Joyland Festival Ramah Keluarga

0
156

Festival musik kerap identik dengan situasi yang ramai dan bising. Hal ini seakan membuat festival musik jauh dari keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak. Hal berbeda coba ditawarkan Joyland Festival Jakarta 2023 yang mengangkat konsep ramah keluarga.

Indikator ramah keluarga ini tidak hanya sebatas slogan, namun dibuktikan dengan fasilitas yang disediakan di area festival. Beberapa di antaranya fasilitas seperti family dan baby’s room, serta spot stroller untuk bayi dan balita. Selain itu, diterapkan juga aturan no smoking di area utama yang merupakan prasarana aman bagi anak-anak.

“Udah cukup oke sih untuk ramah anak dan keluarga karena selain ada fasilitasnya juga ada inisiasi peraturan yang sangat oke seperti area no smoking,” ujar Amanda, pengunjung yang datang ke Joyland Festival di hari kedua, Sabtu (25/11/2023) bersama keluarganya.

Area yang paling menonjol di festival ramah keluarga ini adalah White Peacock yang berada tidak terlalu jauh dari panggung utama. Area ini menawarkan berbagai aktivitas bagi anak dengan pendampingan atau mengikutsertakan orangtua.

Keseruan dalam aktivitas merangkai bunga pada Sabtu (25/11/2023) Foto : Akhlis Al Majid

Ada area bermain di dalam maupun di luar ruangan yang ditata dengan menarik, penuh warna. Beberapa kegiatan yang ditawarkan adalah mewarnai, merangkai bunga, face painting atau melukis wajah, hair braiding, mengukir tanah liat, dan masih banyak lagi.

Ada juga mini stage yang diisi berbagai penampilan paduan suara, dance, dan permainan. Antusiasme pada area ini begitu tinggi, terbukti dari pengunjung yang selalu ramai.

Beberapa pengunjung mengungkapkan pendapatnya tentang Joyland Festival Jakarta 2023. Terkhusus pada konsep yang diangkat yaitu festival ramah keluarga.

Bagi Ajeng, seorang Ibu yang juga Konsultan IT, Joyland Festival sudah cukup ramah keluarga. Joyland, ujarnya, dapat menjadi sarana untuk quality time bersama keluarga, juga mengenalkan anak pada konser dan festival.

Amanda, seorang karyawan swasta yang datang bersama suami dan anaknya menyatakan hal serupa. Menurutnya, konsep ramah anak Joyland Festival dapat dilihat dari inisiasi peraturan dan fasilitas yang memadai.

Potret keluarga dalam Joyland Festival 2023, Sabtu (25/11/2023) Foto : AKhlis AL Majid

Pendapat para pengunjung yang datang bersama keluarga ini menunjukkan bahwa mereka telah merasakan manfaat nyata konsep ramah keluarga yang diusung Joyland Festival Jakarta 2023. Dengan begitu, sudah saatnya festival dan konser musik di Tanah Air mengadopsi konsep ini dengan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Penulis :

Siti Zahwa Humaira, Mahasiswa Institut Pertanian Bogor/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023

Fotografer : 

Akhlis Al Majid, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023