Kegiatan Pengurang Stres Saat Kuliah Daring

0
1936

Pandemi virus korona atau Covid-19 yang kita hadapi akhir-akhir ini mengakibatkan banyak perubahan diberbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Sejak pemerintah menerapkan pembatasan sosialbanyak aktivitas yang biasanya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung menjadi tidak bisa terlaksana. Contohnya proses kegiatan belajar mengajar, baik di tingkat sekolah maupun universitas.

Perkuliahan pada hari-hari ini dilaksanakan secara daring melalui berbagai aplikasi media daring yang tersedia. Namun, permasalahan muncul ketika kita sebagai mahasiswa mulai menerima banyak tugas melebihi tugas saat kuliah normal yang mungkin juga merupakan dampak dari perkuliahan daring.

Belum lagi jika kita memiliki tanggungan praktikum yang juga dilaksanakan secara daring. Bagi mahasiswa, pasti bisa membayangkan betapa stresnya kita hari ini, apalagi kita tidak bisa hangout dengan teman-teman, pergi ke warung kopi, maupun sekedar bertemu, bertatap muka, dan mengobrol untuk mengurangi stres karena kita harus mematuhi perintah pemerintah dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Jadi, kira-kira apa saja hal yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengurangi stres selama perkuliahan daring ini? Inilah yang antara lain bisa kita lakukan.

Berolahraga

Guys, di masa pandemi Covid-19 ini, kita tetap perlu menjaga kesehatan tubuh kita, salah satu caranya yaitu dengan berolahraga. Lama waktu berolahraga bisa kita sesuaikan dengan daya tahan tubuh kita masing-masing ya! berolahraga juga bisa mengurangi stres lho.

Mencoba resep baru

Mencoba dan bereksperimen dengan resep makanan adalah hal yang dapat kita lakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Percayalah, ini adalah hal yang banyak orang sering lakukan di tengah pandemi ini.

Apalagi sekarang banyak tutorial membuat makanan-makanan yang lezat dan mudah dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Banyak teman-temanku yang mengunggah foto hasil masakan mereka di berbagai media sosial seperti Twitter, Instagram, Whatsapp story, dan masih banyak lagi.

Ngomong-ngomong, kalian sudahkah mencoba resep Dalgona Coffe dan Oreo Dessert yang viral nih?

Lakukan hobi 

Jangan lupa untuk tetap melakukan hobi yang kita miliki. Mungkin bagi sebagian dari kita yang memiliki hobi yang biasanya dilakukan di luar ruangan agak sedikit kesusahan ya untuk bisa melakukannya di masa pandemi begini.

Jangan sedih, kalian tetap bisa menjalankan hobi lain yang kalian miliki di dalam rumah. Misalnya membaca novel, menonton film atau drama korea, bermain gim secara daring, dan lainnya. Tapi ingat! kita juga harus tahu waktu.

Saran dari aku, kerjakan tugas-tugas kuliah yang kita dapatkan dari dosen sesegera mungkin, jangan ditunda-tunda. Untuk sebagian dari kita yang jadwal kuliahnya sejak pagi hingga sore, kalian bisa menggunakan waktu pagi-sore semaksimal mungkin untuk mengerjakan tugas, berdiskusi dengan teman.

Kalau semua tugas sudah kita selesaikan di siang hari, malam hari adalah waktu yang mutlak untuk kita menonton film atau maraton drama korea atau kegiatan lain. Kamu bisa leluasa membaca novel, bermain alat musik, karaoke sendiri di kamar, dan melakukan aktivitas lain yang menyenangkan tanpa terbebani atau terbayang-bayang tugas lagi.

Mencoba hal baru

Banyak hal baru yang dapat kita coba ketika kita di rumah pada masa pandemi ini lho. Apa saja ya ? membuat podcast, menulis artikel di Kompas Muda, sampai mencoba bisnis baru, dan hal-hal lainya yang ingin kalian coba. Pernah nggak kalian terpikir untuk membuat podcast yang bisa diterbitkan di berbagai media sosial? Coba yuk!

Membuat podcast tidak sesulit yang kalian bayangkan. Untuk kita yang masih pemula, bisa menggunakan telepon seluler untuk merekam suara. Banyak artikel yang memuat tutorial membuat podcast, jadi silahkan dicoba.

Selain itu, hal baru yang dapat kalian lakukan adalah menulis artikel di Kompas Muda. Yap! bagi kalian yang tertarik dunia jurnalistik, kenapa tidak mencoba? Yuk cobain menulis di Kompas Muda!

Dan bagi kalian yang tertarik di dunia bisnis, bisa banget nih memanfaatkan waktu pandemi ini yang kita lebih banyak di rumah untuk memulai bisnis, bisa berupa bisnis secara daring juga lho. Minimal membuat konsep bisnis yang kita mau, apa yang ingin kita jalankan nanti setelah pandemi ini berakhir. Buatlah konsep secara matang, dan eksekusi dengan baik, semoga lancar! Dan masih banyak hal baru lainnya yang bisa kalian coba.

Tetap terhubung

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita tetap bisa lho berkomunikasi dengan teman-teman dan keluarga kita yang jauh secara daring. Banyak media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk menyapa mereka dan bertukar cerita. Jangan lewatkan momen ini ya!

Kalian tetap bisa ngobrol dan curhat 24 jam dengan teman kalian (eh jangan juga sih, kan harus makan, tidur, dan kuliah daring). Untuk kalian yang masih di perantauan, jangan lupa makan dan selalu memberi kabar kepada keluarga ya!

Kita dapat sedikit melepas penat dan stres dengan mengobrol bersama mereka, hangout secara daring boleh juga tuh! Apalagi di bulan puasa ini, yang biasanya kita melakukan bukber atau buka puasa bersama secara langsung, bisa juga tetap kita lakukan, tapi secara daring. Makan di rumah masing-masing, sambil video call-an bersama-sama. Hehehe… 

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial dengan bijak ya teman-teman!

Di atas adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi stres selama perkuliahan daring. Kuncinya adalah fokus, ketika kita sedang melakukan perkuliahan daring, maka lebih baik tidak dibarengi dengan menonton film dan hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi kita.

Begitu pula sebaliknya ketika semua tugas pekuliahan kita selesai, saat menonton film, membaca novel, membuat podcast, mencoba resep makanan, jangan kepikiran dengan tugas-tugas kuliah, sehingga pikiran kita bisa fresh kembali. Semangat teman-teman!

Sekar Heksagara, mahasiswi Program Studi Sastra Inggris, Universitas Brawijaya Malang