Aneka Kegiatan Di Tengah Belajar Jarak Jauh

0
214

Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai kegiatan harus dilakukan secara online atau daring (dalam jaringan). Salah satu kegiatan yang paling mencolok terkena dampak pandemi adalah kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara daring oleh para pelajar atau mahasiswa dengan pengajarnya. Pada awal penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ), banyak siswa senang karena mereka berpikir akan sangat menyenangkan apabila belajar dari rumah. Tidak perlu repot-repot datang ke sekolah atau kampus, tetapi,  sebagian dari mereka mengeluh karena merasa bosan bila tidak belajar di ruangan yang sama dengan teman-teman kelasnya.

Saat ini setelah delapan bulan pandemi mulai banyak siswa merasa jenuh karena PJJ tidak semenyenangkan yang mereka bayangkan. Mereka cenderung lebih cepat bosan dan merasa jenuh karena tidak ada teman belajar di sekitarnya. Apalagi mereka menjadi memiliki lebih banyak waktu luang  saat melakukan PJJ. Lalu bagaimana cara mengisi waktu luang di sela-sela pembelajaran jarak jauh ini. Simak yuk.

“Me time” 

Ketika ada waktu luang di sela PJJ, me time menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan guna memperbaiki kondisi psikologis dan fisik yang lelah. Me time atau refreshing dilakukan untuk recharge atau mengisi kembali energi kita. Caranya, lakukan kegiatan apapun yang kita suka supaya kita terhibur dan kembali menikmati hidup disamping kesibukan kita yang dapat memicu stres.

Hal yang dapat dilakukan untuk menyegarkan kembali kondisi psikologis dan fisik kita, yang pertama adalah bermain gim. Bermain gim dapat menjadi salah satu cara kita untuk me-refresh dan menghibur diri saat jenuh menjalankan PJJ. Bermain gim juga dapat mengasah otak kita karena dapat meningkatkan kemampuan atau keterampilan untuk memecahkan masalah.

Selanjutnya adalah menonton film apapun genrenya atau video di YouTube. Opsi ini bisa menjadi cara me time yang mudah, karena dengan menonton hal yang disukai dapat me-refresh pikiran kita dan dapat mengurangi resiko mengalami stres akibat tugas yang menumpuk.

Yang ketiga, bermain media sosial. Media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter, dan sebagianya merupakan cara paling mudah untuk menghibur diri. Selain itu juga media sosial dapat membantu kita untuk membangun relasi pertemanan, namun, harus tetap berhati-hati dalam penggunaan berbagai macam platform digital itu. Pasalnya  media sosial juga memiliki dampak negatif seperti cyber buliying dan, hal-hal yang memicu kejahatan.

Cara lain,  membaca cerita-cerita fiksi. Pilihan tersebut juga bisa dilakukan guna mengisi waktu luang saat PJJ. Dengan melakukan ini kita bisa mencegah datangnya stres dan cenderung dapat mengontrol suasana hati. Pilihan ini juga berguna untuk mempelajari kosakata baru.

Dan yang terakhir yaitu merawat atau memanjakan diri. Penampilan yang fashionable sudah menjadi tren di era milenial ini. Maka waktu luang yang di sela-sela PJJ bisa kalian isi untuk merawat diri seperti memakai masker guna menutrisi kulit, dan atau dengan memanjakan diri seperti berbelanja online melalui aplikasi-aplikasi e-commerce.

Lakukan hal bermanfaat

Mengisi waktu luang di sela-sela kesibukan PJJ bisa juga melakukan hal yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri atau orang disekitar kita. Sebagian pelajar dan mahasiswa mengisi waktu luang mereka hanya untuk bermalas-malasan, padahal masih banyak kegiatan-kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan.

Supaya lebih produktif di sela-sela kesibukan pembelajaran daring, ada beberapa kegiatan untuk mengisi waktu luang lho. Apa såja kegiatan itu ? membantu orang tua. Opsi ini bisa dilakukan misalnya dengan membersihkan rumah, atau jika merasa terlalu berat, paling tidak membersihkan kamar sendiri, seperti membersihkan debu, menyapu, mengepel, mengganti sprei.

Upaya lain, menciptakan waktu berkualitas bersama keluaga. Di balk pandemi virus korona mengharuskan kita melakukan PJJ ternyata ada hal baik yang bisa kita dapat, yaitu bisa lebih dekat dengan keluarga di rumah. Kita bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk bercengkerama dengan keluarga kita, seperti berdiskusi atau bertukar cerita dan pikiran.

Kegiatan lain yang tak kalah seru, mengasah keahlian yang kau miliki atau yang minati. Memanfaatkan waktu luang dengan mengasah bakat yang kita miliki juga bisa menjadi pilihan yang baik, bahkan kita juga bisa mengeksplorasi bakat tersembunyi yang diri kita punya. Namun, usahakan menjalaninya tetap di dalam rumah, seperti memasak, melukis, menyanyi.

Waktu luang juga bisa kita manfaatkan untuk berbisnis daring, lumayan untuk menghasilkan uang. Terlebih lagi di umur yang masih muda, sudah seharusnya kita mencoba untuk mandiri. Teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan kita  berbisnis online, seperti menjual makanan, tas, kerudung.

Olahraga

Kegiatan yang kadang-kadang terlupakan adalah berolahraga. Olahraga di sela-sela kesibukan PJJ selain untuk menjaga agar tubuh tetap bugar sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit juga bisa menjadi alat untuk menyegarkan otak. Olahraga ringan yang bisa dilakukan tanpa ke luar rumah adalah push up, sit up.

Buat kamu yang merasa perlu belajar tambahan, bisa juga menggunakan waktu yang ada untuk memperdalam pemahaman materi. Pilihan itu bermanfaat apabila kita lakukan di saat waktu luang, guna menambah wawasan dan pengetahuan. Hal yang bisa dilakukan dengan cara, seperti memahami kembali materi yang sudah atau yang akan dibahas.

Dan yang terakhir adalah mengkuti seminar online atau webinar. Di masa pandemi tidak hanya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring, bahkan banyak seminar yang dilakukan dengan cara online. Mengikuti seminar daring juga bisa menjadi pilihan guna memanfaatkan waktu luang.

Cukup tidur

Mengisi waktu luang dengan istirahat juga sangat penting di sela-sela kegiatan PJJ, karena hal ini berguna untuk menjaga kesehatan dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit. Hal ini bisa dilakukan dengan tidur tepat waktu dan tidak memikirkan hal-hal yang memicu stres. Cukup tidur, selama delapan jam perhari membuat badan lebih segar sehingga bisa konsentrasi melakukan aneka kegiatan.

Itu tadi kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di tengah kesibukan belajar jarak jauh. Ingatlah selalu untuk menggunakan waktu luangmu sebaik-baiknya dan tetap dalam koridor yang positif.

 

Reyna Wildan Firdaus Azis, mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.