6 Fakta Unik di Hari Kedua Joyland Festival Jakarta 2023

0
141

Memasuki hari kedua, Sabtu (25/11/2023) Joyland Festival yang diselenggarakan di Lapangan Baseball, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta 24-26 November 2023 memiliki sederet fakta unik. Festival yang diisi dengan penampilan musik, film, stand-up comedy, dan berbagai kegiatan kreatif ini semakin menarik perhatian dengan kemeriahannya.

Tiga Panggung Berbeda

Untuk pengisi acara musik Joyland Festival memiliki konsep panggung terpisah yang terdiri dari 3 buah panggung. Pertama, Joyland Stage yang merupakan panggung utama,  kedua, Plainsong Live Stage sebagai panggung lapisan kedua yang berada di samping panggung utama dan ketiga, Lily Pad yaitu panggung dengan ukuran lebih kecil yang umumnya diisi oleh musisi pendatang baru. Dengan ketiga jenis panggung berbeda itu, Sobat Muda dapat merasakan sensasi menonton pertunjukan musik berbeda dalam satu waktu di Joyland Festival.

Deretan Musisi Indie 

Deretan musisi yang mengisi Joyland Festival di hari kedua juga sangat menarik. Mulai dari musisi ternama dalam negeri seperti Maliq & D’Essentials, The Adams, The Brandals, Kurosuke hingga musisi-musisi indie dari luar negeri, salah satunya Fleet Foxes, band indie asal Amerika yang telah berdiri sejak 2006. Ini adalah kali pertama band ini tampil di Indonesia dan satu-satunya di Asia.

Joyland Festival Jakarta 2023 menjadi kunjungan perdana Fleet Foxes di Indonesia, Sabtu (25/11/2023) Foto : Akhlis Al Majid

Para pengunjung di hari kedua pun begitu antusias menyambut penampilan Fleet Foxes. Joan, seorang penulis yang juga merupakan pengunjung di Joyland Festival mengatakan, sangat menunggu penampilan Fleet Foxes di Tanah Air.

“Meski hujan tapi aku tetap semangat karena mau nonton Fleet Foxes. Tadi juga udah nonton Bayangan,” tambah Joan.

Ramah Lingkungan

Joyland Festival juga mengusung konsep festival ramah lingkungan yang merupakan kontribusi mereka dalam menjaga alam. Hal ini dapat dilihat secara nyata dari beberapa area di festival, termasuk aturan yang diberlakukan.

Selama festival berlangsung, pengunjung dianjurkan membawa botol minum karena terdapat water refill station untuk mengisi ulang. Selain itu, juga diterapkan area no smoking pada sebagian besar wilayah festival.

Himbauan No Smoking di Area Utama Joyland Festival Jakarta 2023, (25/11/2023) Foto : Akhlis Al Majid

Kuliner Enak

Di festival ini juga ada begitu banyak kuliner yang menarik perhatian, sekaligus memanjakan lidah. Sederet tenant makanan berada di area seberang panggung. Semuanya tertata rapi, lengkap dengan tempat duduk yang nyaman untuk bersantai. Berbagai jenis makanan, mulai dari makanan berat hingga makanan pendamping, ada di dalamnya.

“Ya lumayan sih banyak pilihan makanannya, kayak aku kemarin beli Eatlah karena emang udah sering beli juga biasanya,” jelas Ica seorang pengunjung Joyland Festival yang ditemui di area FnB.

Aktivitas Seru

Selain menyuguhkan pertunjukan musik dari penyayi ternama, di Joyland Festival Sobat Muda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Misalnya menonton film di area Cinerillaz, menyaksikan stand-up comedy di area Shrooms Garden, hingga menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak di White Peacock. Ada 4 film pendek yang diputar pada hari kedua ini, 4 pertunjukan stand-up comedy, dan lebih dari 5 kegiatan seni kreatif bagi anak.

Salah satu kegiatan anak di White Peacocks, Sabtu (25/11/2023) Foto : Akhlis Al Majid

Persiapan Matang

Akhir tahun yang identik dengan musim hujan tidak luput dari festival yang satu ini. Di hari pertama, Joyland diguyur hujan deras. Hal ini membuat penyelenggara semakin matang menyiapkan sarana dan prasarana pendukung demi kenyamanan pengunjung.

Salah satunya adalah menyiapkan papan pijakan kaki pada area yang berpotensi becek. “Jadi disiapkan pijakan dan diingatkan untuk persiapan membawa jas hujan,”  jelas Titi, salah seorang panitia.

Akhirnya, meski masih diguyur hujan, Joyland Festival 2023 sudah menyapa di hari keduanya dengan lancar. Nantikan malam puncak dari Joyland Festival Jakarta 2023 pada Minggu (26/11) dengan pengisi acara yang semakin seru.

Penulis :

Siti Zahwa Humaira, Mahasiswa Institut Pertanian Bogor/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023

Fotografer : 

Akhlis Al Majid, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival Jakarta 2023