Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020

0
336

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020 tahun ini begitu spesial berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi tidak mematahkan semangat warga Indonesia untuk tetap mengikuti upacara dengan khidmat. 

Upacara 17 Agustus yang bisa disaksikan secara virtual

Perayaan hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia juga dilakukan secara virtual yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Sesuai imbauan dari pemerintah untuk mengikuti upacara secara virtual dan menghentikan aktivitas sejenak untuk menghormati sang saka merah putih yang dikibarkan di Istana Merdeka. 

Menyanyikan lagu Indonesia Raya di Jalan Wilayah Keluarahan Kampung Rawa Jakarta Pusat

Bertepatan dengan pengibaran bendera merah putih di istana hari itu jam 10.17 WIB dilakukan upacara yang diadakan di lingkungan warga setempat, seperti yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Sejumlah warga diminta berkumpul di jalan untuk melakukan penghormatan bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan warga diminta menghadiri mewakilkan untuk berkumpul, tetap menggunakan masker, dan berjaga jarak.

Warga antusias mengikuti upacara bendera ini, menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan bersemangat, dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mendahului kita dengan menundukkan kepala untuk mendoakan pahlawan yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Untuk menyemarakkan perayaan kemerdekaan, warga juga menyanyikan lagu Hari Merdeka dengan semangat yang berkobar.

Tentu tidak afdol merayakan 17 Agustus-an tanpa mengadakan lomba. Menyiasati larangan mengadakan berbagai lomba,  warga menghias rumah dengan bendera merah putih, dan memasang spanduk ucapan Dirgahayu Republik Indonesia ke-75. Mereka melakukan untuk menciptakan suasana 17-an yang meriah dan tetap disiplin dengan menaati protokol kesehatan untuk tidak berkumpul.

Pandemi Covid-19 tidak memadamkan semangat kami meriahkan perayaan 17 Agustus ini dengan memanfaatkan momen kemerdekaan dengan berkolaborasi untuk negeri dan membantu sama lain di situasi pandemi ini. Jadikan momentum kemerdekaan ini menjadi inspirasi kita untuk memperjuangkan kesehatan Indonesia yang lebih baik dengan mencegah penyebaraan pandemi, dan memerdekakan Indonesia dari virus pandemi. Dirgahayu Indonesia ku

Azkiannisa Azzahra, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Jurusan Perhotelan