Foto Candid: Gaya Berfoto Kesukaan Anak Muda

0
10147

SERPONG, KOMPAS CORNER – Mungkin banyak dari kalian yang sering sekali mendengar istilah “foto candid” atau mungkin teknik foto ini adalah yang biasanya kalian gunakan ketika berfoto? Tapi tak dapat dipungkiri, kalian semua juga pasti sering mendengar bahwa “foto candid” yang sedang heboh di kalangan anak muda Indonesia ini kerap dianggap palsu.

Sejatinya, foto candid (candid photography) adalah teknik dalam fotografi di mana objek tidak tahu bahwa ia akan difoto. Teknik ini mengharapkan hasil foto yang terlihat natural dan tidak dibuat-buat. Dengan mengambil gambar objek yang sedang beraktivitas seperti biasa dianggap akan membuat suasana foto lebih hidup dan bernilai estetika tinggi.

Yang terjadi di kalangan anak muda,  foto candid kerap dianggap palsu.  Pasalnya, anak muda yang menjadi objek seringkali sadar bahwa ia akan difoto. Bahkan tidak sedikit juga yang dengan sengaja mengatur segala aspek supaya foto terlihat natural lewat teknik foto candid. Padahal foto candid itu harusnya dibumbui dengan kegiatan atau pergerakan dari sang objek yang dilakukan secara natural dan juga tidak sadar.

Mulai dari pencahayaan, aktivitas apa yang akan dilakukan olehnya, dengan busana apa, dan aspek-aspek lainnya; semua dipertimbangkan dengan matang. Hanya dengan menengok ke kiri dan ke kanan, seperti orang yang sedang memandang ke sebuah pemandangan nan jauh di sana; atau menengadah ke atas dan menunduk ke bawah, seperti orang yang sedang mencari sesuatu. Gaya-gaya inilah yang dilakukan oleh anak muda dan snap! Dengan instan, mereka mendapat foto candid mereka sendiri.

Walaupun foto candid ini memang sering mendapat sebutan “palsu”, namun anak muda tetap tidak terpengaruh. Bukannya minder, mereka malah dengan percaya diri mengunggah foto-foto candid tersebut ke dalam akun media sosial mereka. Berikut ini, Kompas Corner punya beberapa preview karya “foto candid” anak muda zaman sekarang!

Tertawa karena lawakan teman saat ingin meminum kopi? Ide bagus, patut dicoba!
Diam dan merenung di dalam kesepian, apa yang dipikirkan oleh laki-laki ini, ya?
Gayanya, sih, sudah candid sekali ya. Sekarang, dapatkah kalian menebak background foto ini dari apa?
Terlihat sangat natural, bukan? Apa jangan-jangan foto ini memang tidak di-setting?
Gadis berfoto dengan gaya merapihkan rambut. Apakah kalian juga sering melihat foto dengan gaya seperti ini?

 

Penulis & Fotografer: Edwin

Editor: Clara Tania