Mengajak Masyarakat Melek Informasi Covid-19 dan Sektor Perikanan Kelautan

0
65

Pelaksanaan kuliah kerja nyata atau  KKN Tim II Universitas Dipoengoro Semarang, Jawa Tengah berlangsung dari tanggal 5 Juli hingga 15 Agustus 2020. Kami membuat “Pojok Informasi Fun Fact Marine X Covid-19” yang merupakan program lanjutan dari program  sebelumnya yakni” Fun Fact Marine X Covid-19″.

“Pojok Informasi Fun Fact Marine X Covid-19, bisa dikatakan sebagai media pencerdasan melalui edukasi secara langsung kepada masyarakat. Pelaksanaan program dilakukan dengan penempelan poster berisi materi mengenai sektor perikanan kelautan. Materi tersebut mencakup sumberdaya laut yang berperan dalam penanganan, pencegahan maupun meminimalisir covid-19.

Pelaksanaan “Pojok Informasi Fun Fact Marine X Covid-19”, melibatkan masyarakat Serua Indah, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten. Mahasiswamemberikan  edukasi secara tatap muka kepada beberapa warga di perumahan tersebut. Apa yang kami lakukan tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19.

Beberapa infromasi yang mahasiswa Universitas Diponegoro berikan melalui program ini antara lain pembuatan sabun atau disinfektan dari rumput laut, olahan makanan dari sumberdaya laut untuk berbisnis dimasa pandemi, serta pencerdasan singkat mengenai covid-19 dan upaya pencegahannya.

Pemberian informasi berdasarkan materi tersebut, mendapat tanggapan positif dari para warga  yang telah diedukasi. Dengan adanya program tersebut, masyarakat merasa lebih peka terhadap informasi dan membuka wawasan mereka tentang  sektor perikanan kelautan yang berhubungan dengan kondisi covid-19 saat ini.

Visualisasi dari “Pojok Informasi Fun Fact Marine X Covid-19” ini, juga dilakukan dengan penempelan poster pada beberapa wilayah yang cukup ramai oleh lalu-lalang masyarakat. Beberapa tempat penempelan poster  dilakukan pada tempat  majalah dinding yang berada di rumah ketua RT dan gazebo di  pintu masuk perumahan. Tujuan penempelan poster di tempat itu agar ketika masyarakat melakukan aktivitas di sekitar lokasi penempelan poster, dapat  melihat informasi singkat dan ringan yang tertulis di sana.

Berkaitan dengan informasi lebih lanjut dan materi mengenai program kami dapat dilihat di sosial media Instagram dan Twitter dengan tagar #funfactmarinexcovid19

Mochamad Indra Bayu Ardiansyah, mahasiswa  Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang