Bekerja Tak Lagi Harus Sesuai Bidang dan Jurusan

0
185

Aku kuliah di jurusan Manajemen, tetapi aku tidak punya kemampuan yang cukup baik pada bidang tersebut. Justru, aku lebih memiliki kemampuan yang baik di bidang Tata Boga. Apakah aku bisa bekerja yang tidak sesuai dengan bidangku?

Perhatikan pertanyaan di atas. Banyak dari kita yang ingin bekerja memikirkan hal yang belum tentu akan terjadi, seperti pertanyaan tersebut. Biasanya, pertanyaan itu sering terjadi dikalangan mahasiswa yang idealnya setelah lulus akan melanjutkan untuk bekerja.
Merasa salah jurusan atau menyadari kelemahan kemampuan pada bidang pekerjaan yang kita punya, biasanya yang menjadi faktor pembandingnya. Tentu saja, hal tersebut bisa menurunkan rasa percaya diri kita untuk masuk dalam dunia kerja. Tetapi tenang saja, bukan waktunya lagi kita harus meragukan hal tersebut.

Saat ini, sudah banyak lapangan pekerjaan yang tersedia di segala bidang. Bahkan, kadang-kadang pendidikan atau kelulusan tak lagi menjadi faktor yang diutamakan. Berdasarkan penelitian Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, saat ini 63 persen orang yang bekerja tidak lagi sesuai dengan jurusan atau bidangnya.

Justru keahlian, kemampuan, dan pengalaman yang bisa menjadi penunjang untuk bisa diterimanya pada sebuah pekerjaan. Tentu hal tersebut, tidak lagi menjadi angka presentase yang bernilai kecil bukan? Lalu, bagaimana kita bisa melakukannya?

Temukan bakat
Bakat mungkin sulit kita temukan. Merasa tidak terlalu penting atau bahkan merasa tidak harus memiliki bakat pada diri sendiri yang bisa menjadi hambatan bagi kita dalam menemukan bakat itu sendiri. Kita bisa menemukan bakat pada diri kita dengan melakukan kegiatan yang rutin yang biasa kita lakukan.

Atau mencoba hal baru yang menarik dan memotivasi diri kita untuk bisa memiliki bakat pada diri kita sendiri. Bakat yang terus kita kembangkan pasti akan menjadi lebih baik. Bahkan, hal itu bisa menjadi kunci kesuksesan pada diri kita nantinya.

Terkaitnya bakat pada dunia kerja sangat berperan penting. Mengapa bisa? karena jika kita bekerja sesuai dengan bakat kita atau kemampuan yang kita miliki, tentu akan membuat kita nyaman saat bekerja dan akan lebih efisien dari yang kita hasilkan untuk pekerjaan kita.

Dalam dunia pendidikan pemerintah juga telah mengupayakan adanya sekolah menengah kejuruan yang lebih berperan sebagai sekolah yang dapat membantu pelajar  menemukan atau mengasah kemampuan bakat yang dimiliki. Pemerintah berharap, setelah lulus SMK, para pelajar akan lebih siap untuk melanjutkan langkah masuk ke dunia kerja dan mengurangi keraguan terhadap bidang perkerjaan yang dilakukannya nanti.

Menurut pernyataan yang diberikan oleh Muhadjir Effendi, Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI periode 2014-2019, angka partisipasi kerja lulusan SMK terus menunjukan perbaikan. Tentu, hal ini menjadi penunjang bagi pelajar untuk bisa lebih tepat dalam menentukan pendidikan yang juga bisa mengembangkan bakatnya untuk siap masuk pada dunia pekerjaan.

Coba kalian bayangkan. Apakah hasilnya baik jika kita memaksakan bekerja di bidang sesuai jurusan pendidikan padahal kita tidak terlalu nyaman pada bidang tersebut? Padahal diri kita memiliki bakat yang bahkan bisa menjadi kunci kesuksesan jika melakukan pekerjaan sesuai keinginan kita.

Jadi, maanfatkan bakat kalian dalam menemukan perkerjaan dan menghasilkan pekerjaan. Tidak lagi jurusan atau bidang menjadi tolak ukur dalam mendapatkan perkerjaan. Tentu dengan memanfaatkan bakat yang kita punya bisa saja membuat perkerjaan kita lebih nyaman dan efisien lagi.

Lihat peluang 
Saat ini di sekitar kita sudah banyak tersedia lapangan pekerjaan. Kemampuan generasi muda dalam berwira usaha juga semakin besar, sehingga banyak memunculkan pegusaha – pegusaha muda. Dengan banyak usaha bisnis bermunculan juga akan semakin banyak membuka lapangan pekerjaan.

Kondisi tersebut menjadi peluang lapangan kerja baru bagi kita yang mencari pekerjaan. Mungkin, bisa juga kita manfaatkan untuk mencoba pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang yang kita miliki.

Selain itu ketahuilah, bekerja yang tidak harus sesuai bidang kita, bisa dikatakan bekerja yang tidak monoton itu juga baik loh untuk pengalaman perkerjaan kita. Mengapa? karena akan mengasah kemampuan, keahlian, dan kepengetahuan serta bisa juga untuk menambahkan pengalaman kerja kita nantinya.

Nah, tak hanya itu perusahaan juga biasanya lebih mencari pekerja berdasarkan pengalaman dan kemampuan. Pendidikan atau jurusan saat ini menjadi seperti hanya sebuah pelengkap. Maka dari itu, sebaiknya manfaatkan peluang di sekitar kita yang bisa menjadi prospek pengalaman kerja kita menjadi lebih baik lagi.

Jadi, kalian tidak perlu lagi ragu untuk bisa bekerja di bidang yang berbeda dengan jurusan atau bidang yang sudah kita tekuni.

Lihat kebutuhan
Pekerjaan merupakan kebutuhan yang harus dimiliki setiap orang nantinya. Mengapa? karena pekerjaan tersebutlah yang membantu memenuhi kebutuhan kita sehari-hari dan juga yang menunjang kesejahteraan pada diri kita. Tapi, banyak orang hanya mau bekerja yang sesuai bidangnya saja.

Padahal, hal tersebut bisa jadi hambatan kita di saat sedang butuh pekerjaan.
Jangan pernah takut untuk mencoba bekerja yang tidak sesuai bidang yang kita tekuni, jika kita sedang benar – benar membutuhkan pekerjaan. Lakukan saja, justru hal tersebut bisa juga kita manfaatkan juga untuk menemukan sebuah ilmu yang baru dalam pekerjaan.

Banyak orang yang bekerja tidak sesuainya dengan bidangnya karena faktor kebutuhan akan pekerjaan. Seperti, salah satunya adalah Ahmad Nabhan, dokter muda tetapi lebih memilih kerja sampingan sebagai pengemudi ojek daring. Menurut Nabhan, dengan pekerjaan itu, kini  ia tidak perlu lagi minta uang kepada orangtua untuk memenuhi kebutuhan sekunder sebab ia sudah bisa memenuhinya dari hasil bekerja sebagai pengemudi ojek daring.

Apa yang Nabhan lakukan  bisa menjadi inspirasi bagi kita yang saat ini sangat sedang membutuhkan pekerjaan, karena jelas hal tersebut membawa keuntungan yang besar pada diri kita.

Kita tidak perlu bingung untuk bekerja di bidang yang tak sesuai jurusan. Temukan bakat dalam diri, lihat peluang sekitar dan kaitkan dengan kebutuhan bisa menjadi refrensi bagi kita untuk bisa lebih percaya diri bekerja dengan tidak sesuai dengan bidang kalian. Tentu, pekerjaan yang tak sesuai bidang kalian bisa bermaanfaat untuk menambah keahlian, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman kerja kita.

Muhammad Ade Naufal, mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Jaya Tangerang-Banten