Joyland Festival Jakarta 2023 : Musik, Kolaborasi dan Rindu Indonesia

0
540
Suasana Joyland Festival 2023 di GBK Baseball Stadium, Senayan Jakarta, Jumat (24/11/2023). Foto: Ibrahim

Joyland Festival yang sebelumnya menyapa para pecinta musik di Bali, kini kembali menyapa Jakarta. Sejumlah musisi, baik mancanegara maupun dalam negeri telah siap  memeriahkan festival yang diselenggarakan pada 24 – 26 November 2023 di Lapangan Baseball, kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Hari pertama gelaran Joyland Festival Jakarta 2023, Jumat (24/11), dimulai dengan penampilan sejumlah musisi ternama. Antara lain Mew, Benny Sings, d4vd, eaJ, Fazerdaze, Kamaal Williams, Last Dinosaurs, Bernadya, David Bayu, Jevin Julian, L’Alphalpha, Lomba Sihir, The Panturas serta White Shoes & The Couple Company.

Hiruk pikuk suara nyanyian, yang ternyata datang dari para penonton, seketika terdengar sekitar pukul 16.20, ketika band Lomba Sihir muncul di panggung Plainsong Live. Penampilan Lomba Sihir itu membuka Joyland Festival Jakarta 2023. Dengan semangat, para pecinta musik ikut bernyanyi, mengikuti satu persatu lagu yang dibawakan oleh band tersebut.

Penampilan Lomba Sihir disusul oleh penampilan David Bayu. Namun tiba-tiba hujan turun. Saat musisi Kamaal Williams tampil, panggung sempat dihentikan karena hujan yang turun semakin deras. Baru setelah hujan reda, panggung kembali bergemuruh oleh suara musik. Berturut-turut, musisi-musisi seperti Benny Sings, eaJ dan Fazerdaze pun tampil memeriahkan Joyland hari pertama.

 Throwie Monsta 

Instalansi Artistik Throwing Monsta di Joyland Festival 2023, Jumat (24/11/2023). Foto: Ibrahim

Tidak hanya terkenal selalu mendatangkan musisi terbaik, Joyland Festival memiliki beberapa keunikan mengenai berbagai tema yang diangkat. Salah satunya diaplikasikan tahun ini, yaitu mengurangi ketergantungan terhadap bahan sekali pakai.

Adalah Throwie Monsta, sebuah instalasi artistik memanfaatkan 1500 limbah tekstil, hasil karya kolaborasi Plainsong Live selaku promotor Joyland Festival dengan Desa daur ulang dan Pable Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan yang mengolah limbah tekstil di Indonesia. Dengan adanya instalasi berbentuk Throwie Monsta, diharapkan  menarik perhatian penonton yang hadir di Joyland Festival mengenai besarnya dampak limbah tekstil terhadap lingkungan serta pengingat terhadap besarnya produksi sampah sehari-hari di Indonesia.

Tim Jurnalis Kompas Muda sempat menghampiri salah satu pasangan asal Jakarta yang datang ke Joyland pada malam hari untuk melihat band kesayangan mereka, Last Dinosaurs yang akan tampil. Keduanya memberikan pendapat mengenai sisi unik Joyland. 

“Awalnya aku nggak notice juga, tapi setelah liat di Lilypad kalau botol-botol air mineral dimanfaatkan buat jadi hiasan, bagus sih konsepnya Joyland mau angkat go green ini,” ucap Lucy dan Fikri mengungkapkan tanggapannya. 

Water Refill Station di titik area penonton panggung utama Joyland Festival 2023, Jumat (24/11/2023). Foto: Ibrahim

Setelah instalasi artistik Throwie Monsta, sisi unik lain dari Joyland Festival adalah ajakan kepada pengunjung untuk membawa botol minum sendiri. Di lokasi, Joyland sudah menyediakan tempat untuk mengisi air minum secara gratis (Water Refill Station) yang tersebar di berbagai titik area festival.

Dengan membawa botol minum sendiri, serta dapat mengisi air minum secara gratis, penonton diharapkan membantu untuk mengurangi ketergantungan terhadap media dan bahan sekali pakai. Keren bukan?

Rindu Indonesia

Penampilan eaJ di Panggung Plainsong Live Stage, Jumat (24/11/2023) Foto: Ibrahim

Dari sekian banyak penampil, ada Jae Park yang mengungkapkan kerinduannya pada Indonesia. Jae Park atau biasa dikenal sebagai eaJ, adalah penyanyi, pencipta lagu dan komposer berdarah Korea-Amerika.

Dari atas panggung, eaJ mengatakan, merupakan suatu kehormatan baginya untuk tampil kembali selang satu tahun di hadapan Jars, panggilan penggemar eaJ. Dia mengungkapkan sangat merindukan penggemarnya, sekaligus suasana tampil di Indonesia.

eaJ juga sempat menyapa dan memperkenalkan diri kepada para penonton yang mungkin tidak mengetahui siapa dirinya. Bahkan pemuda berdarah Korea-Amerika itu mengucapkan kata yang telah dipelajarinya, yaitu ‘Terima kasih’ kepada seluruh penonton yang datang.

Tim Jurnalis Kompas Muda sempat menghampiri kepada beberapa Jars, asal Bekasi dan Bandung, mereka mengungkapkan betapa keduanya rela datang dari kota yang berbeda untuk menyaksikan eaJ. Mereka sangat senang karena setelah satu tahun eaJ kembali  datang ke Indonesia. 

“Seneng banget!!! Dia kan dari Amerika, dan dateng lagi ke Indonesia. Terakhir dia dateng Desember tahun lalu, jadi seneng banget bisa ngeliat secara langsung!!” ungkap Nad dan Kadev dengan kegembiraannya usai menonton penampilan eaJ. 

eaJ turun dari panggung menghampiri para penggemarnya, Jumat (24/11/2023) Foto: Ibrahim

Di Joyland Festival Jakarta 2023, eaJ pun sempat turun panggung untuk bernyanyi bersama. Pemuda itu bahkan menghampiri dan memeluk penggemarnya menunjukkan kerinduannya tampil di Indonesia.

Di Joyland eaJ membawakan berbagai lagu ciptaannya. Antara lain “Medicated Insomnia”, lagu spesial kolaborasinya bersama game Valorant “Visions” dan yang ditunggu-tunggu oleh penggemarnya yaitu “Car Crash” sebagai penutup penampilannya malam itu. 

Penulis:

Lavenia Zaskya, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, Depok/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival

Fotografer:

Ibrahim, Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta/Volunter Kompas Muda untuk Joyland Festival