Ini Wajib Kalian Lakukan Selama Isolasi Mandiri

0
92

Saat ini, banyak orang yang sudah terinfeksi oleh Covid-19. Hal ini menyebabkan banyak rumah sakit yang tidak dapat lagi menampung pasien Covid-19. Kemudian, pihak rumah sakit memberikan saran. Bagi pasien Covid-19 dengan gejala yang cukup parah seperti demam dan sesak napas harus dirawat di rumah sakit, sedangkan pasien Covid-19 dengan gejala ringan seperti pilek dan batuk harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Cara tersebut akan membantu rumah sakit dalam menangani dan menampung pasien Covid-19 dengan gejala serius.

Bagi pasien Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri, terdapat tips yang wajib kalian lakukan selama isolasi mandiri.

Berjemur
Berjemur pada pagi hari sangat baik bagi tubuh kita. Tentu, kalian akan dianjurkan berjemur pada pagi hari agar virus yang ada di dalam tubuh dapat keluar. Kemudian, Kegunaan dari berjemur pada pagi hari adalah dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh kita.

Manfaat lainnya juga adalah melalui sinar matahari ini akan mentransmisikan kinerja otot dengan saraf. Hal ini membantu para pasien Covid-19 mengurangi hidung yang tersumbat. Waktu yang terbaik bila berjemur pada pagi hari adalah sekitar  pukul 09.00.

Minum vitamin

Wajib untuk selalu minum vitamin karena untuk saat ini kita hanya dapat melawan Covid-19 dengan imunitas di dalam tubuh kita. Dengan meminum vitamin akan membantu meningkatkan imunitas kita. Terdapat manfaat dari minum vitamin yaitu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jenis vitamin yang musti kalian minum antara lain, vitamin C, D, E dan Zink.

Minum vitamin akan menaikan mood kita sehingga hal tersebut akan meningkatkan imunitas yang ada di tubuh kita. Kemudian, kandungan vitamin yang ada didalamnya juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga kita akan tetap kuat dan sehat. Dan, vitamin juga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh sehingga akan dapat membantu penyembuhan Covid-19

Banyak istirahat

Dengan beristirahat, kondisi tubuh dapat kembali terisi enerji sehingga kita dapat selalu kuat dan juga pilek atau sakit dalam tubuh kita akan berkurang. Kemudian, beristirahat juga akan mengurangi nyeri yang ada di dalam tubuh seperti rasa nyeri ketika menghirup udara. Hal ini berguna bagi pasien yang terkena Covid-19 karena membantu mengurangi rasa nyeri saat menghirup udara.

Dengan beristirahat juga akan meningkatkan atau memperbaiki mood kita. Ketika kita merasa gembira, imunitas di dalam tubuh kita akan meningkat. Dan juga, beristirahat akan mengurangi atau meredakan pilek sehingga sangat membantu pasien Covid-19 agar cepat pulih.

Rajin olahraga

Dengan berolahraga, tubuh akan tetap sehat. Lalu, keluarnya keringat dalam tubuh akan membuang racun yang ada di dalam tubuh kita sehingga dapat meningkatkan imunitas yang ada di dalam tubuh kita. Berolahraga juga akan memberikan tenaga di dalam tubuh sehingga tubuh pasien Covid-19 tetap sehat.

Kemudian, manfaat dari berolahraga adalah dapat meningkatkan mood. Hal ini sangat membantu pasien Covid-19 agar tetap menjaga mood sehingga imunitas dalam tubuh tetap meningkat dan terjaga. Dan, pasien Covid-19 akan lebih cepat pulih.

Pilihlah jenis olahraga ringan seperti joging di tempot, atau senam dengan aneka gerakan di tempat sebab kita hanya boleh berada di lingkaran kamarmu, tidak boleh keluar rumah. Bisa juga kalian membuka YouTube untuk meniru gerakan yoga. Lakukan olahraga itu setidaknya 30 -40 menit perhari. Lakukan paling tidak lima kali dalam seminggu.

Sering kumur

Banyak virus yang ada di dalam tubuh kita salah satunya ada di dalam mulut kita. Dalam mulut kita tentu terdapat banyak kuman atau bakteri sehingga mulut kita harus selalu dibersihkan. Dengan mencuci mulut (berkumur) kita akan menghilangkan rasa resiko infeksi yang ada di dalam tubuh kita.

Untuk itu kita perlu mencuci mulut kita dengan contoh mencuci mulut dengan memilih berbagai jenis obat cuci kumur baik herbal maupun buatan pabrik. Hal tersebut dapat membantu dalam membunuh kuman atau virus yang ada dimulut kita. Dengan demikian akan membantu pasien yang terkena Covid-19 untuk selalu menjaga kebersihan di dalam mulut. Lakukan kumur minimal dua kali sehari.

Makan buah dan sayur 

Makan buah dan sayuran  wajib kamu lakukan karena dengan dua jenis makanan  akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak gampang terkena penyakit. Buah-buahan tersebut bisa berupa pisang dan juga jeruk karena kandungan di dalamnya terdapat kandungan vitamin. Aneka sayur baik warna hijau, putih maupun oranye, kuning bisa kalian pilih untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kandungan vitamin dalam jeruk berguna untuk menjaga sel-sel yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh tetap sehat. Kemudian, Dengan memakan pisang akan membantu pasien Covid-19 untuk melatih rangsangan lidah pasien. Hal tersebut dapat membantu menyembuhkan pasien Covid-19.

Bahagia

Yang terakhir yang wajib dilakukan adalah kita harus bahagia. Lalukan aktivitas yang dapat meningkatkan mood kita. Kondisi pikiran yang baik, gembira  akan meningkatkan imunitas yang ada di dalam tubuh. Dengan meningkatkan imunitas tubuh akan dapat melawan virus.

Jika pasien Covid-19 stres atau sedih, justru akan menurunkan imunitas tubuh. Daya tahan tubuh pun akan berkurang dalam melawan virus. Jika daya tahan tubuh kalian rendah, si Covid tak akan sagera pergi dari tubuhmu. Untuk itu, kita perlu bahagia agar imunitas kita dapat terjaga.

Tips yang diatas akan membantu kamu yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Ingat! Kamu harus tetap melakukannya di dalam kamar agar keluarga kamu tetap sehat. Selamat mencoba.

 

Josephine Nurmila Anggraini, Mahasiswa Universitas Bina Nusantara, Jurusan Komunikasi