Tur Virtual, Cara Baru Berwisata Selama Pandemi Covid-19

0
157

Hayo siapa disini yang kangen jalan – jalan ?. Kangen suasana saat berwisata, euphoria jalan – jalanya atau kangen melihat pemandangan yang indah. Sayang sekali  selama pandemi Covid -19 ini banyak tempat wisata yang sengaja ditutup untuk menghindari kerumunan masyarakat guna mengurangi angka penyebaran virus.

Tapi tahukah kalian ada solusi untuk berwisata aman dan menyenangkan selama pandemic Covid- 19 ini ? Iya, tur virtual atau berwisata secara virtual solusi pintar untuk kamu yang ingin berwisata dikala pandemi.

Tur virtual adalah cara baru untuk berwisata selama pandemi Covid- 19. Jalan – jalan virtual ini memberikan kamu pengalaman menjelajahi berbagai destinasi wisata hanya dengan melalui gawai pintar kita dan data internet. Loh, apa bedanya dengan lihat – lihat gambar atau video destinasi wisata di Google ?

Dengan tur virtual kita diberikan pengalaman unik masuk ke dalam narasi mulai dari awal perjalanan hingga selesai, kemudian kita bisa melihat pemandangan yang indah. Peserta tur  juga mendapatkan ilmu karena tur ini walau dilakukan secara virtual dilengkapi dengan pemandu wisata yang akan menjelaskan objek wisata dengan detail. Asyiknya lagi kita bisa mendapatkannya hanya dari rumah.

Salah satu tur yang menarik perhatian misalnya yang diselenggarakan oleh Museum Nasional Indonesia atau lebih dikenal sebagai Museum Gajah. Virtual tour Museum Gajah itu memberikan pemandangan secara 360 derajat dengan kualitas baik. Kemudian ada lagu pengiring selama berwisata yang membuat suasana semakin menarik. Tidak hanya itu, disajikan juga informasi – informasi unik yang ada dalam museum.

Tur daring  yang diadakan Museum Nasional Indonesia tersebut memiliki informasi yang lengkap mulai dari profil museum, ada daftar panorama yang langsung bisa kita jelajahi. Ditampilkan pula peta museum, hingga koleksi museum yang diberikan informasi lengkap untuk para wisatawan. Semua itu gratis dan bisa kita akses di laman https://museumnasional.iheritage.id/.Tur  akan lebih maksimal jika kita memiliki virtual reality atau VR. Namun jika kita tidak memiliki VR-pun tidak mengurangi rasa keunikan berwisata secara daring.

Museum Nasional Indonesia Virtual Tour
Informasi Tentang Koleksi Museum Nasional Indonesia Dengan Virtual Tour

Selain Museum Nasional Indonesia banyak juga destinasi – destinasi wisata lainnya yang sudah menyelenggarakan konsep vitual tour ini loh. Seperti jalan – jalan virtual yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam laman https://www.indonesia.travel/id/en/image-360 yang menyajikan banyak destinasi wisata yang bisa kita akses. Video di laman tersebut menyajikan gambar dan video 360 derajat dengan kualitas baik yang bisa kita akses secara gratis.

Tur jenis ini bisa menjadi solusi kegiatan baru selama pandemi Covid-19. Selain dapat mengobati rasa rindu berwisata, kita juga bisa menambah wawasan serta mendapatkan pengalaman unik yang tak terlupakan. Penasaran dengan tur virtual ? Yuk kita coba. selamat berwisata.

Ainayya – mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti  Jurusan Perhotelan- Jakarta