Rekomendasi Podcast Untuk Menemanimu Melakukan Pembatasan Sosial

0
67

Guna menanggulangi wabah Covid-19 atau virus korona yang semakin luas, sejak seminggu yang lalu, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan pembatasan sosial atau social distancing. Social Distancing dilakukan untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung secara sosial dengan orang lain.

Kebijakan itu diambil karena makin bertambahnya orang Indonesia yang terpapar virus korona. Jumlah kematian karena korona juga terus naik. Menurut data terakhir yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada hari Sabtu, 28 Maret 2020 tercatat 109 pasien penderita virus korona meninggal dunia, yang di rawat di rumah sakit sebanyak 994 orang, yang sembuh 59 orang.

Pemberlakuan pembatasan sosial membuat banyak warga mulai bekerja dari rumah (work from home). Bagi siswa dan mahasiswa belajar secara daring sesuai yang telah ditetapkan oleh sekolah dan kampus masing – masing. Selain itu, masyarakat tidak bisa pergi liburan. Maka, hiburan di rumah menjadi satu-satunya solusi untuk menghilangkan rasa kantuk dan jenuh selama menjalani masa pembatasan sosial.

Kawan-kawan, untuk mengisi waktu istirahat selama belajar di rumah atau waktu luang, ini beberapa rekomendasi Podcast dari dalam negeri dan luar negeri yang bisa kalian pilih.

How Did I Get Here? w/ Jae of DAY6

Foto: Dewi Esti Almawati

Park Jaehyung atau biasanya dikenal dengan nama panggung Jae. Seorang vocalis yang juga pemain lead gitar dari grup band DAY6 yang berasal dari Korea Selatan. Pada tanggal 20 Januari 2020, Jae mengungkapkan kabar gembira kepada penggemar bahwa ia akan memiliki acara Podcast sendiri.

Podcast Jae yang berjudul “How Did I Get Here?” bekerja sama dengan DIVE Studios yang juga sebelumnya bekerja sama dengan Podcast Eric Nam, Tablo dari Epik High dan Juga Jamie. Podcast itu cocok sekali bagi kamu yang menyukai podcast berbahasa inggris dan juga ingin meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris. Topik yang berbeda dan unik dalam podcast tersebut dijamin akan membuatmu merasa terhibur dan segala rasa capekmu akan hilang seketika.

What Would Jamie Do?

Foto: Dewi Esti Almawati

Podcast “What would Jamie do?” merupakan podcast yang dipandu oleh Jamie. Podcast ini juga bekerja sama dengan Dive Studios. Jamie merupakan penyanyi dan juga penulis lagu yang berasal dari Korea Selatan. Jamie juga merupakan salah satu sahabat Karib dari Jae DAY6.

Podcast yang dipandu oleh Jamie ini akan membantu dan memberikan saran bagi para pendengarnya. Kamu juga akan terhibur karena Jamie memiliki humor yang sangat bagus.

Rintik Sedu

Foto: Dewi Esti Almawati

Siapa sih yang tidak tahu dengan podcast yang satu ini? Rintik Sedu merupakan nama pena dari Nadhifa Allya Tsana. Gadis kelahiran tahun 1998 ini senang berbagi cerita dengan para pendengarnya tentang kehidupan romansa anak muda yang berkait banget dengan usia dan masalah kita. Melalui podcastnya, Rintik Sedu mampu menyentuh emosi para pendengarnya. Baru – baru ini rintik sedu mengupload episode baru di podcastnya, kalian sudah dengar?

Seismograf

Foto: Dewi Esti Almawati

Tidak hanya tentang romansa, podcast dengan nama Seismograf ini akan bercerita tentang kisah hidup, bagaimana menjadi dewasa, bagaimana mencintai diri sendiri dan lain – lain. Shaista Azizah mampu mengemas secara singkat tetapi apa yang disampaikan tetap sampai kepada para pendengarnya.

Podcast Pinteran

Foto: Dewi Esti Almawati

Buat kalian yang ingin mengisi waktu luang dengan santai dan juga mendapat wawasan, kalian bisa coba dengerin Podcast Pinteran. Podcast ini berbeda dengan podcast lainnya, Podcast Pinteran yang dipandu oleh Okki Sutanto bakal ngajak kamu dan para pendengar lainnya untuk berdiskusi tentang apa saja.

Menurut Okki belajar itu enggak ada habisnya. Pembawaan Okki yang santai dalam memandu acara juga cukup membuat para pendengar tertarik dengan topik yang Okki bawakan. Gimana? kalian berminat mendengarkan?

Podcast DariTaDi

Foto: Dewi Esti Almawati

Kalau podcast yang lainnya membahas seputar romansa. Podcast yang satu ini akan membahas tentang persoalan bagi kalian yang akan, baru atau sudah lama menikah. Untuk yang belum menikah podcast ini bisa jadi referensi ketika akan berkeluarga nanti.

Sedangkan untuk para pendengar yang sudah menikah, podcast ini mungkin agak sedikit berkorelasi dengan kehidupan kalian. Podcast DariTaDi ini dipandu oleh dua keluarga kesayangan netizen nih, Tarra Budiman dan Ditto Percussion dan juga istri mereka, Ayudia dan Gya.

Nah, itu dia enam rekomendasi podcast yang dapat menemani kamu ditengah melalui masa pembatasan sosial, semoga bermanfaat ya!

 

Dewi Esti Almawati, mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.