptakan yaitu sebelum saya tidur saya harus minum dua gelas air mineral, lalu cuci muka, dan setelah itu saya akan bergegas tidur paling lambat pukul 22.00. Terbiasa tidur pada jam tersebut ternyata tidak terlalu memiliki dampak yang buruk bagi tubuh saya, dan lama kelamaan  tubuh saya bisa menyesuaikan dengan hal tersebut.

itulah yang biasa saya lakukan selama belajar secara daring. Kalian bisa mengikuti apa yang biasa saya lakukan, atau mungkin kalian memiliki ide yang lebih menarik. Semoga beberapa tips dari saya ini bisa menjadi referensi bagi kalian.

Ageng Pangestu Yulianto, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jurusan Hospitaliti dan Pariwisata.