Investasi Terbaik Adalah Diri Sendiri

0
222

Banyak orang ingin sukses di usia muda, tetapi banyak juga orang yang bermalas-malasan di usia mudanya. Usia muda seharusnya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin supaya bisa dinikmati ketika datang usia tua. Banyak orang beranggapan “bersenang-senang di usia muda dan akan indah pada waktunya”, tetapi hal itu tak ada guna menurut saya.

Mengapa ? Karena kesuksesan akan didapat dengan kerja keras dan usaha. Investasi sangatlah penting di usia muda, dan investasi tidak harus berupa uang tetapi investasi yang di maksud adalah investasi ke diri sendiri, seperti mengembangkan potensi soft skill  (keterampilan inti)yang kita miliki sehingga nanti akan bisa menjadi sumber penghasilan untuk diri kita sendiri untuk masa yang akan datang.

Dengan adanya keterampilan inti yang kita miliki akan membawa keuntungan apalagi jika keterampilan yang kita bisa sangat langka dan banyak orang di luar sana yang membutuhkan jasa kita.  Contohnya di bidang mengedit video. Pada perkembangan zaman yang semakin maju di era digital saat ini, banyak platform-platform yang menggunakan jasa editor video untuk media promosi, apakah itu sebagai hiburan maupun untuk menyimpan sebuah momentum dalam bentuk video saja.

Untuk anak muda pada masa sekarang keterampilan inti berpengaruh besar terutama untuk masa depan kita sehingga  kita perlu terus menerus melatih diri sendiri. Ke depan kita bisa memanfaatkan keterampilan yang kita kuasai sebagai ladang penghasilan. Contoh soft skill yang paling dicari saat ini adalah marketing ttrategy melalui sosial media seperti yang sedang tren, yaitu Tiktok, Instagram, Facebook dan Google Ads.

Tidak semua orang memiliki kemampuan di dunia digital marketing karena tanpa kebiasaan yang  sering di lakukan akan terasa sulit untuk orang baru memulai bisnis di sosial media. Penyebabnya mereka kurang pengetahuan dan tak memiliki cara berjualan secara menarik agar mendapatkan orang yang mau membeli produk yang kita tawarkan.

Beberapa tips untuk mengembangkan soft skill yang kita miliki, yaitu dengan terus berlatih, mencoba hal baru secara konsisten. Tidak usah takut  gagal karena kegagalan akan membawa kita ke kesuksesan. Yang paling penting selalu berusaha yang terbaik supaya kita dapat menuai hasilnya di kemudian hari.

Setelah kita menguasai soft skill yang kita miliki, otomastis banyak orang di luar sana akan tertarik dengan kita dan akan menggunakan jasa kita. Setelah kita mempunyai value berkat keterampilan inti yang kita miliki, masalah bayaran akan di tentukan dengan sebarapa profesionalnya kita dalam bekerja.

Semakin bagus dan profesional kita bekerja maka semakin bernilai keterampilan yang kita miliki. Sama halnya seperti makan di restoran mewah dan makan di pedagang kaki lima, pelayanan yang di berikan akan berbeda. Dari sana kita bisa mengukur harga untuk jasa yang kita miliki, apakah sudah profesional atau belum.

Lingkungan berperan

Cara mengembangkan soft skill yang ada di diri kita tidak lepas dari peranan lingkungan sekitar, seperti hal nya saat ini saya sedang fokus di dunia videografi dan editor video. Pengaruh lingkungan sekitar sangat berpengaruh seperti teman maupun keluarga.

Kalian pasti pernah merasa menjadi orang yang tidak berguna yang setiap hari hanya rebahan. Sementara kita masih rebahan di kasur yang nyaman dan tidak melakukan tindakan apapun tetapi ingin menjadi sukses.

Peran teman dan keluarga sangatlah penting, contoh seperti teman saya yang selalu memberikan motivasi untuk mengembangkan keterampilan lunak yang saya miliki seperti menjadi editor video. Awalnya saya hanya orang yang suka rebahan, nonton Tik Tok, dan hanya bisa melihat isi berbagai media sosial. Semua berubah sejak motivasi dari orang yang ada di sekitar sehingga saya bisa seperti ini dan produktif di usia yang masih muda.

Motivasi buat teman-teman yang mempunyai keterampilan yang tidak di maksimalkan, seharusnya dimanfaatkan sebaik mungkin. Kembangkan dan terus berusaha, jangan pernah sia-siakan masa muda kalian dengan rebahan dan hanya bisa sebagai penonton orang-orang yang sudah sukses di luar sana. Mulailah sedari sekarang tidak ada kata terlambat, manfaatkan masa muda dengan sebaik baiknya . Berkarya dengan skill yang kalian miliki, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Rionaldo, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta Jurusan Perhotelan