Berbagai Tips Cara Merawat Pakaian

0
3425

 

Berbagai Tips Cara Merawat Pakaian

Rinso.co.id  – Ada banyak cara merawat pakaian agar membuat pakaian menjaid lebih awet dan tidak mudah rusak. Pakaian adalah kebutuhan yang tidak pernah lepas dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang perawatan yang salah dapat membuat pakaian jadi cepat rusak dan tidak lagi dapat digunakan. Meski model terus berganti, tetapi pakaian yang awet akan lebih memiliki banyak manfaat bagi pemiliknya. Apa saja cara untuk merawat pakaian? Yang pertama ialah hindari mencuci pakaian terlalu sering. Khususnya untuk pakaian dengan bahan yang mudah rusak. Memang, pakaian yang tidak dicuci akan menjadi sarang bakteri. Maka dari itu ada baiknya untuk memisahkan pakaian yang dipakai untuk berkegiatan di luar rumah, untuk kegiatan di dalam rumah, serta pakaian tidur.

Dalam mencuci pakaian, gunakanlah air dingin yang bersih. Kain mudah menyerap air, bila air tidak bersih maka kain akan cepat mengalami perubahan warna dan terlihat kusam. Berikutnya ialah hindari memakai pemutih. Cara merawat pakaian yang satu ini disarankan karena pemutih dapat merusak pakaian dan juga tidak ramah lingkungan. Lebih baik lakukan proses mencuci dan menjemur yang tepat untuk membuat pakaian berwarna putih tetap memiliki warna yang baik dibandingkan memakai pemutih. Anda juga dapat mengandalkan baking soda sebagai penganti pemutih. Yang keempat adalah untuk jangan terlalu sering pakai mesin cuci. Pemakaian mesin cuci akan membuat pakaian cepat rusak.

Kenapa? Karena pakaian saling bersatu dan mudah terkait. Lagipula memakai mesin cuci juga belum tentu dapat membersihkan pakaian. Gunakan mesin cuci seperlunya saja. Cara selanjutnya adalah jangan lupa untuk memisahkan pakaian-pakaian yang rawan rusak dan rawan luntur. Untuk pakaian yang cepat rusak, jangan cuci pakai mesin cuci. Untuk pakaian yang rawan luntur, cucilah secara terpisah agar tidak merubah warna pakaian lain. Cara merawat pakaian yang keenam adalah untuk tidak menjemur pakaian dengan matahari langsung. Cahaya matahari dapat membuat warna pakaian cepat pudar walau memang membuat pakaian lebih cepat kering. Tapi tentunya warna pakaian yang pudar tidak lagi enak untuk dilihat, bukan?

Cara selanjutnya adalah jangan terbiasa menggantung-gantung pakaian. Gantunglah pakaian yang memang lebih baik digantung agar tidak cepat lecek. Seperti gaun, jas, dan sejenisnya. Namun bila pakaian aman untuk dilipat, lebih baik lipatlah. Selain akan terlihat lebih rapi, pakaian juga tidak akan mudah lecek. Terakhir, hindari memakai parfum dan deodoran di bagian pakaian. Zat-zat yang terkandung dalam parfum dan deodoran akan merusak kain. Pakailah parfum dan deodoran di tubuh, diamkan hingga kering, baru pakailah pakaian. Untuk membuat pakaian bersih, gunakan deterjen dari Rinso yang membersihkan secara maksimal dan memiliki aroma yang segar. Semoga cara merawat pakaian di atas dapat bermanfaat.